Hot Wheels : “Antara Koleksi, Fun, dan Investasi”

Friday, January 14, 2011

Mainan anak-anak pasti semua orang pernah memilikinya atau sekedar memainkannya. Mungkin dari yang paling sederhana dan murah, himgga yang kompleks dan mahal. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah selama yang menggunakan atau memiliki mainan tersebut merasa senang dan terhibur. Berbagai merek dan jenis yang ada di pasaran membuat kosumen baik itu anak maupun orang tua nya memili banyak pilihan dalam menentukan mainan yang akan dibeli. Salah satu nya mobil-mobilan atau replika dari mobil yang sebenarnya, replika kendaraan lain juga ada, kayak motor, pesawat, kapal laut, bahkan tank. Umumnya disebut die cast. Aku juga ga terlalu ngerti dari mana awal mula penggunaan istilah die cast. Apakah semua mainan anak-anak disebut die cast atau hanya mainan yang jd replika dari benda yang sebenarnya disebut die cast, aku masih kurang paham. Para kolektornya disebut diecaster. Yang cukup populer adalah die cast metal yang terbuat dari logam/metal.

Hot Wheels salah satunya. Siapa kini yang tidak kenal hot wheels. Mainan asal negeri paman Sam yang kini di produksi di Asia menjadi salah satu mainan yang bisa dibilang favorit dan brand nya yang sangat dikenal di Indonesia. Baik itu dari kalangan anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Bahkan tidak sedikit yang menjadi kolektor mainan ini, baik itu yang sekedar hobi, fanatik maupun tidak fanatik dengan brand hot wheels ini. Hot wheels merupakan mainan mobil-mobilan atau replika dari mobil yang pernah ada dan yang akan ada di tahun mendatang atau hanya sekedar concept car. Untuk replika mobil yang pernah ada biasanya desainnya menggunakan lisensi asli dari pabrikan aslinya. Mungkin ini yang membuat harganya semakin tinggi untuk mainan seukuran itu. Bahannya terbuat dari sejenis logam metal tertentu dan plastik. Skalanya ada yang 1:18 hingga 1:64. Yang paling mudah dijumpai adalah skala 1:64. Di Indonesia jumlah peredarannya cukup banyak karena dekat dengan tempat produksinya di Malaysia, Thailand, dan China. Sepertinya produsen cukup memahami keuntungan pemilihan wilayah produksi di negara-negara tersebut. Meskipun demikian, menurut kabar, Hot wheels tidak mudah dijumpai di Malaysia, karena begitu diproduksi, akan langsung di kirim ke Amerika dan berbagai negara di belahan bumi ini.

Di Indonesia hot wheels (HW) dapat dibeli di berbagai toko mainan anak-anak. Bahkan diretail seperti Indomaret yang terdapat diberbgai pelosok daerah. Selain itu dapat ditemukan di beberapa swalayan ternama seperti carrefour, giant, hypermart, chandra, maupun toko-toko yang menjual mainan khusus kolektor yang kini banyak bermunculan. Biasanya dijual dengan harga antara Rp18.000-Rp25.000 untuk yang model reguler. Tergantung tempat atau toko yang jual, tapi kebanyakan dibandrol dngan harga 19.900 atau 21.900. Ternyata di Indonesia kolektor Hotwheels jumlahnya cukup banyak, dari yang koleksi reguler hingga koleksi yang limited edition yang harganya jutaan. Dari yang koleksinya berjumlah belasan hingga yang koleksinya ribuan. Aku sendiri salah satunya, ya meski koleksiku masih sedikit dan hanya seri-seri yang biasa ku temukan digantungan toko. Dah hampir satahun hal ini ku lakuin. Ntah kenapa waktu ngoleksi hot wheels pikiran jadi lebih fresh dan tenang. Yang bikin ga tenang kalo ada HW yang lagi dipengenin tapi pas ga bawa duit,,,hahaha, pasti ga tenang. Untung aja akhir2 ini aku dah mulai fokus untuk ngoleksi item-item tertntu aja, jadi ga sembarangan seri Hotwheels yang aku beli.


Banyak pengalaman baru yang ku alami semenjak koleksi HW. Dari seharian hunting HW, belanja HW secara online, jualan HW secara online, barter koleksi dengan kolektor lain, liat acara swap meet para kolektor, dan lain-lain. Yang jelas aku suka waktu huntingnya, kerena bisa sekalian refreshing dan jalan-jalan. Selama ini banyak macam-macam HW yang kulihat dari koleksi para kolektor HW di Indonesia, ya meski cuma lewat social networking di internet. Seri yang dikoleksi para kolektor ini macem-macem. Ada yang ngoleksi berdasarkan merek mobil, kayak ada yg ngoleksi khusus corvette, jeep, ada juga ferrari, nissan, cadillac, lamborghini, toyota, camaro, VW dan lain-lain. Aku juga pernah liat, ada juga yang ngoleksi berdasarkan warna kayak yang koleksi HW khusus warna item, warna ungu, warna hijau, kuning, dan ada pula warna biru, tergantung selera masing-masing. Ada pula yang ngoleksi berdasarkan jenis mobilnya, misal ngoleksi HW yang bentuk pick up, mobil drag, SUV, low rider, supercar, exotic, police car, american muscle, model hatcback, off road dan lain-lain tanpa terlalu memperdulikan replika mobil dari merek pabrikan mana. Ada pula yang ngoleksi berdasarkan seri atau tema tertntu yang telah dibuat pabrikan HW, misalnya HW performance, faster than ever, tack star, HW first edition atau sekrang disebut new model atau juga premiere, HW Racing, dan lainnya.

Kebanyakan kolektor di Indonesia yang selama ini kulihat kayaknya mobil HW pick up, VW, t hunt, old style (classic), off road style, supercar, & muscle car. HW yang beredar di Indonesia kebanyakan sebenernya untuk anak-anak umur 3+, tapi sejauh ini aku perhatiin, kolektor di Indonesia kebanyakan adalah mereka yang umurnya bisa dibilang cukup dewasa. Termasuk aku…hahaha…Ada pula yang masih anak-anak, macem-macem pokoke, dari yang siswa SMP hingga yang mereka level pekerjaan setingkat manager bahkan direktur, dan kolektor (diecaster) cewek juga ada. Dari berbagai latar belakang yang berbeda. Tapi ga salah kan kalo 3+, berarti yang 3+20 tahun atau 3+48 tahun juga boleh membeli dan mengkoleksinya. Hehehe…


Video Membuka Simpanan Hotwheels Lama. 
Ada hotwheels langkanya gak? 

Tiap tahun Hot Wheels mengeluarkan ratusan seri/model dengan berbagai bentuk. Dan setiap tahun berbeda, ini yang menarik. Kalaupun ada seri yang sama, pasti ada perbedaan warna maupun tampo nya, maupun perbedaan velg. Misal HW yang diproduksi tahun 2008, tidak akan diproduksi lagi di tahun 2009, begitu seterusnya. Yang menjadi menarik adalah seri-seri hotwheels ini ada yang langka sehingga menjadi buruan para kolektor. Hotwheels yang langka ada yang disebabkan karena perbedaan penyebaran distribusi ke wilayah-wilayah khususnya Indonesia serta pendistribusiannya dilakukan secara bertahap. Sehingga menyebabkan seri tertentu langka di daerah A sedangkan di daerah B banyak bergelantungan di toko dan ada pula seri-seri tertentu yang baru keluar di penghujung tahun, dan ada pula yang diawal tahun keluar, begitu akhir tahun dah sulit dijumpai. Hal ini paling sering terjadi untuk HW yang reguler atau yang biasa kita jumpai di berbagai tempat.

Ada juga hotwheels yang modelnya favorit dan menarik sehingga semakin sulit ditemukan di toko mainan karena banyaknya permintaan. Ada pula yang memang jumlahnya hanya sedikit di setiap box HW yang didistribusikan bahkan disetiap box belum tentu ada seri tersebut. Bagi kolektor yang sering hunting hot wheels diberbagai tempat pasti tahu mana yang mudah dijumpai dan mana yang jarang ditemui. Ada pula yang langka karena memang jumlahnya hanya diproduksi terbatas, seperti Hotwheels seri convention, HW treasure hunts ban karet, HW vintage, HW wayne garage, HW seri factory sealed, apalagi ya…mmm pokoke yang special edition gitu lah…hehehe… (moga ga salah nulisnya). Ada pula yang hot wheels yang langka karena umurnya, misalnya HW 2008, ditahun 2011 pasti akan semakin sulit ditemukan. Karena gak diproduksi lagi di thn 2011. Untuk HW reguler mengetahui langka tidaknya suatu item bisa dilihat jika kita sering hunting HW di berbagai tempat kita kan melihat item-item yang memang jumlahnya banyak digantungan, jika hanya satu dan jarang ditemui ada kemungkinan HW tersebut cukup langka. Atau untuk mudahnya kita bisa bertanya secara langsung atau mungkin melalui komunitas di daerah, komunitas online di FB, kaskus, blog, dll kepada kolektor yang sering hunting. Yang jelas makin tua umur hot wheels nya pasti akan semakin bernilai, apalagi jika seri-seri favorit, harganya bisa terus melambung. Istilahnya, makin tua makin jadi…. Hehehe

Video Membuka Simpanan Hotwheels Lama. 
Ada hotwheels langkanya gak? (Part 2)

Hot wheels treasure hunts misalnya jumlah yang diproduksi memang tidak banyak apalagi yang ban karet. Hot wheels yang langka biasanya menjadi kebanggan sendiri bagi para kolektor Hot wheels. Apalagi jika barang langka tersebut dijual, bisa bernilai rupiah tinggi. Mengkoleksi die cast semacam hot wheels memang banyak keuntungan yang kita dapatkan. Kita bisa melatih kesabaran kita (ini yang berat). Sebagai kebanggan tersendiri , apalagi dikalangan kolektor. Kita juga bisa mendapatkan teman-teman baru terutama sesama kolektor HW. Mengkoleksi HW juga bisa jadikan investasi di masa depan. Pinter-pinter aja nyimpen & ngerawatnya. Makin tua serinya dan makin langka hot wheelsnya nilai akan semakin tinggi. Apa lagi di tangan para kolektor hot wheels. Buatku sendiri HW mengingatkan ku tentang keluargaku dan kemaren2 ini sedikit mengurangi beban pikiranku, kayaknya ada semacam suntikan penggembira yang bisa bikin awat muda…jiahahaha. Dan hot wheels ini bisa diwariskan ke anak-anak kita kelak, karena kualitas bahan yang bagus sehingga cukup awet untuk disimpan dalam waktu yang lama.

Hanya sayangnya sekarang banyak orang yang tahu tentang koleksi HW, sehingga terkadang ada permainan nakal, sehingga sedikit mengganggu kesenangan mengkoleksi dan hunting HW, terutama dari para SPG atau SPB di mall atau swalayan yang menjual Hot wheels. Biasanya yang barang bagus dan langka akan mereka simpan atau mereka beli sendiri dan dijual lagi dengan harga yang jauh lebih mahal. Kalo selisihnya dikit si ga masalah lah, tapi kalo sampe berlipat lipat pat lipat ya kebangeten lah. Tapi Ya aku maklum si, namanya juga cari duit. Paling sering kejadian untuk seri T hunt$, padahal harga aslinya sama ma reguler tapi karena sifat langkanya itu harganya bisa melambung tinggi, misal untuk thunt reguler bisa antara 40-60rb per pieces, sedangkan T hunt$ yang ban karet aku pernah liat ada yang jual sampe 120rb. Untung saya ga koleksi yang ginian, klo ga kan bisa cepet tipis ni dompet….hehehe. Kalau aku mah fun aja, dapet TH digantungan ya syukur, ga dapet juga ga papa.

Asyiknya lagi ada katalog yang bisa kita jadikan panduan dalam mengkoleksi Hot wheels dari tahun ke tahun. Ada website resminya dan semacam wikipedianya dari seri yang dibuat tahun 70an hingga yang 2011, sehingga memudahkan para kolektor untuk memperoleh informasi dan lebih bersemangat tuk hunting. Hal ini menunjukkan bahwa produksi dan pemasaran hotwheels dilakukan dengan sangat serius. Jika kita ada kesulitan untuk mencari item tertentu yang diinginkan kita bisa membeli secara online, kenalan di toko2 yang jual diecast, atau datang langsung ke lokasi pertemuan para kolektor diecast di berbagai daerah. Untuk online, biasanya diecaster indonesia biasa mencari di FB, ebay, dan kaskus. Tapi buat yang punya dana tak terbatas, aku gak bisa bayangin dia bakal hunting dimana untuk dapetin HW yang diincer... hehehe

Nilai investasinya yang bisa dibilang lumayan ini membuat banyak orang makin semangat untuk koleksi Hot wheels dan mungkin berbagai jenis die cast yang lain. Kalau para kolektor ini lagi butuh uang tau sudah bosan dengan koleksinya mereka akan menjualnya kepada orang lain tau kolektor lain. Harganya bermacam-macam, tergantung kelangkaannya dan jenisnya tentu saja. Tapi kalo udah suka ma jenis tertentu biasanya para kolektor ini tak ragu untuk merogoh koceknya dalam-dalam. Mereka pasti tentu saja memiliki hot wheels favorit masing-masing atau buruan masing-masing. Terkadang meskipun bukan hot wheels yang special edition ataupun T hunt, harganya bisa cukup tinggi karena langka, seri lama, dan favorit. Ya kembali lagi ke yang jualnya si. Ada pula yang melelang koleksi hot wheelsnya agar memperoleh harga tertentu yang ingin dicapai. Biasanya dilakukan langsung dalam acara pertemuan para kolektor, atau dilakukan di situs jejaring sosial dalam suatu hubungan pertemanan karena mengkoleksi HW, misalnya di facebook. Kalo twiitter udah lum ya? Aku juga lum tau. Yang jelas Hot wheels selain untuk kesenangan, kebanggaan, dan investasi tentu, dan tentu saja bisa diwariskan ke anak-anak atau orang-orang sekitar kita. Hayoo sapa yang mau menghibahkan HW nya ke saya…hahaha. Udah ah sekian dulu, tunggu tulisan ane tentang Hot wheels selanjutnya. Maaf jika salah-salah kata atau informasi, saya juga masih newbie :p

You Might Also Like

23 comments

  1. bro, kalo punya lamborghini Gallardo kira2 langka ga ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya koleksi HW sekitar 100 pc tanpa kemasan,bagi yang berminat telp/sms saya di 085 630 22 001

      Delete
  2. tergantung gallardonya yg kayak apa... tapi seri2 lamborghini cukup menyenangkan kok di koleksi... hehehe

    ReplyDelete
  3. Om kayanya ko sama banget ya tulisannya sama di kehidupan saya, contohnya tentang melatih kesabaran :P, terus HW juga kaya penambah semangat sebelumnya kalo ada masalah sama cewe saya, pasti langsung drop dan kepikiran terus kalo sekarang alhamdulillah pikiran ga terlalu kosong begitu teringat HW (percaya ga peraya) ya itu keajaiban HW....

    ReplyDelete
  4. Oya??? wah wah... bagus deh bro klo ada sisi positifnya... met koleksi terus bro!

    ReplyDelete
  5. abang, di kemasan HW kan suka ada tulisan misalnya "2/10" maksudnya apaan sih?

    ReplyDelete
  6. Maksudnya 2/10 itu... Berarti mobil itu seri no. 2 dari 10 seri mobil dengan tema masing2. Misalnya tema muscle car, ada tulisan 3/10, berarti mobil itu seri no 3 dari 10 seri mobil yang ada di tema musle car. Tiap tahun tema berubah, dan jumlah serinya nya pun berbeda-beda

    ReplyDelete
  7. abang,aku punya "corvette grand sport" aku beli kayaknya dari seorang kolektor juga,soalnya dia banyak ngejual HW keluaran lalu,
    terus di kemasan itu tertulis "first edition"
    apa berarti mobil aku itu bernilai koleksi tinggi?

    terus aku nemuin ford gran torino, cuma gak kebeli
    apa mobil itu termasuk langka?

    ReplyDelete
  8. Cukup bernilai tinggi secara historis... tapi kalo soal di jual lagi tergantung situasi & lokasi.
    Kalo boleh kasih saran koleksi hotwheels maupun diecast yang lain gak usah mikirin soal langka & nilai jualnya yang tinggi. Mending lebih cenderung yang sreg & memang bener2 disukai & diinginkan. Jadi ngoleksi itu lebih cenderung ke fun & hobby... jgn terlalu mikirin soal dijual lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya koleksi HW sekitar 100 pc tanpa kemasan,bagi yang berminat telp/sms saya di 085 630 22 001

      Delete
  9. Wah,setuju tuh sama bro dani setiawan.. kalo orgnys srek sama yg T-hunt/yg langka2,beruntung tuh:)

    ReplyDelete
  10. kalo hotwheels mereknya dc comics

    ReplyDelete
  11. kayaknya lebih seru klo kitanya komunikasi melalui telfon,,banng dani klo bleh sms in aku no hp nya di 085231314131

    ReplyDelete
  12. HW, punya ku ga ada tempatnya, pokoknya setiap dapet. q pasti buka,cz ga sabar buat jeprat-jepretnya.tinggal nyari tempatnya ja nih

    ReplyDelete
  13. yooii ...mantap...ane juga sudah mulai koleksi hot wheels..Khusus polisi dan pemadam kebakaran..plus edisi film...kapan-kapan bisa sharing lagi ya boss tentang hot wheelsnya..

    ReplyDelete
  14. Ooowww tnyata bisa dkoleksi ya??
    Q beli2 aja buat anak q yg umurnya br mau 4 th. Thanks info bagusnya. Thumb up.

    ReplyDelete
  15. Postnya mantab.... kalau boleh tau tempat jual grosir hw atw distributor (bahasa kerennya : kampas keliling). tlg di infokn ke WA 082341505939

    ReplyDelete
  16. Saya koleksi HW sekitar 100 pc tanpa kemasan,bagi yang berminat telp/sms saya di 085 630 22 001

    ReplyDelete
  17. Ada yg tau ga kalau hw ban karet kerterangan di kemasannya apa? Maklum newbie

    ReplyDelete
  18. Ada yg tau ga kalau hw ban karet kerterangan di kemasannya apa? Maklum newbie

    ReplyDelete
  19. Ada yg jual HW race yg langka gak? Atau ada yg tau situsnya khusus utk HW race? Saya mau gunakan untuk kompetisi race HW nanti. Respond serius yaaa. Line ke id saya yasminetea . thanks

    ReplyDelete
  20. Om ada ga seh yg cars series produksi HW?
    Kalo ada mau dong.

    ReplyDelete
  21. Om ada ga seh yg cars series produksi HW?
    Kalo ada mau dong.

    ReplyDelete