Cara Menambahkan Widget Instagram Pada Blog

Sunday, November 08, 2015

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Tidak hanya foto, instagram juga kini aktif mengembangkan layanan berbasis video bagi para penggunanya. Aku sendiri cukup suka menggunakan instgram, terutama untuk upload foto dan juga mencari-cari foto yang menarik perhatianku. Mungkin karena penggunanya banyak dan mudah diakses dari ponsel, sehingga variasi foto yang ada menjadi banyak menambah wawasan tentang komposisi foto, serta info-info lucu dan menarik. Tentu saja sambil mempelajari pola promosi dan periklanan yang ada disana. 

Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata "insta" berasal dari kata "instan", seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan". Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan Internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram merupakan paduan dari kata instan dan telegram. (wikipedia)



Bagi para blogger yang memiliki akun instagram, bisa mempercantik tampilannya atau ingin lebih eksis di social media dengan menambahkan widget akun instagram yang dimiliki ke halaman blog. Pengunjung blog akan dengan mudah melihat foto-foto di instagram Anda hanya melalui blog pribadi anda. Berikut cara menambahkan widget instagram ke blog Anda untuk para pengguna blogger atau blogspot dengan Intagme.

1. Masuk ke website intagme yaitu www.intagme.com
2. Kemudian masukkan username, dan kostumasi tampilan widget sesuai yang kamu inginkan.

Keterangan :
  • Username: Username / nama pengguna instagram Anda
  • Hastag: Hastag yang ingin ditampilkan.
  • Widget Type: Slideshow / Grid. Tampilan berupa slide atau grid.
  • Photoborder: Garis tepi disetiap foto yang ditampilkan.
  • Background Color: Warna latar belakang widget instagram Anda.
  • Sharing Buttons: Tombol share dipojok bawah foto yang ada dalam widget.




3. Sebelumnya klik tombol Preview terlebih dahulu untuk melihat dan memastikan widget sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan atau belum. Ketika sudah oke, klik Get Code.
4. Langkah selanjutnya, login ke blogger dengan menggunakan akun blogger Anda.
5. Masuk ke dashboard, pilih Tata Letak. Kemudian Tambahkan Gadget
6. Pilih HTML/JavaScript. Paste kode yang ada di Intagme tadi ke dalam kolom yang sudah disediakan, kemudian klik Save atau Simpan.

Jangan lupa untuk melakukan preview blog Anda untuk melihat apakah tampilan dan tata letak sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat. 


You Might Also Like

1 comments