Menikmati Senja Di Pantai Cemara Sewu

Wednesday, January 04, 2017

Pantai cemara sewu merupakan salah satu tempat wisata pantai yang ada di provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Lokasi Pantai Cemara Sewu Jogja ini tak sulit untuk ditemukan karena masih satu komplek dengan wisata Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, dan Gumuk Pasir Parangkusumo. Tepatnya letak Pantai Cemara Sewu ini berada di sebelah barat Pantai Parangkusumo. Akses jalannya nya pun cukup mudah, bisa masuk setelah pos TPR parangtritis, atau sebelum pos TPR belok kanan ke arah Pantai Depok. Kalo masih takut kesasar bisa tanya ke penduduk sekitar atau pakai GPS dan google map pasti ketemu. 


Dinamakan Pantai Cemara Sewu ini karena di Pantai ini terdapat banyak pohon cemara sejenis cemara udang yang katanya digunakan untuk menahan abrasi air laut. Aku sendiri agak pangling dengan tempat ini, karena sengatku dulu waktu masih kuliah di Jogja, kayaknya gak banyak pepohonan cemara berukuran cukup besar dan banyak di area ini. Sekarang malah jadi agak sejuk di pantai ini. Bus berukuran besar tidak bisa masuk ke area pantai ini, karena bakal nyangkut dan ngerusak pohon cemaranya. Tapi kalo bus ukuran medium sepertinya masih bisa.  


Aku sendiri tadinya gak ada niat untuk pergi ke pantai ini. Lalu sore weekend kemaren waktu lagi di Jogja, sepupuku mengajak ke pantai ini. Karena liat cuaca yang cukup cerah ke Selatan Jogja, aku pun mau ikut biar tau juga tempatnya sambil menikmati pemandangan senja di pantai yang masih satu garis pantai dengan Pantai Parangtritis yang view sunsetnya udah gak asing lagi. Kami berangkat dari kota Jogja sekitar jam 3 an sore dan sampai di pantai cemara sewu sekitar jam 4 an sore, jadi hanya sekitar satu jam perjalanan. 


Sampai di pintu masuk pantai, disambut jalan tanah yang agak licin dan basah karena memang siang hari nya hujan cukup deras. Namun jadi terasa lebih sejuk berada di pantai ini. Setelah bayar retribusi masuk dan kemudian masuk ke area dekat bibir pantai untuk parkir. Fasilitas yang ada di pantai cemara Sewu antara lain gazebo, beberapa area selfie, kursi gantung, ayunan, toilet dan juga mushola kecil dan beberapa warung warung jajanan. Penjaga parkirnya katanya hanya berada di pantai ini sampai jam 7 malem, kecuali jika ada acara tertentu di pantai ini. 


Begitu mulai liat-liat pantai ini ya isinya orang-orang pada selfie buat di upload di akun social media mereka, karena memang ada titik-titik spot yang cukup menarik di tempat ini. Kami pun juga gak mau kalah untuk ikut selfie sambil menunggu matahari terbenam. Di pantai cemara sewu, pengunjung di larang berenang di pantai. Sudah ada peringatan tertulis di pantai ini. Begitu warna langit mulai semakin indah kami pun langsung menuju area ombak pantai untuk mengabadikan moment matahari terbenam dengan kamera yang kami bawa sambil melihat pengunjung lain yang bersantai menikmati sunset di pantai ini. 


Kontur pantai dan pemandangannya mirip pantai parangtritis, hanya saja lebih sejuk karena ada banyak pohon cemara dan pengunjungnya belum sebanyak pantai parangtritis. Kami sendiri berada di pantai ini sampai jam 18.20 kemudian langsung pulang ke arah kota Jogja. Pantai ini bisa jadi tempat wisata yang cukup menarik yang tidak terlalu jauh dari kota Jogjakarta terutama untuk menikmati pemandangan langit senja ketika cuaca cukup mendukung. Semoga bermanfaat.  


You Might Also Like

0 comments