Gardens By The Bay Singapore

Sunday, May 01, 2016

Gardens by the bay Singapore adalah ruang terbuka hijau dan taman kota terbesar di Singapura yang memiliki luas sekitar 101 hektar. Namun setiap bagian dari taman ini telah didesain semenarik mungkin dengan gaya seni, arsitektur, dan teknologi yang handal dan kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Singapura. Di taman ini terdapat berbagai macam tanaman konservasi dari yang biasa kita temui hingga yang mulai langka dan dilindungi. Katanya si pembangunannya menghabiskan dana sekitar 1 milyar SGD untuk membangun taman botanical ini. Tempat wisata ini buka dari jam 5 pagi hingga 2 malam waktu setempat untuk area outdoornya. Sedangkan untuk beberapa area dan wahana di dalamnya berbeda-beda.



Ketika mengunjungi Singapura beberapa waktu yang lalu aku pun menyempatkan mampir ke taman ini. Rencana awalnya adalah mengunjungi pada sore hari hingga malam hari. Namun karena menunggu hujan reda, jadi tidur siang dulu di hotel lalu berangkat sore hari ke sana. Ternyata kesananya kesorean, jadi mau masuk ke taman bunga dan area lainnya hari udah mulai gelap dan matahari mulai terbenam meski sebenernya masih di buka. Jadi cuma jalan-jalan menikmati pemandangan di sekitar Gardens By The Bay. Jika kita tidak masuk ke area flower dome, pavilion, atau ke sky way nya, untuk jalan-jalan di area ini tidak pungut biaya alias gratis.


Yang paling menyenangkan disini adalah melihat pemandangan Supertree Grove dan semilir angin bertiup menjelang malam hari. Supertree adalah semacam pohon raksasa buatan dengan tinggi sekitar 20 meter lebih, yang terletak di taman ini. Jumlahnya kayaknya ada sekitar 16 pohon yang tersebar di beberapa titik di Gardens by The Bay. Yang unik dari supertree ini adalah ketika malam hari ada pertunjukan lampu dan musical dari supertree grove ini. Selain itu katanya supertree ini digunakan untuk menampung air hujan, tempat tumbuh beberapa jenis tanaman, dan juga menjadi penghasil tenaga surya. Intinya buat yang suka jalan-jalan di taman, suka bunga, dan pengen belajar tentang flora dan tanaman, serta buat tempat hunting foto-foto di Singapura, tempat wisata Singapura yang satu ini sangat recommended.


Gardens by The Bay terletak di belakang hotel Marina Bay Sands. Cara menuju Gardens by The Bay ada beberapa cara, yang pertama naik taksi dari tempat penginapan Anda, lalu turun depan hotel Marina Bay Sands, kecuali kalo nginep hotel Marina Bay Sands tinggal turun di lantai bawah. Cara kedua ke Gardens by The Bay yaitu naik kereta MRT lalu turun di stasiun Bayfront, lalu jalan kaki keluar stasiun ikuti petunjuk arah garden by the bay. Cara yang ketiga adalah naik bus dari hotel terdekat, aku lupa nomor busnya. Tapi ada beberapa rute bus nya yang ke arah sini. Bisa dibaca di papan informasi di setiap halte bus di Singapura untuk informasi rute bus. Cara ke empat adalah naik mobil pribadi atau sewaan Anda ke sini. Cara kelima kayaknya naik helicopter terus turun di helipad marina bay hotel. Hehehe.


Aku sendiri kesini memang untuk melihat pertunjukan lampunya dimana membuat pohon-pohon tinggi buatan ini terlihat cantik dengan kerlap-kerlip lampunya di malam hari. Nama pertunjukannya kalo gak salah The OCBC Gardens Rhapsody Light Show. Pertunjukan lampu ini berlangsung sekitar 30-40 menit, setiap hari pada jam 19.45 dan juga sekitar jam 20.45. Awalnya tiba-tiba lampu pada supertree dimatikan sejenak. Lalu supertree yang berada di bagian tengah taman ini, mulai berganti-ganti warna lampu diiringi musik yang terdengar hampir ke seluruh area taman. Namun, pada supertree yang berada dekat dengan flower doom tidak berganti warna lampunya.


Aku menikmati pemandangan pertunjukan ini dari arah semacam balkon yang berada dekat marina bay sands dan juga dekat kolam dragon fly. Lalu aku mengambil foto-foto dengan kamera yang aku bawa semanjak sunset hingga jam 9 malam waktu setempat. Jadi menikmati dua kali pertunjukan light shoe nya Supertree Grove.Karena ke asyikan motret, aku malah lupa buat jalan-jalan di taman bagian dalam dan menjelajah lebih luas lagi. Mungkin juga karena kaki udah capek. Lalu aku pun balik ke hotel. Cukup menyenangkan buatku dan bikin pengen balik lagi kesini buat menjelajah taman ini lebih detil lagi. Karena masih banyak bagian dalamnya yang belum aku kunjungi. Yuk jalan-jalan kesini lagi sama aku … #eh   





You Might Also Like

0 comments