Pantai Kartini Jepara

Saturday, May 06, 2017

Setelah mengunjungi Curug Gamelan di Lebak, Kabupaten Semarang, kami pun kemudian langsung menuju kabupaten Jepara. Ya namanya juga iseng dadakan, jadi ya gak banyak persiapan. Cuma sekedar browsing tempat mana dulu yang akan dikunjungi. Targetnya yang penting sampe Jepara dulu, dan kalo sempet liat sunset dari pantai terdekat di Jepara sore harinya. Karena jujur saja, ini pertama kalinya kami main ke daerah Jepara. Cuma modal google map dan petunjuk jalan kami berkendara menuju daerah Jepara. Kenapa Jepara? Karena beberapa minggu sebelumnya abis 21 April atau peringatan hari Kartini, jadi iseng aja, pengen tau Jepara itu kayak apa.

Aku dan sepupuku sampai  di Jepara sekitar jam 4 sore, kemudian berhenti sebentar dan browsing di internet, pantai yang cocok untuk hunting foto sunset tanpa harus menyeberang ke Karimun Jawa. Karena kalo kita browsing tempat wisata di Jepara, biasanya yang keluar di hasil pencarian Google malah kebanyakan area di Kepulauan Karimun Jawa. Tapi wajar si, karena salah satu akses utama ke Karimun Jawa lewat pelabuhan di Jepara. Setelah itu kami putuskan untuk menuju ke pantai Kartini Jepara karena katanya itu salah satu pantai yang tepat untuk menikmati matahari terbenam dan katanya akses jalannya mudah. Dan ternyata benar, karena petunjuk arah ke pantai kartini sangat mudah dari mulai masuk ke kota Jepara sampai di gerbang pintu masuk pantai kartini yang ternyata tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Kami sampai di pantai kartini sekitar jam 16.40 dan agak gak nyangka karena area sekitar pantainya dan di area pantai masih cukup ramai. Banyak muda mudi nongkrong dan komintas otomotif local yang berkumpul dan nongkrong di jalan dekat pintu masuk ke pantai kartini. Setelah itu kita melihat dua gerbang kanan dan kiri menuju pantai ini, yang satu tidak dijaga dan yang satu lagi dijaga dan ada petugas retribusinya. Kami tentu saja coba masuk yang gratis dan ternyata yang kiri ini adalah gerbang ke pelabuhan atau dermaga pantai kartini yang merupakan dermaga penyeberangan utama ke Karimun Jawa dari Jepara dan juga ke Pulau Panjang Jepara. Sampai sana banyak kapal tentu saja, kendaraan yang parkir inap, dan tentu saja dan warga lokal yang masih ramai nongkrong sambil menikmati udara pantai dan pemandangan matahari terbenam yang cukup indah waktu itu.

Kawasan pantai kartini dan pelabuhan atau dermaga kartini hanya dipisahkan oleh pagar pembatas. Yang ingin masuk ke kawasan pantai kartini harus masuk melewati gerbang retribusi resmi dan membayar tiket masuk. Kami pun kemudian ke arah pintu masuk pantai kartini dan membayar tiket masuk yang masih terbilang cukup murah. Sempet tanya petugasnya, kenapa pantainya namanya pantai kartini, katanya selain pahlawan nasional, mendiang R.A. Kartini dulu dan keluarganya sering main ke pantai ini. Oleh karena itu diberi nama pantai kartini. Lalu kami bergegas ke area dimana ada semacam gazebo dan jembatan yang terletak di sebelah bangunan berbentuk kura-kura raksasa di pantai ini. Lalu kami duduk dan menikmati pemandangan matahari terbenam sampai garis horizon sambil beristirahat karena lelah berkendara.

Kami berada di pantai ini sampai jam 7 malam setelah dapat beberapa foto. Ombak di pantai ini cukup tenang jadi masih cukup aman buat berenang sampai pada garis pembatas yang telah ditentukan. Tapi tetap harus hati-hati dan waspada. Tadinya pengen masuk ke bangunan Kura-Kura Ocean Park, tapi ya dah tutup karena kesorean bahkan kemalaman. Tapi kayanya si isinya kayaknya akuarium dan juga pengetehuan seputar satwa laut dan juga ekosistemnya. Selain Kura-Kura Ocean Park, kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana bermain dan edukasi anak dan juga fasilitas pendukung yang lain untuk menarik kedatangan pengunjung ke pantai ini. Penginapan juga banyak terdapat di pantai ini. Terutama bagi mereka yang pagi harinya akan menyebrang ke Karimun Jawa maupun yang memang ingin bermalam sambil berlibur di pantai ini. Tadinya kami mau menginap di hotel di pantai ini, namun liat beberapa tempatnya kurang cozy. Lagi pula pengen liat daerah kota nya. Setelah dari pantai ini kemudian kami berkendara ke arah pusat kota Jepara, cari makan dan coba cari hotel yang cukup ramah di kantong namun tetap nyaman. Itu aja si, semoga kapan-kapan bisa ke Jepara lagi untuk explore tempat yang lain. Semoga bermanfaat.