Pantai Tawang Pacitan

Sunday, April 23, 2017

Pantai Tawang adalah satu pantai di wilayah Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini bisa ditempuh dari kota Pacitan dengan cukup mudah dengan akses jalan yang sudah cukup memadai dengan waktu tempuh sekitar hampir 1 jam.  Aku dan sepupuku juga pekan lalu juga berunjung sebentar ke pantai tawang ini. Setelah check out dari hotel, lalu mengunjungi Pantai Pidakan dan Pantai Soge Pacitan, kami kemudian berkendara ke arah timur menelusuri jalan lintas Selatan Jawa dari Pacitan ke Trenggalek. Pantai ini terletak setelah pantai Soge dari arah Pacitan dan sudah sangat dekat dengan perbatasan Pacitan – Trenggalek. 


Palang selamat datang ke pantai Tawang akan mulai terlihat beberapa kilometer setelah pantai Soge. Kami sampai di area tersebut sekitar jam 12 siang. Dan ternyata pantai ini adalah tempat pelelangan ikan dilihat tulisan pada palang pintu masuk tersebut. Kami pun kemudian belok dan masuk ke area tersebut lalu dengan akses jalan aspal yang mulai rusak. Ada loket retribusi masuk, tapi gak ada penjaganya jadi kami masuk terus sampai ke bibir pantai dengan pasir berwarna cukup putih meski sedikit ada bau amis di sekitar pantai ini. Gak ada tukang  parkir maupun wisatawan lain disini waktu itu. Hanya terlihat warung-warung yang tutup dan beberapa warung ikan yang masih buka dan orang-orang yang lagi duduk di dekat stasiun pengisian bahan bakar perahu-perahu di pantai ini.  


Kemudian kami bertanya kepada seseorang yang ternyata salah satu nelayan disitu. Katanya pantai ini baru terlihat agak ramai ketika event-event khusus dan juga pada pagi hari dan malam hari akan terlihat nelayan yang berangkat mencari ikan atau yang baru pulang. Kalau mau berenang di pantai ini bisa berjalan menyusuri bagian kiri pantai ini dimana tak ada perahu disana. Karena pantai ini dipenuhi oleh perahu yang jumlahnya ratusan. Ombak di pantai ini juga tak terlalu kuat seperti pantai lain di Pacitan. 


Meskipun perahu di pantai ini jumlahnya ratusan, namun banyak diantaranya yang berbaris dengan rapi dalam seutas tali yang kuat dan panjang yang sepertinya memang sengaja dibuat seperti ini agar terlihat lebih rapid an fotogenic. Tidak semua perahu di pantai ini dioperasikan nelayan,memang ada yang fungsinya ada untuk pajangan semata. Karena perahu-perahu ini kebanyakan adalah perahu bantuan dari pemerintah. Keindahan pantai ini akan semakin terlihat ketika kita menelusuri jalan mendaki si sebelah kanan pantai ini yang bisa diakses dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Meskipun bisa diakses kendaraan, harus sangat hati-hati karena kondisi jalannya kurang baik dan menanjak dipinggiran tebing. Namun begitu sampai di atas pemandangannya sungguh menarik. Deretan perahu di pantai Tawang terlihat sangat menarik dan perbukitan di sekitar pantai ini pun menambah keindahannya. 


Baru kali ini aku datang ke pantai melihat perahu nelayan yang dibuat berbaris dengan cara seperti di pantai ini. Aku pun kemudian banyak berfoto dari lokasi ini dengan latar pemandangan barisan perahu dan perbukitan di pantai ini. Jujur saja, awalnya kami gak ada rencana ke pantai ini. Tadinya cuma mau melihat satu persatu pantai sepanjang jalan lintas selatan di Pacitan ini yang ternyata cukup banyak. Tapi malah berkunjung ke tempat yang unik ini. Sekitar jam 1 siang kami meninggalkan area pantai tawang ini karena cuaca semakin panas dan perut mulai lapar kami kemudian kembali ke kota Pacitan. Kemudian melanjutkan perjalanan ke kota Jogjakarta melalui jalan lintas Selatan Wonogiri karena aku ada acara pertemuan di Jogja esok harinya. Itu aja si, semoga bermanfaat.     
  

You Might Also Like

0 comments