Cara Mengatasi Paper Jam Pada Printer

Sunday, January 09, 2022

Paper jam atau kertas yang nyangkut di printer, kemungkinan besar akan dialami mereka yang sering menggunakan printer, termasuk pada pengguna printer laser maupun inkjet yang didominasi kalangan pekerja kantoran maupun para pebisnis mandiri. Nah, kalau hal tersebut terjadi, tetap tenang dan jangan panik. Berikut tips mengatasi paper jam pada printer secara umum.



1. Matikan Power Printer

Matikan printer dengan menekan tombol power setelah paper jam terjadi, karena pada saat itu suhu pada printer dan kertas masih sangat panas, terutama pada printer laser. Kemudian kosongkan paper tray atau baki tempat meletakkan kertas. Tunggu sejenak agar suhu pada printer turun terlebih dahulu. Jika kertas yang tersangkat sangat sedikit atau hanya sedikit terlipat, bisa juga dengan melakukan restart pada printer, nantinya kertas akan keluar dengan sendirinya mengikuti mekanisme printer. 


2. Cek Setiap Akses Kertas Pada Printer

Buka cover printer bagian depan maupun belakang (jika ada) untuk mengecek posisi dimana kertas tersebut tersangkut atau apakah ada potongan kertas yang tertinggal pada printer. Biasanya area terjadinya paper jam pada printer laser berada pada area tray paper utama atau tray 1, by pass tray, area cartridge toner, area pemanas printer, area roller printer, dan area dimana kertas keluar dari printer pada proses mencetak. Pastikan komputer sudah dimatikan sebelum melakukan pengecekan ini. 




3. Ikuti Instruksi Pada Panel Printer

Beberapa seri printer laser memiliki fitur yang akan memunculkan informasi paper jam dan cara mengatasinya ketika paper jam terjadi pada printer tersebut. Ikuti saja instruksi pada layer panel printer tersebut untuk mengatasi paper jam. Jika masih bingung, silahkan baca kembali manual book printernya. 



4. Keluarkan kertas yang Tersangkut

Keluarkan atau tarik kertas yang tersangkut secara perlahan searah dengan proses cetak printer yang digunakan. Pastikan tidak ada lagi potongan kertas yang tertinggal di dalam printer agar paper jam tidak terulang lagi. Hindari penggunaan kertas yang kurang baik kondisinya agar tidak terjadi paper jam pada printer. 



5. Hubungi Bagian Teknis Printer

Jika kamu takut atau kurang percaya diri dalam menangani sendiri printer yang mengalami paper jam, hubungi bagian teknis printer atau orang yang paham cara menanganinya. Jika printer laser yang kamu gunakan terus mengalami paper jam berulang-ulang atau terlalu sering, padahal kondisi kertas dan cara kamu memasukan kertas sudah benar, maka segara hubungi toko printer atau servis printer terdekat untuk penanganan lebih lanjut karena kemungkinan besar ada kerusakan part yang terjadi pada printer laser tersebut. 


Semoga bermanfaat. 




You Might Also Like

0 comments