Keyboard Wireless Logitech K270 Review

Saturday, July 05, 2014

Keyboard ini merupakan keyboard wireless pertama yang kumiliki. Aku membelinya September tahun lalu untuk melangkapi PC yang aku gunakan di rumah. Karena memang butuh keyboard yang bisa dipakai dari jarak 2-3 meter dari PC. Dari dulu semenjak pertama kali punya PC memang pengen punya keyboard wireless tapi baru kesampean sekarang. Keyboard Wireless Logitech K270 merupakan salah satu keyboard wireless paling murah dari Logitech. Sebenernya ada satu lagi seri Logitech dibawahnya dengan harga lebih murah dengan bentuk lebih simple, namun pilihan ku akhirnya jatuh ke seri ini karena desainnya yang terlihat lumayan bagus. Waktu itu aku beli dengan harga sekitar 190 ribuan di salah satu toko computer di Solo. Kalau sekarang mungkin dijual di harga 200 ribuan rupiah.




Dalam paket penjualannya terdapat keyboard, USB nano receiver, 2 baterai AAA, dan user guide sederhana. Garansinya katanya 1 tahun. Dan batere bawaannya diklaim mampu bertahan hingga 24 bulan. Keyboard K270 yang aku gunakan pun baterenya masih bertahan sampai sekarang. Pada keyboard ini juga terdapat USB nano receiver yang penggunaannya sangat mudah, tinggal colok, gak perlu install cd driver, dan Anda bisa langsung menggunakan keyboard ini dengan mudah. Pada bagian bawah terdapat slot untuk meletakkan USB nano receivernya jika memang diperlukan. Nano receiver bawaan K270 ini tidak ku gunakan dan disimpan dalam slot tersebut karena sudah ada USB bawaan dari mouse Logitech M235 yang kugunakan bersamaan dengan keyboard ini yang kualitasnya ternyata lebih bagus dan lebih responsive dibandingkan nano receiver bawaan Logitech K270.  

Keyboard wireless ini terasa sangat ringan dibandingkan keyboard konvensional berkabel biasa. Tuts atau tombolnya terasa cukup empuk ketika ditekan, tidak terlalu berisik, dan cukup nyaman di tangan meskipun untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama. Meskipun belum senyaman keyboard Logitech berkabel yang pernah aku gunakan di kantor, tapi lumayan lah dari pada keyboard di laptop. hehehe. Hotkeys yang ada, dapat membantu Anda sebagai shortcut untuk mengatur volume speaker, play atu pause media player, membuka email dan kalkulator, dan tombol shortcut power yang harus diwaspadai karena kalo kepencet, PC anda akan langsung shutdown atau sleep. Pada bagian kanan atas terdapat tombol on off untuk mengaktifkan dan menonaktifkan keyboard jika tidak sedang digunakan agar batere bisa bertahan lebih lama.  



Untuk bermain game, tombolnya memang tidak senyaman pada keyboard gaming maupun keyboard Logitech berkabel yang harganya di atas seri ini. Tapi jika tidak sering menggunakannya untuk game, aku rasa tidak terlalu masalah. Salah satu kekurangan keyboard ini menurutku bahwa produk ini tidak memiliki indikator yang biasa terdapat di keyboard lain, lampu power, num lock, dan scroll lock, yang ada hanya lampu indicator caps lock. Tapi sebenarnya tidak terlalu masalah jika memang tidak terlalu mengganggu aktfitas mengetik yang banyak. Lalu material yang digunakan sepertinya terasa seperti plastic yang mudah patah. Kemungkinan dilakukan untuk menekan biaya produksi dan menekan harga jualnya. Sehingga harus lebih berhati-hati agar tidak sering terjatuh ke lantai atau permukaan keras lain.


Kemudian ketika nano receivernya diletakkan di port USB belakang PC ke arah tembok, respon nya tidak sebaik ketika diletakan di port USB yang berada di bagian depan PC. Akan terjadi banyak lag dan hal ini akan terasa ketika menjalankan game-game yang cukup berat dan digunakan bersama perangkat wireless lainnya, misalnya mouse wireless. Jadi sebaiknya diletakkan di port USB di bagian depan di PC jika receiver tersebut digunakan bersama dengan perangkat wireless sejenis yang lain. Apa lagi aku sendiri biasa menggunakannya dari jarak sekitar 2-3 meter dari PC. Seri keyboard ini masih bisa ditemukan di toko-toko computer dan aksesorisnya dengan paket penjualan hanya keyboard K270 saja atau sepaket bersama mouse wireless Logitech standar dengn harga yang mungkin bisa berbeda-beda tergantung wilayah dan seberapa banyak si toko nyari untung. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 comments