Sejarah Microsoft Office

Wednesday, August 24, 2016

Siapa si pengguna komputer di Indonesia yang gak kenal dengan aplikasi Microsoft Office. Rata-rata pengguna komputer di Indonesia pasti tau dengan aplikasi buatan Microsoft ini. Aplikasi ini kini digunakan oleh berbagai orang di berbagai tempat untuk mendukung kinerja mereka secara pribadi maupun untuk tempat mereka bekerja, terutama yang komputernya menggunakan sistem operasi Windows dan Mac. Saking banyaknya penggunanya, banyak pengembang aplikasi yang membuat aplikasi mirip dengan Office dan menyediakannya dalam versi gratis. 


Aku pun yakin pengguna versi bajakannya lebih banyak dari versi resmi berbayarnya, apalagi di Indonesia. Sudah jadi rahasia umum sepertinya kondisi seperti ini. Aplikasi Office ini mempunyai sejarah cukup panjang dalam pengembangannya. Berikut ini adalah sejarah singkat secara umum perkembangan Microsoft Office dari mulai diperkenalkan sampai sekarang.  

Tahun 1980an - 1994
Secara resmi, Microsoft meluncurkan aplikasi Microsoft Office yang terdiri atas Microsoft Word, Excel dan PowerPoint pada 19 November 1990. Meskipun sebenarnya aplikasi Word, Excel. dan PowerPoint sudah hadir secara terpisah sejak tahun 80-an di beberapa sistem operasi, sampai akhirnya digabungkan oleh Microsoft dalam aplikasi Office. Setelah meluncurkan Office versi 1.5 dan 1.6, tanpa alasan yang belum diketahui microsoft langsung meluncurkan versi 3.0 nya. Versi ini kemudian cukup populer dan dikenal dengan nama microsoft office 92 yang hadir dalam format CD. Kemudian pada januari 1994, microsoft memperkenalkan Word 6.0 dan terjadi masalah pada aplikasi ini yang kemudian di perbaiki dengan meluncurkan update pada bulan juni dan juli 1994 untuk mengatas masalah yang terjadi sekaligus memperkenalkan versi Professional dan aplikasi Microsoft Access.


Tahun 1995-2000
Pada tahun 1995, Microsoft memperkenalkan versi Office 95 yang diluncurkan bersamaan dengan Windows 95. Pada versi Office 95 telah memiliki 6 apliaski yang terdiri dari Word, Excel, PowerPoint, Access (versi Professional), Binder, dan Schedule+. Setelah itu microsoft menambahkan satu aplikasi baru yaitu Outlook yang hadir di Office 97. Aku sendiri mulai belajar microsoft Office pada tahun 2000 ketika masih SMP. Waktu itu mulai belajar dengan Office 97 dan 2000 di sekolah dan awal pengenalan pada internet. Jika ada yang masih ingat, hadir pula animasi Office Assistant  yang ditampilkan dalam bentuk animasi paper clip yang lucu yang disebut Clippy. Kemudian menjelang tahun 2000, Microsoft memperkenalkan Office 2000 yang didalamnya sudah terdapat aplikasi FrontPage yang tersedia pada Office versi Premium.

Tahun 2001-2003 
Setelah Office 2000, Microsoft menghadirkan Office XP bersamaan dengan diperkenalkannya Windows XP. Pada versi ini, Microsoft menonaktifkan karakter animasi paper clip (Clippy) secara default, namun masih bisa diaktifkan dengan beberapa cara kustom. Kemudian muncul update Office 2003 dengan beberapa aplikasi baru. Office 2003 juga merupakan versi terakhir akan kehadiran asisten Office yaitu si Clippy. Versi Office ini cukup populer di Indonesia meskipun kebanyakan adalah versi bajakannya. 


Tahun 2007 - 2010
Pada tahun 2007, Microsoft menghadirkan Office 2007 yang berbarengan dan hadirnya Windows Vista. Pada versi ini, Times New Roman yang sebelumnya menjadi font default, diganti dengan font Calibri. Microsoft juga mengadopsi format file baru yang disebut Office Open XML, dengan ekstensi pptx pada PowerPoint dan docs pada Word. Kemudian Microsoft memperkenalkan versi Office 2010 dengan menghadirkan Office Web App yang merupakan versi online dari Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote yang bisa digunakan secara gratis. Aku sendiri sekarang lebih familiar menggunakan versi Office 2007 dan 2010 dibandingkan versi-versi yang lebih baru.  

Tahun 2011-2012 
Pada tahun 2011, Microsoft memperkenalkan Office 365 yang menhadirkan aplikasi baru Office Share Point Online, Exchange Online, dan Lync Online secara bersamaan di Cloud. Office 365 memiliki tampilan yang jauh lebih menarik dari versi Office sebelumnya. Design dan icon yang digunakan benar-benar baru dibandingkan versi sebelumnya dan banyak diadaptasi oleh berbagai pengembang aplikasi dan pengembangan Office selanjutnya. Office ini lebih banyak memiliki fitur-fitur yang diperuntukan untuk kerja tim disuatu kelompok kerja di kantor untuk saling terhubung dengan mudah satu sama lain baik secara online maupun offline dengan dukungan cloud system. 


Tahun 2013-2014
Tahun 2013, Microsoft memperkenalkan Office 2013 dengan tampilan pengembangan dari Office 385 dan mendekati tampilan di Windows 8. Office ini juga  mulai menerapkan cloud base yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan aplikasi Office untuk menyimpan file di sistem cloud. Microsoft juga mulai menyertakan dukungan terhadap layar sentuh lebih baik lagi seiring munculnya perangkat tablet dan laptop layar sentuh yang semakin populer, meskipun awalnya sebenernya ditujukan untuk pengguna Microsoft Surface. 

Tahun 2015-2016 (sekarang)
Pada tanggal 22 September 2015, Microsoft memperkenalan versi terbaru Office yang diberi nama Office 2016. Mirip dengan Office 2013, versi ini juga bisa didapat melalui Office 365. Dibuat dengan target user utama kalangan pekerja kantoran, Office 2016 diklaim akan membuat bisnis menjadi lebih produktif, sistem database yang lebih aman, dan memungkinkan para penggunanya dalam tim kerja bisa mengakses data dari berbagai perangkat dan lokasi. Tampilannya diperbaharui dan dirancang untuk mendukung kinerja Windows terbaru yaitu Windows 10. Salah satu fitur yang menarik adalah Tell Me, yaitu sebuah tool pencarian bawaan Office ini yang memungkinkan pengguna menemukan informasi secara lebih mudah dan cepat secara online dan offline. Kita tunggu saja update selanjutnya. Kalo kamu pake versi Office yang mana? 


Sumber : lnfokomputer 

You Might Also Like

0 comments