Pantai Buyutan Pacitan

Thursday, October 27, 2016

Karena masih ada sisa cuti sehari, setelah pulang dari Jogja aku kemudian iseng pergi jalan-jalan ke Pacitan. Tujuan utama ku adalah berkunjung Pantai Buyutan Pacitan yang terletak di daerah sebelum masuk ke kota Pacitan. Pantai Buyutan terletak di desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan Jawa Timur dan bersebelahan dengan pantai Banyutibo masih dalam satu barisan pantai di selatan pacitan bersama pantai Klayar. Waktu kemaren kesana beberapa kilometer setelah goa gong sedangkan dilakukan projek pelebaran jalan dan pengaspalan. Sepertinya untuk persiapan menyambut libur akhir tahun yang katanya biasanya daerah pantai-pantai Pacitan ini penuh dengan pengunjung dari dalam dan luar kota.

Untuk menuju pantai buyuan ada beberapa rute jalan yang bisa digunakan. Namun yang paling mudah petunjuk jalannya dan kondisi jalannya adalah melawati jalur jalan utama ke arah goa gong terlebih dahulu. Dari Kota Pacitan, Anda dapat menuju ke Kecamatan Punung terlebih dahulu. Setelah sampai di Kecamatan Punung Anda bisa melaju ke arah perempatan kalak (yaitu arah Goa Gong). Setelah sampai di perempatan Kalak,  dapat mengambil arah kiri, dan itu merupakan satu jalur ke arah Klayar. Setelah 50 meter Anda akan ketemu dengan pertigaan.  Setelah di pertigaan silahkan mengambil arah dengan tujuan Pantai Buyutan. Sampai ada petunjuk jalan ke kiri, ke pantai buyutan dan kanan ke pantai Banyutibo.

Kemudian tinggal ke kiri mengikuti jalan ke perkampungan dan perkebunan warga dengan jalanan yang kurang mulus dan cukup sempit jika Anda membawa mobil pribadi yang cukup lebar. Menggunakan sepeda motor masih menjadi pilihan terbaik untuk menuju pantai ini. Meskipun menggunakan mobil masih bisa tapi perlu yang sudah terbiasa membawa di medan yang kurang nyaman ini. Setalah itu akan mulai terlihat pemandangan lautan dan lahan pertanian warga yang biasanya ditanami tanaman palawija. Kebetulan kemaren pas kesana lagi mau musim tanam, jadi banyak petani yang sedang mengolah lahannya untuk ditanami. Petunjuk jalannya sudah cukup jelas di beberapa titik lokasi di jalan tersebut, jadi tak perlu kuatir nyasar. Kalo masih bingung tinggal buka GPS atau google map untuk menuju pantai ini. Kemudian akan bertemu dengan pos tiket masuk. Cuma kemaren pas kesana, gak ada yang jaga. Jadi aku masuk aja kemudian sampai lah di Pantai Buyutan.

Pemandangan pantai buyutan dari atas dataran sebelum turun ke area bibir pantai cukup mengasyikan. Karena pantainya berada di bawah jadi kita harus jalan kaki dulu turun ke bawah, atau bawa kendaraan kita ke bawah. Motor bisa, mobil juga bisa asalkan sopir nya cukup lihay untuk bermanuver turun dan naik di jalan curam menuju bibir pantai buyutan ini. Pemandangan utama adalah sebuah karang yang mirip seperti tugu berdiri megah menjulang tinggi. di tepi pantai terbentuk karena terkikis ombak. Di pantai ini kita tidak perlu khawatir bila kehabisan bekal karena telah ada tempat yang menjajakan makanan dan minuman ditepian pantai walaupun sederhana tetapi sudah cukup untuk menemani menikmati pemandangan yang indah. Cuma karena aku kemaren datengnya gak weekend, hanya ada beberapa pengunjung di pantai ini dan hanya ada 2 warung yang buka. Sudah ada fasilitas kamar mandi dan air bersih di pantai ini. Jadi membuat lebih nyaman.

Aku sempat menyusuri pantai ini sekitar 2 jam, ambil foto dari beberapa sudut. Sempat juga menyapa dua orang nelayan yang sedang memancing di pantai ini yang ternyata berasal dari Gunung Kidul. Mereka dapat ikan lebih dari 20 ekor berukuran lumayan, dengan memancing dan menjala dari pantai ini tanpa menggunakan perahu. Katanya kalo pagi sampe siang ada beberapa jenis ikan yang berenang ke pantai ini. Di pantai ini juga terdapat sejenis pohon bakau yang masih kokoh sehingga bisa digunakan untuk duduk dan berteduh di bawahnya sambil menikmati pemandangan pantai ini. Melihat dari posisinya, pantai ini juga bisa menjadi tempat untuk menikmati matahari terbenam yang cukup indah jika cuaca sedang mendukung. Aku sendiri tidak sampai sore di pantai ini karena awan mendung hitam mulai datang, kemudian aku melanjutkan perjalananku pantai Banyutibo. Yang jelas pantai yang satu ini patut menjadi salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata ke Pacitan. Semoga bermanfaat.