Candi Sukuh Karanganyar

Thursday, October 02, 2014

Candi Sukuh merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di wilayah kabupaten Karanganyar. Aku mengunjungi candi ini setelah mengunjungi candi Cetho. Candi ini lokasinya cukup tinggi meskipun posisinya tidak setinggi Candi Cetho. Candi ini lebih sederhana dan tidak seluas candi cetho. Namun terdapat kemiripan di arsitekturnya. Untuk menuju candi ini kita menempuh jalan yang sama menuju candi cetho dari arah Solo, namun nanti akan sampai di petunjuk jalan yang mengarah kalo ke kiri ke candi cetho dan kalo ke kanan ke candi sukuh. Kalo masih bingung bisa bertanya ke penduduk setempat mengenai arah ke candi sukuh.


Akses jalan ke candi sukuh tidak sesulit ke candi sukuh, hanya di tanjakan terakhir sebelum candi, kita akan melewati jalan dengan kemiringan yang lumayan dan cukup panjang sehingga harus sangat berhati-hati ketika berkendara. Sampai di area candi sudah terdapat berbagai fasilitas pendukung yang lumayanlah seperti pedagang dan toilet umum yang berada di luar pagar area candi. Tempat beli tiket masuknya juga ada di luar pagar area candi. Pemandangan dari candi ini cukup indah dan udaranya juga terbilang masih cukup sejuk. 


Bentuk candinya sebenernya tidak terlalu besar maupun istimewa. Namun yang unik dam kontroversial adalah arca atau patung yang ada di candi ini. Patungnya agak "seronok", hahaha... karena banyak patung yang menggambarkan bentuk kelamin manusia, terutama pria. Kalo sampai sana pasti bakal ngerti apa yang aku maksud. Tapi yang aku paling suka adalah ketika kita naik sampai ke puncak candi, karena pemandangan disana lumayan menyejukan mata dan terlihat kalo taman di area candi terlihat cukup terawat. 


Untuk naik ke puncak candi ini kita harus bergantian dan hati-hati ketika melangkah karena tangganya lumayan sempit. Aku gak terlalu lama berada di candi ini. Hanya sekitar satu jam aku berkeliling candi ini dan sekalian beristirahat karena ternyata mengunjungi candi cetho dan candi sukuh cukup melelahkan kaki namun cukup menyenangkan karena udara dan pemandangannya yang menyejukan.


You Might Also Like

0 comments