Review Helm Modular KYT RRX Solid Black

Sunday, October 28, 2018

Tahun lalu aku membeli helm modular yang akhirnya aku pakai juga setelah berbulan-bulan berada di kolong meja kerja. Helm ini adalah helm modular dari KYT seri KYT RRX Solid warna Black Metallic atau Black Glossy ukuran XXL. Aku beli untuk persiapan mengganti helm modular MDS yang mulai rusak setelah beberapa tahun hampir tiap hari aku pakai. Semenjak 2012 aku sudah menggunakan tipe helm modular. Bukan untuk bergaya tapi memang karena jenis helm ini kebanyakan ukurannya cukup besar, karena ukuran kepala ku yang memang lumayan besar dan juga helm bisa dibuka bagian depannya sehingga tidak terlalu pengap ketika memang diperlukan. Setelah helm modular MDS ku semakin tidak nyaman untuk dipakai akhirnya ya aku pakai juga helm KYT RRX ini.


Helm ini aku beli secara online karena udah muter-muter beberapa toko helm di sekitaran Solo, gak ada helm modular yang ukuran XXL yang tersedia. Biasanya di suruh indent kalo memang serius cari tipe atau ukuran tertentu. Akhirnya aku beli di salah satu lapak di tokopedia, yang memiliki review cukup baik mengenai history penjualannya serta ada stoknya yang ukuran XXL. Aku beli dengan harga sekitar 600 ribuan lebih, hampir 700ribu kayaknya, aku lupa tepatnya dan itu sudah termasuk ongkos kirim dari Jakarta.  Begitu barang sampai, cuma aku cek helmnya dan aku coba di kepala. Setelah itu aku masukin lagi ke dalam dus box nya lalu aku letakan di bawah kolong meja kerja di kamar. 




Kenapa aku memilih helm modular ini, karena budget yang aku siapkan adalah 1 juta rupiah, lalu dari beberapa opsi helm modular yang ada di range harga tersebut model dan desainnya aku suka KYT RRX Solid ini. Kenapa KYT? Ya karena harganya masuk dengan budget yang aku siapkan dan juga nama KYT sudah gak asing lagi di kalangan rider di Indonesia. Kenapa pilih yang warna hitam? Ya karena biar matching sama sepeda motorku yang juga berwarna hitam. KYT RRX Solid ini punya beberapa varian warna seperti merah, putih, dark grey, dan juga hitam. Yang hitam sendiri ada yang Black Metallic dengan tampilan glossy dan Black Matte atau doff. Aku sendiri pilih yang glossy biar keliatan kinclong. 


Desain helm ini cukup simple tanpa ada corak warna atau decal yang mencolok. Gak terlau menarik perhatian. Aku suka yang kayak gini. Lalu hanya ada tulisan logo KYT yang terpasang dari berbagai sisi, jadi kayak iklan berjalan. Cat helmnya yang glossy kayak ada glitter nya yang mulai nampak kalau dilihat dari dekat. Dalam paket penjualannya, kita akan mendapat sarung helm KYT yang cukup bagus, unit helmnya, dan juga ada manual booknya. Helm ini punya double visor dengan bagian pembuka kaca helm atau visor bagian dalamnya berada di sebelah kiri bawah helm. Visor bagian luarnya bening, dan bagian dalamnya gelap yang membantu biar gak gampang silau. Bagian pengunci agar bagian depan helmnya untuk membuka dan menutup berada di ujung tengah bawah bagian depan helm. Penguncinya ini bisa dibilang agak kurang smooth untuk buka tutupnya, jadi kalau kita menekannya kurang pas jadi mengeluarkan sedikit tenaga ekstra. Tapi juga harus hati-hati karena bahannya plastic takutnya gampang patah.  


Bagian depan helm ini ketika dinaikan atau dibuka ke atas kalau belum sampai klik akan menutup kembali. Sehingga harus dibuka sampai pas di bagian penyangga bagian depannya. Ada dua lubang udara dibagian depan dan atas yang bisa membantu sirkulasi udara di dalam helm. Busa bagian dalam helmnya berwarna hitam dan merah serta bisa dilepas jika ingin dibersihkan atau dicuci. Helm KYT ini aku gak  tau berat pastinya, tapi lebih berat dari helm modular MDS Pro Rider yang aku pakai sebelumnya. Kalau yang gak terbiasa pake helm fullface atau yang agak berat mungkin jadi kurang nyaman. Tapi ya wajarnya, kayaknya rata-rata helm modular di range harga ini memang agak berat. Kalau mau yang enteng ya yang versi carbon fiber and you know the price. Tapi yang jelas lama-lama terbiasa pakai helm ini dan ya cukup aman dan jadi kerasa lebih safety si. Semoga nanti bisa beli helm yang lebih nyaman lagi untuk dipakai. Semoga bermanfaat. Happy riding and keep safety.   






You Might Also Like

0 comments