Pertanyaan Tentang Tuhan

Wednesday, October 15, 2014

Sebuah percakapan di sore hari antara ayah dan anak yang sedang belajar agama.
Anak : Pah, kalau misalnya ada yang nanya Allah Swt. itu ada atau gak, jawabnya gimana?
Ayah : Ya ada donk. Itu lah kenapa ada yang disebut iman. Coba dipikir lagi maknanya & rasakan.
Anak : Ok. Terus cara buktiin nya gimana?
Ayah : Gampang, gak usah jauh-jauh. Coba aja bernapas, udara yang kamu dapat anugerah dari mana? kalo kamu belajar kelak belajar IPA lebih focus, prosesnya panjang lho, dan ujung-ujungnya pasti tentang Tuhan yaitu Allah Swt.

Anak : Trus?
Ayah : Terus coba liat ke langit saat siang maupun malam. Kalo nanti kamu punya teropong bintang liat aja ke angkasa. Gak mungkin kan seluas itu yang bikin manusia. Alien pun kalau memang ada gak bisa bikin sekeren itu. Pasti dari Sang Pencipta semua hal itu bermula yaitu Allah Swt.

Anak : Apalagi?
Ayah : Coba liat pemandangan ketika matahari terbit dan terbenam, tanpa ijin Allah Swt. hal itu tidak akan terjadi. Apalagi pas lagi cuaca bagus, pemandangannya indah kan? Kalau kamu merantau nanti dan punya kesempatan melihat berbagai tempat di dunia, kamu bakal liat kalau dunia ini luas dan lengkap dengan berbagai jenis kehidupannya dalam penuh keragaman. Makanya belajar yang rajin & merantaulah dan kamu akan lebih bersyukur nantinya.

Anak : Iya ya.. hmmm...
Ayah : Kamu pernah gak berdoa dan tawakal dengan sungguh meminta sesuatu kepada Allah dan kemudian terkabul dengan cara yang unik? Padahal kamu sendiri tau kalau kamu sendiri gak yakin atau mungkin tak bisa terwujud

Anak : Iya pernah.
Ayah : Nah, kamu bisa merasakannya dalam hati dan pikiranmu. Nah, kalau coba kamu memohon sesuatu dengan sungguh-sungguh dan juga berusaha sebaik mungkin, Insyaallah akan terkabul meski kadang dengan cara yang tidak bisa kamu bayangkan.

Kamu dan kakak-kakakmu pun lahir ke dunia ini, disini, di keluarga ini karena ijin Allah Swt. bersyukurlah dengan saling menjaga keharmonisan keluarga dan jangan membuat kami sebagai orang tua kecewa.

Lalu, suatu saat nanti kamu akan merasakan bahwa beriman & bertaqwa kepada Allah Swt. itu bukan cuma soal kewajiban, tapi juga lebih kepada kebutuhan pokok.

Dan kalau masih ragu tentang bukti bahwa Allah Swt. itu ada, sampe minggu depan pun gak kan abis buat papa jelasin ke kamu karena buktinya sangat banyak. Inget aja rukun Islam dan rukun iman serta ingat pula iman dan taqwa. Kalimatnya sederhana, tapi makna nya tidak sesederhana itu. Seiring waktu kamu akan memahami nantinya. InsyaAllah  

Anak : Iya pah…


Remembering You Dad. Sukoharjo, Lampung, 2002.


You Might Also Like

0 comments