Menginap Semalam Di Tunjungan Hotel Surabaya

Sunday, February 24, 2019

Akhir pekan lalu, secara mendadak ada urusan di Surabaya jadi mendadak juga cari tiket kereta dan hotel secara online untuk hari minggu. Akhirnya aku pilih naik kereta karena dah lama gak naik kereta dan juga kalo biar tempat penitipan kendaraannya yang masih cukup aman dan terjangkau. Naik kereta Sancaka Solo-Surabaya, berangkat pagi sampai sana siang. Sampai di stasiun, kemudian nanya-nanya angkutan ke arah hotel yang sudah dipesan sebelumnya. Aku pesan kamar standar satu malam di Tunjungan Hotel Surabaya. Kenapa pilih hotel ini? karena dari dulu pas ke Surabaya pengen aja ke Tunjungan Plaza yang pernah mendapat predikat salah satu mall terbesar di Indonesia. Tapi dulu ya, kalo sekarang gak tau deh. Dan letak lokasinya dekat hotel Tunjungan tentu saja. Meskipun ternyata begitu sampe Surabaya ada hotel lain yang juga lokasinya sangat dekat dengan Tunjungan Plaza. Pikirku juga hotel sebelah mall gede, nyari makannya gampang, ada tempat buat jalan-jalan dan mungkin bisa sambil nonton di bioskop karena kemaren pengen nonton How To Train Your Dragon 3.

Hotel ini letaknya tidak terlalu jauh dari stasiun Gubeng, cuma 10 menit naik ojek dari Gubeng. Bisa juga naik taksi dari stasiun. Kalo untuk ojek online dan taksi online ada di depan stasiun Gubeng. Jadi jalan keluar dulu ke luar stasiun bagian depan. Sampai di hotel dari luar terlihat hotel ini sudah cukup berumur bangunannya dan kental dengan nuansa oriental di bagian lobby nya. Lalu berjalan masuk ke loby disambut security nya dengan ramah. Ada juga karaoke dan restaurant di lantai bawah. Sampai di meja resepsionis, senyum mbak nya resepsionis agak kecut, mungkin abis kena omel atasannya. hehehe.

Karena masih jam 1 siang, aku nanya apakah dah boleh check in dan masuk kamar, karena standarnya jam 2 siang baru boleh check in dan ternyata boleh. Ngasih ktp buat di copy dan diminta kasih deposit uang. Trus dikasih kunci kamar 2 buah lalu aku naik lift ke atas. Mungkin karena baru pertama kali mungkin ya, makanya dimintain deposit. Dapat kamar di lantai 5 atau 6 aku lupa. Yang jelas satu lantai dengan lokasi kolam renang. Aku minta kamar yang menghadap jalan raya, malah dikasih yang menghadap ke gedung telkom disebelahnya. Sampai depan pintu kamar, agak spooky nuansa lorongnya tapi ya mungkin karena pencahayaan dan warna interiornya dan yang bikin kesel dua kunci yang dikasih, gak ada yang bisa dibuka. Jadi si resepsionis lupa kali ya buka akses pintunya. Mau balik ke lantai bawah males, jadi aku minta tolong sama mbaknya yang lagi beres-beres kamar sebelah. Kemudian dia kontak bagian resepsionis. Itu pun nunggu sekitar 10 menit depan pintu sampai akhirnya pintu bisa dibuka.

Kemudian aku masuk dan liat kondisi kamar ternyata kamarnya cukup besar dengan interior dan furniture yang tampak sudah berumur. Aku pilih kamar 1 bed ukuran doube bed yang ternyata cukup nyaman. AC nya model nya AC central, tuas pengaturannya ada di sebelah kanan tempat tidur. Meskipun sudah keliatan berkarat namun masih bisa digunakan untuk mengatur AC di kamr. Kamar mandinya cukup besar dan kamar standarnya ini dah ada bath up nya jadi bisa buat berendem. Nah, berhubung aku belum mandi dari pagi (harap maklum, stasiun balapan jauh dari rumah hehehe) sekitar jam 2 an siang aku masuk kamar mandi baru sadar ternyata belum ada handuk, keset, maupun handuk tangan yang tersedia. Kayaknya bagian cleaning service nya lupa.

Aku telpon ke resepsionis tapi gak nyambung-nyambung dari telpon yang ada di kamar hotel. Lalu aku coba telpon ke nomor cleaning service 2 kali akhirnya ada yang angkat, dan aku bilang kalo handuknya belum ada. Setelah nunggu sekitar 20 menit kemudian baru ada yang ketok pintu nganter handuk. Itu pun cuma handuk 1 pcs yang dianter. Keset kamar mandinya gak ada. Atau baju handuk yang biasanya kita dapet kalo nginep di hotel yang ada bath up nya pun gak ada. Berarti mereka gak ada sistem check listnya mungkin. Tapi ya sudahlah. Mau gimana lagi, aku gak mau rusak mood ku aja dengan banyak complain.

Lalu abis mandi aku menuju area kolam renang di hotel ini. Angin di area kolam renang ini lumayan kenceng. View dari sini lumayan, yang satu ke arah kota Surabaya, yang satu ke arah gedung di belakangnya yang tinggi banget. Tapi gak istimewa viewnya, masih banyak hotel di jawa tengah yang lebih murah tapi view nya jauh lebih baik. Abis dari sini kemudian aku menuju ke Tunjungan Plaza yang berada persis di sebelah hotel. Coba naik lift yang beda dari naik ternyata hotel ini ada lift kaca yang view nya Tunjungan Plaza dan hotel di seberangnya. Unik si kayak di mall, cuma sayangnya jalannya lambat banget.

Setelah capek jalan-jalan di Tunjungan Plaza, makan dan cari camilan kemudian aku balik ke hotel pas magrib. Di luar ternyata hujan deras dan berlangsung sampai aku tidur malam tu hujan gak berhenti juga. Padahal niatnya mau motret long exposure kota Surabaya dari hotel, tapi ujan. Ya wis ngemil di kamar hotel sambil nonton film dari saluran tv kabel yang tersedia dengan kaki yang pegel karena abis jalan di Tunjungan Plaza. Bangun pagi badan lumayan seger. Kemudian siap-siap packing lagi karena ada janji jam 9 pagi. Setelah selesai packing lalu berendem air panas di kamar mandi.  Kemudian bersiap dan akhirnya check out. Gak ambil sarapan karena memang pesen kamarnya tanpa paket sarapan supaya bisa cari makan di luar. Itu aja si pengalamanku menginap di Tunjungan Hotel Surabaya. Kalau misal ke Surabaya lagi kayaknya mau coba hotel lain aja terutama yang view kota Surabaya nya oke. Semoga bermanfaat.