Pantai Watu Lawang Jogja

Sunday, September 20, 2015

Sebenernya si gak ada niat datang ke pantai ini, cuma pernah denger namanya. Pantai Watu Lawang. Pantai ini termasuk dalam jajaran pantai di gunung kidul ini masih terbilang cukup sepi. Padahal letaknya berada di dua pantai yang sudah cukup ramai dan dikenal yaitu pantai indrayanti dan pantai pok tunggal. Awalnya aku memang sedang mengunjungi pantai pok tunggal sambil menelusuri pantainya. Tadinya aku kira pantai ini masih masuk wilayang pantai pok tunggal, namun ternyata sudah tidak masuk pantai pok tunggal. Aku banyak mendapat informasi pantai ini dari petugas yang berjaga di pantai ini yang biasa mengambil pungutan uang bagi pengunjung pantai yang menggunakan pondok atau gubuk berteduh yang ada di pantai ini. 


Nama pantai ini tuh pantai watu lawang, kata bapak yang aku ajak ngobrol itu. Sudah bukan area pantai pok tunggal lagi, namun kini memang ada jalan setapak dan akses langsung yang menghubungkan kedua pantai ini. Dinamai pantai watu lawang karena di pantai ini terdapat goa batu yang membentuk seperti semacam pintu yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk upacara adat sadranan atau yang biasa disebut dengan upacara nyadran. Aku sendiri gak ngecek seperti apa gua batunya. Pantai ini juga tidak terlalu luas dan cenderung masih sepi pengunjung. 



Untuk menuju pantai ini bisa dari Pantai Pok Tunggal atau terdapat jalan kecil di sebelah pantai indrayanti yang dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan mobil kecil. Dan kata bapak itu juga jalannya belum terlalu mulus. Fasilitas di Pantai ini sudah tergolong cukup memadai, mulai dari adanya kamar mandi, orang berjualan snack dan minuman, lokasi parkir, dan tempat berteduh. Hanya saja jumlah fasilitasnya masih sedikit dan lokasi parkir masih seadanya. 


Pasir di pantai watu lawang ini cukup lembut dan terdapat semacam pondok atau gubuk kecil di bukit yang berbatasan dengan pantai pok tunggal yang disewakan oleh penduduk yang mengelola gubuk-gubuk tersebut. Dari gubuk-gubuk tersebut pemandangan terasa lebih luas dan ada satu gubuk buatan yang cukup menarik dan menjadi salah satu daya tarik di pantai ini. Aku berada di pantai ini sampai jam empat sore kemudian kembali lagi ke pantai pok tunggal.  

You Might Also Like

0 comments