5 Tips Kredit Mobil agar Keuangan Tetap Aman

Thursday, March 17, 2022


Sistem kredit untuk membeli peralatan elektronik dan kendaraan seperti mobil banyak dipilih masyarakat modern ini. Pasalnya walaupun belum memiliki uang tunai, namun tetap bisa mendapatkan barang yang diinginkan. 

Anda perlu mencari tahu simulasi kredit kendaraan roda empat sebelum membeli. Simulasi ini bisa diketahui langsung dari dealer atau perusahaan leasing. Suzuki sebagai produsen mobil di Indonesia menawarkan simulasi jelas dari sales dan website resminya. 

Anda yang ingin kredit bisa mengecek terlebih dahulu untuk memutuskan cicilan mana yang tepat. Supaya aktivitas kredit Anda tetap membuat keuangan aman, Anda bisa ikuti tips kredit ini. 




5 Tips Aman Kredit Mobil yang Tidak Memberatkan 

Banyak yang masih ragu untuk melakukan kredit karena takut bunga yang tinggi. Memang benar jika Anda menghitung total biaya kredit dan membayar tunai akan berbeda jauh. 

Bunga yang diterapkan sangat tinggi, tapi perlu diingat bahwa selama masa cicilan Anda masih mendapat keuntungan penggunaan kendaraan. Kegiatan harian mulai dari berangkat kerja atau lainnya bisa dilakukan dengan mudah. 

Itulah keuntungan yang diperoleh jika Anda membeli mobil dengan sistem kredit. Nah jika tidak ingin merasa dirugikan selama kredit, ada beberapa tips yang aman. Apa saja itu bisa Anda cek berikut ini. 

  1. Pilih Spesifikasi Mobil Sesuai Kebutuhan 

Tidak sembarang mobil bisa Anda beli, pastikan bahwa spesifikasi yang dimiliki disesuaikan dengan kebutuhan yang jadi tujuan Anda membeli. Jika salah membeli mobil, misalnya kapasitas penumpang terlalu sedikit untuk anggota keluarga maka Anda juga yang rugi. 

Apakah Anda sering bepergian keluar kota juga jadi bahan pertimbangan. Karena tidak semua jenis mobil nyaman digunakan untuk pergi dalam waktu lama. Perhatikan juga jumlah bahan bakar yang digunakan, semakin irit lebih baik. 

  1. Pilih Kredit dengan Uang Muka Tertinggi 

Cicilan mobil akan semakin ringan jika Anda memberikan uang muka dalam jumlah besar. Jika saat ini Anda belum mencukupi jumlah uang muka besar, sebaiknya bersabar karena jika tidak bisa mempengaruhi kondisi keuangan di masa depan. 

Anda bisa bertanya kepada sales mobil soal simulasi dan berapa uang muka tertinggi yang bisa diberikan. Semakin tinggi uang muka, maka tenor yang dipilih juga bisa lebih pendek sehingga pembayaran cepat lunas. 

  1. Memanfaatkan Tenor Lama 

Tidak memiliki cukup uang muka jumlah besar? Anda bisa memilih untuk kredit dengan tenor lebih lama. Normalnya perusahaan leasing menyediakan tenor bervariasi mulai dari 12 bulan hingga 72 bulan atau 6 tahun lamanya. 

Anda yang hanya bisa memberikan sedikit uang muka bisa memilih kredit tenor paling lama. Biaya cicilan perbulannya akan jauh lebih ringan walau dengan begitu artinya bunga yang diperoleh lebih tinggi. 

Tidak perlu merasakan beban dengan bunga tinggi, karena Anda mendapat keuntungan bisa menggunakan barang terlebih dahulu. Selain itu keuangan bulanan untuk memenuhi kebutuhan pokok juga bisa terpenuhi. 

  1. Memperhatikan Kondisi Keuangan sampai 5 Tahun kedepan 

Sebelum kredit, Anda juga harus memperhatikan rencana keuangan setidaknya 5 tahun kedepan. Apakah Anda berencana untuk memiliki anak, membeli rumah atau masih memiliki cicilan rumah? Sesuaikan semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi dan berapa sisa uang yang dimiliki. 

Meskipun saat ini sudah siap dengan uang muka tinggi, bukan berarti uang bulanan mencukupi membayar cicilan mobil. Jika Anda masih memiliki cicilan lain sebaiknya tunda kredit sebelum lunas. Karena adanya cicilan ini juga jadi pertimbangan perusahaan leasing untuk Anda bisa mendapat pinjaman. 

  1. Mencari Asuransi secara Terpisah

Beberapa dealer biasanya akan menawarkan asuransi kendaraan dan akan langsung disertakan pada saat pembelian. Demi mengurangi beban kredit, Anda bisa menolak asuransi yang didapatkan jika dirasa biaya premi bulanan tinggi. 

Anda bisa mencari asuransi mobil lainnya yang lebih murah sehingga cicilan bulanan akan jauh lebih ringan. Tanyakan kepada dealer berapa asuransi yang ditawarkan dan apakah bisa untuk mengambil asuransi dari perusahaan lainnya. 

Kredit mobil membutuhkan banyak persiapan, khususnya soal simulasi yang tepat. Jika perencanaan keuangan Anda kurang matang dikhawatirkan bisa menimbulkan kesulitan dalam pembayaran cicilan. Namun jika memang uang cash nya siap, lebih baik menunggu uang cash terkumpul dan membeli mobil yang diinginkan agar Anda tidak perlu pusing dengan cicilan setiap bulannya.



You Might Also Like

0 comments