Pertimbangkan Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Printer Baru

Sunday, January 02, 2022

Meski kini jaman sudah serba digital, dan era paperless makin banyak digaungkan namun kebutuhan mencetak dengan printer masih tetap ada di masyarakat kita baik di rumah maupun di kantoran. Apalagi kini juga makin banyak home office atau minimal buat cetak alamat kirim jualan online kita di rumah dan mencetak tugas sekolah anggota keluarga di rumah. Perusahaan printer inkjet maupun printer laser secara umum membagi segmen pemasaran produk printernya menjadi beberapa level yang membuat mereka juga membuat printer berdasarkan level kebutuhan konsumennya. Misalnya adalah printer untuk level masyarakat di segmen printer untuk perorangan, home office, dan small office (SOHO), kemudian di segment medium business, kemudian ada juga segment enterprice. Meski ada juga beberapa segment khusus untuk kalangan tertentu juga ada. Namun memang sangat sedikit penggunanya. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi pertimbangan sebelum membeli printer untuk segment perorang, home office, dan small office.

 



1. Tentukan kebutuhkan dan tujuan Anda

Pertama yang anda harus putuskan ketika memilih printer adalah mengidentifikasi kebutuhan cetak Anda dan untuk tujuan menggunakannya. Misalnya kebutuhan ngeprint dokumen gambar berawarna atau sekaligus foto, kebutuhan printer cepat yang mampu mencetak jumlah file ribuan lembar per bulan, atau butuh printer yang memiliki fungsi scanner dan copy. Apakah printer inkjet yang monokrom atau yang printer color atau warna. Oleh karena itu pastikan printer macam apa yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dan perkiraan jumlah cetak yang biasanya dilakukan dalam satu bulan, apakah 1 rim kertas, 2 rim kertas, atau lebih dengan mempertimbangkan budget atau dana yang ada.

 

2. Pastikan Budget atau Dana Yang Disiapkan

Pastikan berapa budget dan dana yang Anda siapkan sehingga dapat memilih produk printer yang sesuai dengan kebutuhan cetak dan budget Anda. Dan juga perkirakan budget untuk perawatan dan pengeluaran untuk pembelian cartridge atau tinta yang pasti akan diperlukan. Sehingga hasil yang dicapai bisa semaksimal mungkin. Printer yang mahal pun belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda dan beli yang paling murah pun tidak selalu bisa memenuhi kebutuhan jika ternyata Anda butuh fitur selain print.

 

3. Resolusi Cetak

Resolusi cetak sebuah printer bisa menjadi sangat penting jika Anda membutuhkan kualitas cetak yang prima. Resolusi printer inkjet saat ini yang beredar di market Indonesia rata-rata sudah cukup baik. Jika Anda menggunakan printer warna yang paling murah pun sudah memamerkan resolusi optikal yang cukup bagus, yang cocok untuk kebutuhan cetak dokumen berwarna. Namun jika Anda tidak benar-benar menginginkan kualitas cetak yang prima, abaikan saja resolusi yang lebih tinggi. Karena resikonya proses cetaknya menjadi lebih lama. Jika Anda akan menggunakan printer inkjet Anda untuk kebutuhan cetak foto yang cukup banyak, sering, dan hasil yang tajam, Anda harus mempertimbangkan menggunakan printer inkjet dengan 6 warna. Namun jika hanya terkadang mencetak foto, printer inkjet warna yang sekarang beredar sudah cukup bagus.

 

4. Kecepatan Mencetak

Kecepatan menjadi yang Anda harus pertimbangkan jika Anda memiliki kebutuhan cetak yang tinggi misalnya Anda sering ngeprint file dengan ratusan halaman yang harus dicetak dan sering dalam kebutuhan urgent. Maka printer laser menjadi opsi yang paling tepat jika budgetnya juga sesuai. Printer inkjet yang sekarang beredar cukup bisa memenuhi kebutuhan cetak cepat. Hanya saja untuk printer inkjet yang memiliki kecepatan cetak setara dengan printer laser harganya masih cukup tinggi. Semua kembali kepada seberapa banyak kebutuhan cetak Anda. Setelah itu telitilah kecepatan mesin dan duty cycle bulanan dari printer yang sedang menjadi  bahan pertimbangan, untuk melihat apakah pola pakai Anda sesuai dengan kemampuan printer. Untuk mengetahui kecepatan cetak mesin printing Anda bisa menanyakan kepada para penjual printer, cek di website resminya, atau mencoba sendiri printer yang akan Anda beli, jika ada sample produk yang bisa Anda coba untuk mengetahui seberapa cepat proses mencetaknya.

 

5. Periksa Garansi Produk dan Service Centernya

Pilih printer yang memiliki garansi produk yang lebih baik. Karena akan ada perawatan dan maintenance yang diperlukan dalam penggunaan printer jangka panjang. Bandingkan produk dari berbagai brand printer yang beredar di Indonesia dan jangan lupa pula untuk mengecek kontak service resminya. Hal tersebut perlu dilakukan jika terjadi sesuatu gangguan pada printer laser yang anda gunakan selama dalam masa garansi atau setelah masa garansi habis. Sehingga dapat menghemat budget perawatan printer Anda dan Anda pun menjadi lebih tenang dan nyaman dalam penggunaan printer. Sebaiknya beli printer dalam kondisi baru agar lebih mudah dalam penggunaan dan perawatannya. Kecuali jika Anda adalah orang yang memang terbiasa utak atik printer dan paham akan teknis printer

 

6. Cek Review Produknya

Cek review printer yang ingin dibeli dengan mencari tau secara online maupun bertanya pada orang sekitar yang juga menggunakan printer. Apalagi kini banyak reviewer maupun orang yang membagikan pengalamannya menggunakan printer secara online di blog, website teknologi, sosial media, maupun youtube. Pilih secara cermat review tersebut, karena terkadang kita akan menemukan review printer yang sebenarnya adalah advertorial maupun konten berbayar dari principal printer.

 

Semoga bermanfaat. Cek juga video berikut.

 



You Might Also Like

0 comments