Review RAM Kingston Fury Beast RGB DDR4 16GB Dual Channel

Monday, December 13, 2021

Random Access Memory atau biasa kita sebut RAM pada perangkat computer desktop maupun laptop, adalah salah satu perangkat yang digunakan untuk menyimpan memori jangka pendek maupun sementara dimana data disimpan sesuai dengan kebutuhan processor. RAM pada PC desktop maupun laptop biasanya berbentuk kepingan papan sirkuit dengan chip yang menempel. Varian RAM dari tahun ke tahun terus berkembang terutama dalam hal design dan performa. Kini banyak RAM untuk PC Desktop yang memiliki lampu RGB sehingga RAM terlihat semakin menarik ketika terpasang di motherboard. Salah satunya adalah RAM DDR4 Fury Beast RGB dari Kingston ini.


Dulu RAM ini menggunakan lini sub brand Hyper X dari Kingston dengan nama seri Hyper X Fury. Namun karena kini Hyper X sudah dibeli oleh perusahaan HP, maka Kingston pun merubahnya menjadinya Kingston Fury Beast. Kadang kita masih bisa menemukan RAM Hyper X Fury ini di market computer Indonesia, entah itu kemasan lama, atau bahkan seri baru under license HP dengan bentuk fisik yang sangat mirip. Aku akhirnya memilih RAM dari Kingston ini dalam PC yang aku rakit.  Aku pun seolah bernostalgia dengan brand ini karena dulu PC rakitan pertama ku di tahun 2009, RAM merk MC Pro nya mati, waktu belajar rendering video dan animasi. Terus aku beli gantinya dengan RAM Kingston. Waktu itu garansi RAM masih belum lifetime seperti sekarang. Waktu kerja di Solo juga PC di kantor menggunakan RAM Kingston. Jadi ya aku punya IT experience yang cukup baik dengan brand ini. Jadi ya akhirnya aku pilih RAM DDR4 Kingston Fury Beast ini.


Dalam paket penjualannya dengan kemasan plastic yang sangat simple ini, kita akan mendapatkan unit RAM nya, manual book, dan juga stiker produk nya. Aku pilih yang 16 GB dengan 2 keping 8 Gb, karena ada juga yang versi 16 Gb 1 keping. Harganya berkisar 1 juta hingga 1,5 juta rupiah untuk seri PC25600 up to 3200 MHz ini. Aku sendiri beli secara online dengan harga Rp. 1.045.000. Cukup beruntung sih untuk menekan budget rakit PC kentang kere hore ini. Garansinya lifetime dengan syarat klaim menyertakan kemasan produknya dan serial number pada kemasan dan RAM nya jangan sampai rusak.   


Secara fisik RAM ini sudah dilengkapi heatsink berwarna hitam agar makin adem dengan paduan lampu RGB di atasnya. Sayangnya seri yang aku beli ini masih menggunakan deretan chip pada satu sisi board RAM nya, bukan yang dua sisi. Eh, jaman sekarang ngaruh gak si? Hehehe. Begitu di pasang di mobo dan dinyalakan, terlihat cukup ramai mode RGB nya yang menyala bergantian pada mode defaultnya. Lampu ARGB nya juga bisa disesuaikan dengan settingan di Mobo MSI yang aku gunakan dengan aplikasi MSI Mystic Light Sync. Hampir semua mode lampu MLS bisa diaplikasikan di RAM ini.


Aku pilih Kingston Fury Beast RGB DDR4 16GB PC25600 up to 3200 MHz (KF432C16BBA/16) dengan pertimbangan pengen punya RAM yang ada lampu RGB nya, harganya cukup terjangkau, support dual channel, dan speed nya yang masih bisa diakomodir secara maksimal dengan intel i5 11400 dan mobo B560M Mortar yang aku pilih. Selain itu aku lihat seri ini banyak yang jual secara online dan offline. Sehingga lebih mudah didapat dan jika nanti aku upgrade RAM nya menjadi 4 keping di mobo, aku pikir di 1-2 tahun ke depan masih akan mudah didapatkan dan pasti harganya sudah turun.


Untuk catatan, ketika dipasang di mobo, tidak semua bios mobo akan langsung mendeteksi clock speednya 3200 Mhz, ada yang 2400 Mhz, dan katanya ada yang 2666 Mhz. Namun akan ada mode 3200 Mhz yang terdapat pada Intel XMP nya yang bisa dipilih. Kembali pada versi Bios dan masing-masing merk mobo. RAM ini juga sudah support untuk memory overclock. Rekomendasinya si stabil di 3600 Mhz kata sellernya. Namun aku cuma nyoba sehari, abis itu aku balikan lagi ke speed 3200 Mhz. Dari beberapa hari penggunaan untuk rendering video 2K sangat lancar dan cepat, dan juga multitasking sambil rendering video, sambil upload video youtube, sambil edit corel draw beberapa tab, chrome beberapa tab, dan sambil dengerin musik bersamaan, gak ada lag dan loading lama sama sekali. RAM ini aku padukan dengan Intel i5 11400, Mobo MSI B560M Mortar, SSD NVME PNY 500GB Gen 4.0, SSD NVME Kingston 500GB Gen 3.0, PSU Aerocool Lux 650M, di balut dalam casing PC Aerocool M-ATX Trinity Mini. Itu aja si review singkat RAM DDR4 Kingston ini. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments