Merah Putih di Pantai Pandawa Bali

Friday, September 08, 2017

Setelah cek out dari Paras Paros Marina Lodge, kemudian aku menuju ke arah nusa dua dan planningnya mau ke GWK, tapi ternyata jalan ke arah sana cukup ramai, akhirnya aku putuskan belok ke daerah pesisir Ungasan, Badung untuk mengunjungi pantai Pandawa Bali. Mungkin kalo dari Bandara Ngurah Rai, waktu tempuh ke pantai ini sekitar 1 jam. Karena kemaren aku abis dari Pulau Serangan, jadi lebih dari Serangan. Petunjuk jalan ke pantai cukup mudah, jadi gak perlu takut kesasar. Kalo misalnya masih bingung tinggal cek di google map. Cuaca waktu itu cukup cerah, jadi mendukung kalo mau maen ke pantai dan melihat landscape disana. Begitu sampai dipintu masuk, bayar retribusi masuk dan sekaligus parkirnya, jadi gak perlu bayar parkir lagi. Padahal pantainya masih agak jauh dari gerbang masuknya. 


Setelah memasuki area menuju pantai akan terlihat pembangunan di kanan dan kiri jalan, terutama pembangunan hotel dan resort yang sepertinya nanti kalo dah jadi bakalan cukup mewah di bukit dan tebing pinggir jalan ini. Katanya dulu pantai ini dikalangan wisatawan asing sering disebut dengan nama Secret Beach. Karena letaknya dibalik bukit. Sedangkan warga lokal menyebutkan pantai Katuh. Namun karena minat wisata kesana cukup banyak, akhirnya pemerintah setempat membuat jalan dengan akses yang lebih mudah kesana dengan membelah bukit ke arah pantai ini, yang kini menjadi salah satu ciri khas sebelum kita memasuki bibir pantai Pandawa. 


Di bukit pantai ini kita akan menemukan patung pandawa yang cukup besar, dibuat dengan mengukir batuan di bukit ini. View dari tebing batu yang mengapit jalan masuk utama ke pantai pandawa ini cukup indah, apalagi angin laut yang bertiup cukup menyejukan meskipun sinar matahari terasa cukup menyengat di kulit sebenarnya. Karena baru beberapa minggu sebelumnya ada acara peringatan kemerdekaan Indonesia di pantai ini, maka ketika aku berkunjung masih ada bendera merah putih yang sangat panjang dan berukuran besar di pasang tebing pantai Pandawa. Dan di pinggir pantainya juga ada banyak bendera merah putih yang dipasang. Bahkan ada yang dipasang sehingga membentuk angka dirgahayu kemerdekaan Indonesia.


Di pantai Pandawa, waktu tempo hari kesana banyak komunitas motor dan mobil yang mengunjungi tempat ini, mungkin karena viewnya cukup bagus, dan tempat parkirnya cukup memadai untuk jumlah peserta yang banyak. Jika dibagian tebing pantai ini banyak wisatawan domestik yang berselfie atau hanya sekedar nongkrong menikmati suasana, maka beda lagi dengan di area utama pantai. Banyak wisatawan asing yang berjemur maupun sedang berenang di pantai ini. Ada juga yang belajar berselancar, meski hanya beberapa orang.


Fasilitas di pantai pandawa juga cukup lengkap, seperti toilet, tempat bilas, restoran, parkir yang luas dengan penjaga, dan lainnya. Tapi ya jangan berharap ada mushola ya (you know why). Banyak warung makan yang menjual nasi goreng, mie goreng, hidangan laut dan beberapa jenis makanan barat yang buka di pantai ini, jadi gak perlu takut bingung cari tempat makan. Jika aingin berjemur di pantai ini, warung makanan disini juga menyediakan kursi berjemur berserta payung yang dapat disewa. Ingin mencoba pijat refleksi? Di pantai ini juga aku lihat tersedia jasa pijat refleksi sambil memandang lautan. 


Ada juga wahana persewaan perahu Kano maupun yang paling menarik perhatian disini adalah atraksi paralayang atau paragliding di pantai pandawa bali. Dari atas tebing pantai ini banyak paraglider yang berlatih dan beraksi yang membuat pemandangan di pantai ini cukup unik. Pengunjung pantai juga bisa ikut berparalayang sendiri, namun harus yang sudah terlatih maupun yang memiliki lisensi. Jika belum, pengunjung tetap bisa berparalayang, namun akan terbang didampingi instruktur yang sudah terlatih, jadi lebih aman. Karena wahana ini cukup beresiko tinggi. Aku berada di pantai ini cukup lama, setelah lelah berkeliling dan liat-liat kemudian aku menuju pantai lain yang berada masih dalam satu garis pantai yaitu Green Bowl Beach Ungasan. Itu aja si, semoga bisa ke pantai ini lagi lain kali. Semoga bermanfaat. 


You Might Also Like

0 comments