26 February 2011

Cara Setting Internet 3 (Three) Melalui Modem Kamu
Dani Setiawan26 February 2011 3 comments

Setelah membahas internet dengan Axis, sekarang kita bahas internet Three (3). Sebelum kamu memilih menggunakan internet 3 (three) , pastikan ada sinyal 3 dengan kualitas yang bagus di sekitarmu. Tarif internet 3 ini termasuk sering berubah, setau aku sekarang tergantung pilihan paket internetnya.

Cara setting internet three tidak terlalu jauh berbeda dengan internet axis.
Cukup tekan *234# dari nomor 3 kamu pilih PAKET INTERNETAN. Lalu pilih paket internet yang kamu inginkan. Tunggu sebentar sampai sms pemberitahuan masuk.
Atau bisa lewat SMS :
MAU spasi 500MB
MAU spasi 1GB
MAU spasi 2GB
MAU spasi 5GB
kirim ke 234, dan tunggu hingga sms pemberitahuan masuk.

Untuk berhenti berlangganan
STOP spasi 500MB
STOP spasi 1GB
STOP spasi 2GB
STOP spasi 5GB
kirim ke 234
Beli tambahan quota , misalnya :
FREE spasi (besar quota) contoh FREE spasi 500MB
kirim ke 234

Jika modem kamu gak ada fasilitas call nya bisa kirim SMS dengan format seperti di atas. Jika masih belum bisa, masukkan sim card mu ke ponsel, dan ikuti langkah-langkah di atas. Lalu pindahkan kembali sim card mu ke modem eksternalmu.

Setting modem pada PC atau laptop kamu untuk koneksi Three
APN : 3data
Username : 3data
Password : 3data
Dial number : *99# atau *99***1#.
Proxy Server Address : 10.4.0.10 (jika memang dibutuhkan)
Proxy Port Number : 3128 (jika memang dibutuhkan)

Sayangnya layanan 3G untuk 3 masih belum luas hanya sedkit wilayah di Indonesia yang merasakan sinyal 3G dari Three ini. Kebanyakan hanya mendapat sinyal GPRS dan EDGE. Paket internet 3 ini meskipun menggunakan kuota, namun setelah kuota habis, tetap dapat digunakan untuk internetan dengan konsekuensi kecepatan berkurang. Tapi ya lumayanlah secara umum pake internet 3 dari pada gak ada, apa lagi untuk penghematan.


Berdasarkan pengalaman, pada saat kuota masih ada kecepatan downloadnya sekitar 15kb – 35 kb karena hanya mendapat sinyal GPRS/EDGE. Belum pernah aku pake internet 3 dan dapet sinyal 3G. Tapi jika kuota habis, maka kecepatan downloadnya tidak lebih dari 10kb. Memakai three ini memang harus lebih bersabar. Hahaha. Isi pulsa jangan terlalu banyak, di pas in aja ma paket internet yang kamu mau beli. Misal yang 2Gb Rp 55.000, jadi beli pulsanya 55 ribu atau 60ribu aja, karena buat jaga-jaga jika kita lagi asik internetan dan jaringan sibuk, kuota abis, trus sms pemberitahuan kuota habis telat masuk, terkadang akses internetnya sedikit korup, ngambil dikit pulsa reguler. Ada biaya Rp 99 kalo ga salah. Sayang kan.

Aku biasanya beli yang paket 2Gb, biasanya abis sekitar sebulan lah. Kalo lagi bokek, ya gak tak isi ulang, kan masih bisa jalan internetnya. Meski harus agak ngelus dada, dan bilang sabar-sabar. Tapi waktu ke daerah pedalaman yang sinyal internet operatornya agak payah dan mahal, paket internet 3 cukup bisa diandalkan dan lebih terjangkau. Karena biasanya traffic nya sedikit, jadi internetannya lebih lancar. Hal ini dah terbukti waktu internetan di Lampung dan pedesaan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Waktu download paling cepat antara pukul 03.00 dini hari – 09.00 pagi. Paling lambat antara pukul 19.00-22.00. Koneksinya jarang putus, terkadang aja lah. Buka halamannya pun tidak terlalu cepat, relatif lambat. Tapi ya lumayanlah 3 dan Axis dari pada paket internet GSM lain jika dipake di komputer, yang relatif lebih mahal, kalo dilihat dari sisi harganya. Kalau memang ingin menggunakan internet yang real unlimited tanpa kuota di Indoenesia dengan modem eksternal yang bisa dibawa kemana-mana sebaiknya memilih menggunkan CDMA yang sudah memiliki kualitas jaringan atau sinyal EVDO. Namun sayangnya jaringan CDMA belum seluas GSM.

Semoga bermanfaat.
About The Author Dani Setiawan Thinker Planner Actioner | An Employee | Part Timer | Blogger | Buzzer | Moslem | Indonesian | Dani Setiawan | Facebook and Twitter

3 comments:

  1. Mas, harga paket internet 3 nggak segitu lagi deh.

    ReplyDelete
  2. Iya, sekarang dah ga segitu lagi. Dah naik harganya, ya emang gitu kalo 3... sering berubah tarifnya... :(

    ReplyDelete
  3. alhamdulilah sangat bermanfaat artikelnya...

    ReplyDelete

SUBSCRIBE