Back To Gembira Loka Zoo Jogjakarta

Tuesday, October 07, 2014

Hari itu sebenernya gak ada rencana mau main sampai Gembira Loka. Tadinya aku cuma lagi suntuk karena waktu idul adha suasana di Solo lebih sepi dari pada hari biasa meskipun itu weekend. Akhir nya aku memacu tunggangan ku ke area kitaran Prambanan. Awalnya survey lokasi dan spot sekitaran kompleks candi ratu boko, sekitaran sumberwatu resort, candi ijo, dan kitaran prambanan karena ada acara yang sedang ku persiapkan meski akhirnya acara tersebut sepertinya gagal. Panas matahari lumayan menyengat dan bikin belang kaki karena aku pakai sandal. Lalu dari Prambanan, lewat jalan menembus kelurahan kitaran Kalasan lalu akhirnya aku berhenti di pom bensin di jalan utama Solo-Jogja untuk istirahat dan solat.


Abis solat sambil istirahat iseng buka twitter, gak sengaja liat timeline GLZooJogja kemudian aku putuskan untuk berkunjung kesana. Sekitar jam 13.30 aku sampai Gembira Loka. Sempet berhenti beberapa saat mampir di minimarket dan bantuin bule yang nyasar mau ke Prambanan dari Jogja. Akhirnya aku masuk ke area parkir dan memarkirkan si blecky di area parkir yang dijaga para petugas parkir yang ramah. Lalu aku berjalan menuju loket dan  membeli tiket perorangan dengan harga Rp 25.000/orang karena itu waktu weekend. Kalau hari biasa kayaknya tiketnya Rp 20.000/orang. Gak ada antrian karena sepertinya memang lagi sepi tau memang kayak gitu aku juga kurang tau. Waktu masuk ke dalam ada tulisan loket khusus rombongan sepertinya, meskipun gak tau masih fungsi atau gak. Di seluruh area ini sangat dilarang keras untuk merokok. Ingat ya gak boleh ngerokok.


Aku pun mulai berjalan kaki sendirian dan kadang sengaja nimbrung bareng rombongan-rombongan kecil biar gak kerasa kalo sendirian. Meskipun cuaca terasa cukup terik, namun pohon yang tinggi dan cukup rimbun membuat terasa sedikit lebih nyaman. Awal masuk gak ada something special dan cenderung boring, karena hanya keliatan taman, pepohonan, ruang diorama, dan area bermain ATV. Namun ketika mulai menyebrangi sungai yang melintas di kebun binatang legendaris Jogja ini, pemandangan terasa lebih fresh. Ada danau kecil dengan area rekreasinya, tempat untuk duduk-duduk, dan udara yang terasa lebih segar. Ada restoran di tengah kolam besar tersebut, dan bisa bermain speed bot di kolam tersebut dengan kecepatan lumayan tinggi. Melihat area ini kemudian langsung mengingatkan kalau aku pernah datang ke tempat ini 20 tahun yang lalu bersama keluargaku dari Lampung. Meskipun aku pernah 3 tahun tinggal di Jogja, tapi belum pernah masuk ke dalam kebun binatang ini dalam periode waktu itu. Paling mentok cuma sampe depan GLZ. Dan tentu saja tempat ini sekarang jauh lebih baik dan nyaman dari pada 20 tahun yang lalu dalam ingatanku.


Awalnya kita akan disuguhi hewan-hewan primata, mamalia, reptil besar, kura-kura, dan hewan-hewan lain dengan kandang terbuka dengan tepian sungai kecil di dalamnya untuk menjaga jarak dengan pagar dan pengunjung agar tidak saling mengganggu. Lalu memasuki area reptil baik itu yang berbisa, berbiasa, maupun berimporia buatan luar sana dalam kandang-kandang khusus dari kaca dan cukup aman. Kemudian memasuki area burung-burung baik yang umum bisa kita temukan di perkebunan atau hutan maupun yang langka. Aku paling suka di area ini, apalagi di bagian doom yang terlihat burung-burung beterbangan dalam kandang yang luas dan air terjun kecil buatan. Di area burung-burung ini banyak spot yang bagus untuk berfoto bersama keluarga, sendirian, maupun berfoto dengan burung-burung.


Area Gembira Loka Zoo ini memang cukup luas, kalau jalan kaki ya bikin kaki lumayan pegel. Ada kendaraan keliling yang bisa dinaiki jika capek jalan kaki dengan beberapa pemberhentian atau halte-halte kecil gitu. Hampir semua areanya sudah tercoverage fasilitas wifi, jadi kalau mau update status dari ponsel atau kamera berwifi lebih gampang. Karena dibeberapa lokasi, sinyal beberapa operator selulernya cukup buruk untuk akses internet. Ada area untuk solat, WC umum, dan beberapa spot untuk cuci tangan. Kamera pengawas atau CCTV juga terpasang diberbagai sudut area kebun binatang ini. Ya semoga gak mati tuh CCTV. Tempat membeli jajanan dan souvenir juga terdapat di luar dan di dalam area Gembira Loka Zoo.


Aku lumayan banyak ambil foto disini terutama di bagian reptile dan burung. Dan ternyata untuk mengenalkan lebih luas mengenai GLZ Jogja, managementnya mengadakan berbagai macam acara salah satunya semacam lomba foto di instagram mengenai hewan-hewan di Gembira Loka Zoo. Lebih jelasnya bisa dicek di akun resmi GLZ Jogja di instagram maupun twitter. Siapapun bisa ikut serta. Yang jelas kebun binatang ini memang cocok untuk rekreasi keluarga dan untuk anak-anak sekolah. Ya meskipun ada juga para pasangan kekasih yang kemari.

Aku kemudian pulang ke Solo sekitar pukul 16.00 dengan kaki yang terasa cukup lelah, namun cukup puas setelah kembali lagi ke tempat ini sejak terakhir 20 tahun yang lalu, waktu abis lulus TK. Sebenernya disatu sisi kita bisa merasa terhibur melihat hewan-hewan di kebun binatang tersebut. Kita pun bisa mengenalkan kepada generasi penerus tentang hewan-hewan yang hidup di dunia ini, dan bisa mempelajari mereka dan bagaimana cara melestarikan hewan-hewan tersebut. Tapi disisi lain kita juga terkadang melihat ekspresi hewan-hewan yang seperti merasa terkekang dan tidak bebas dan sepertinya kita sebagai manusia yang mengeksploitasi mereka. Ya kembali ke kita melihat ini dari sudut pandang mana. Ya, semoga kalau kesini lagi, aku ada yang nemenin :) 

You Might Also Like

0 comments