Mouse Wireless Logitech M235

Wednesday, July 02, 2014


Mouse wireless ini merupakan mouse wireless kedua yang aku miliki dan masih sering kugunakan sampai sekarang. Aku menggunakan mouse wireless ini pada PC di kamarku dan kugunakan bersama dengan keyboard wireless standard dari Logitech. Mouse Wireless Logitech M235 yang aku miliki berwarna merah. Mouse ini aku beli sekitar September 2013 di salah satu toko computer ternama di Solo. Harganya waktu itu 144 ribu rupiah. Dalam paket penjualannya terdapat Mouse, nano receiver, 1 baterai AA, dan user guide.

Mouse ini ukuran dan desainnya terasa lebih pas di tangan dan terasa lebih nyaman dari seri Logitech M185 yang aku gunakan di laptopku. Pada bagian kanan dan kiri mouse terdapat lapisan seperti karet sehingga tidak terasa licin saat digunakan. Bagian permukaan bagian atas pun seperti dilapisi bahan yang membuatnya tampak terlihat doff dan tidak licin. Build materialnya memang sedikit lebih baik dari Logitech M185, bahkan sempat beberapa kali sempat terjatuh, tetapi tidak ada bagian yang patah atau rusak, hanya tutup batere yang mungkin lepas. Garansinya 1 tahun resmi dari Logitech (katanya sih).


Pemakaiannya cukup mudah, tinggal colokin nano receivernya ke port USB di pc atau laptop kemudian geser tombol on/off di bawah mouse ke mode on, otomatis mouse sudah bisa digunakan tanpa harus menggunakan driver. Nano receiver bawaannya (Logitech Unifiying Receiver) sudah support untuk digunakan sebagai receiver hingga 6 perangkat wireless sekaligus di konektifitas wireless 2,4 Ghz. Aku sudah mencobanya di PC yang aku gunakan, dengan menghubungkannya dengan keyboard wireless Logitech. Namun harus diinstall dulu software gratis Logitech Unifiying kemudian dideteksi satu persatu perangkat wireless yang ingin dihubungkan melalui nano receirver tersebut. Jadi lebih simple dan tidak perlu banyak nano receiver yang menancap di port USB laptop atau PC kita.

Gerakannya pun terasa sangat responsive baik itu dipermukaan yang rata ataupun tidak terlalu rata. Untuk klik kanan maupun klik kirinya cenderung terasa mantap dan sensitive, jadi jari tidak mudah lelah ketika harus banyak klik untuk browsing atau drag ketika menggunakan aplikasi desain atau editing. Mousenya terasa cukup ringan sehingga cocok untuk mobilitas yang lumayan tinggi dan tidak terlalu memakan banyak tempat jika diletakkan dalam tas. Di dalam mouse, di sebelah batere, terdapat tempat untuk meletakkan nano receivernya sehingga bisa mencegah biar gak gampang ilang. Pada bagian atas di tengah mouse jika kita perhatikan ada lampu indikatir kecil berwarna hijau yang ketika menyala berfungsi menjadi penanda ketika mouse dalam sleep mode, sehingga bisa mengingatkan kita untuk mematikan jika tidak digunakan dan cukup membantu buat cari mouse ini dalam gelap. Karena aku biasanya pakai PC dari atas tempat tidur dan jarak dengan monitor dan PC sekitar 2-3 meter.  


Selain itu lampu indicator juga berfungsi untuk menunjukkan kondisi batere yang digunakan. Ketika kondisi batere mulai menurun, warna lampu akan berubah menjadi orange, namun biasanya mouse masih bisa digunakan. Hanya saja secara bertahap akan menjadi kurang responsive dan akhirnya tidak bisa digunakan karena tenaga batere sudah habis. Batere bawaaan mouse Logitech M235 yang aku beli hanya bertahan sekitar 6 bulan. Meskipun pada kemasan Logitech mengklaim bisa bertahan sampai 12 bulan. Ya mungkin tergantung intensitas penggunaannya juga, karena aku memang bisa lama menggunakan PC apalagi sering lupa matiin mouse meski udah selesai digunakan.  

Mouse ini harus menggunakan batre alkaline yang berkualitas maupun yang setara agar performanya tetap terjaga. Sampai sekarang mouse ini masih ku gunakan untuk dipasangkan dengan PC ku. Karena untuk pakai browsing, aplikasi desain dan pengolahan gambar, menggunakan mouse tetap lebih responsif dibandingkan hanya menggunakan touch pad pada laptop. Seri mouse ini masih bisa ditemukan di toko-toko computer dan aksesorisnya dengan harga yang mungkin bisa berbeda-beda tergantung wilayah dan seberapa banyak si toko nyari untung. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 comments