Cara Setting Internet XL di Modem

Friday, February 28, 2014


Paket internet XL yang tersedia saat ini cukup beragam. Namun memilih yang sesuai dengan kebutuhan butuh kejelian tersendiri. Untuk beberapa bulan terakhir, aku lebih suka menggunakan paket internet perdana XL 11 Gb meski yang real untuk 24 jam cuma 1 Gb, sisanya cuma bisa dipake jam 12 malem sampe 12 siang. Lumayan cocok buatku yang suka download pada waktu weekend. Tapi dari pengalaman pake beberapa operator, rata-rata paket kuota memang memiliki kecepatan download & upload dan stabil dari pada paket unlimited, yang pada kuota tertentu, kecepatannya akan turun drastis. At least lebih fair karena kuota abis ya udah gak bisa di pake lagi. Dan biasanya aku gonta-ganti dengan chip operator lain di modem yang kugunakan, karena kebutuhan berinternetku memang cukup tinggi per bulannya karena tarif regular internet XL bisa dibilang relatif mahal.

Untuk perangkat smartphone utama yang aku pakai, aku pun pakai XL yang kuota 1,5 Gb perbulan. Karena di daerah tempat ku biasa ngider sinyal 3G atau HSDPA nya cukup stabil. Lagi pula paling abisnya gak pernah sampai 1,5 Gb per bulan. Untuk informasi tentang tarif paket internet XL terbaru bisa mengakses website resmi XL dan kemudian memilih paket yang sesuai. Setelah memilih paket internet XL untuk penggunaan di PC atau laptop, lalu setting internetnya di modem jika Anda baru pertama kali menggunakan paket internet XL. Berikut cara setting internet XL pada modem yang Anda gunakan.

1.Pastikan USB modem anda sudah terpasang di PC atau laptop dengen benar dan sudah terpasang kartu chip XL yang sesuai dengan paketan yang diinginkan.
2.Lalu  menginstal atau menjalankan software modem bawaan yang digunakan, seperti misalnya Mobile Partner. Jika modem yang digunakan belum compatible dengan OS PC yang digunakan atau harus menggunakan driver atau software bawaan terbaru, bisa mencari updateannya dengan bantuan searh engine favorit Anda. Jika sudah ada, langsung saja buat profil baru.
3.Jika sudah terinstal jalankan software modem tersebut.Lalu buat profile baru di modem anda untuk kartu XL
4.Kemudian pada menu bar bagian atas dijendela aplikasi modem tersebut pilih Tools >> Option >> Profile Management dan masukkan data settingan. Yaitu :

Profile Name: XL

APN: xlunlimited

Access Number: *99#

User Name: (Kosongkan)

Password: (Kosongkan)

Save atau simpan. Klik connect untuk mencoba menghubungkan PC dengan koneksi internet. 




Pastikan koneksi XL di lokasi Anda menggunakan modem memiliki kualitas yang baik dan stabil. Jika sinyal yang di dapat hanya GPRS atau EDGE, dari pengalaman sih mending gak usah pake. Kecuali Anda memiliki kesabaran tingkat tinggi untuk menunggu loading membuka browser Anda. Sebaiknya kita setting mode 3G atau WCDMA pada modem yang digunakan namun dengan catatan tanda 3G , HSDPA, WCDMA atau semacamnya telah ada di tempat anda serta kartu yang anda pakai memiliki dukungan jaringan 3G atau diatasnya. Jika Anda suka mendownload file-file besar, aktifkan sistem PING otomatis selama koneksi internet berjalan sebagai bentuk siaga atas koneksi internet yang tiba-tiba putus. Meski tidak menjamin tidak akan terjadi koneksi internet yang terputus, setidaknya kita sudah berusaha. Karena biasanya pada jam prime time pemakaian internet, kadang tiba-tiba putus. Selamat mencoba. 

You Might Also Like

0 comments