Wisata Jatim Park 1

Monday, November 11, 2013

Sabtu siang itu kami sampai di area Jatim Park 1 sekitar pukul 11.30 waktu setempat. Setelah cukup lelah berekreasi di kawasan Bromo, rata-rata anggota rombongan kami tidur selama perjalanan dari Bromo ke Malang. Aku pun demikian. Sampai sana cuaca mendung dan gerimis kecil tapi untungnya tidak berlangsung lama. Kemudian kami menunggu untuk membeli tiket untuk rombongan oleh kordinator acara. Lalu kami masing-masing mendapat gelang dari kertas yang kualitasnya cukup bagus yang tidak rusak meski terkena air. Yang penting jangan dilepas aja selama di dalam kawasan Jatim Park agar bisa menikmati wahana-wahana rekreasi yang tersedia. Tidak semua wahana rekreasi bisa kita manfaatkan dengan gratis dengan menunjukkan gelang tersebut. Ada juga wahana yang mengharuskan kita membayar biaya tambahan.


Awal masuk ke area Jatim Park, kita akan disuguhi berbagai hal yang berbau karakteristik budaya Indonesia. Baik itu replika beberapa baju adat, rumah adat, senjata adat, dan beberapa identitas budaya dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Kemudian kita akan masuk ke area-area yang berbau ilmu pengetahuan umum dan science. Area ini sangat cocok untuk anak-anak usia SD dan SMP yang berwisata kesini. Berbagai diorama maupun alat peraga yang berbau science ditunjukkan di area awal dari Jatim Park ini. Area ini lumayan luas dan berkelok, banyak hal menarik yang bisa membuat kita belajar kembali tentang pelajaran di sekolah tentang pengehuan sains secara umum. 

Yang paling saya sukai dari tempat ini adalah bagaimana usaha pengelola berusaha memberikan kenyamanan untuk pengunjungnya. Meskipun masih perlu banyak perbaikan tapi sudah cukup lumayanlah untuk ukuran sebuah tempat wisata. Misalnya adanya petugas toilet yang selalu berusaha menjaga kebersihan toilet dan fasilitas yang ada. Meski ya masih kurang bersih si, tapi dah lumayan daripada toilet di kapal ferry hehehe. Dan hampir di setiap wahana, ada area toilet umum yang bisa digunakan. Ini akan sangat berguna ketika kondisi darurat militer perut para pengunjungnya, apalagi jika pengunjungnya adalah anak-anak TK atau SD yang masih kecil.


Kemudian penempatan CCTV di setiap area wahana di berbagai sudut yang sepertinya beroperasi untuk mengawasi area masing-masing area wahana yang ada, karena terlihat dari lampu nya yang menyala (semoga bukan kamuflase), meskipun ada juga yang mati hehehe. Kemudian adanya petugas yang berjaga di setiap area wahana yang bisa ditanyai ketika kita masuk tanpa membawa tour guide dan menjaga agar pengunjung tetap aman dan nyaman di dalam area wisata. Area science ini cukup luas dan rute-nya memang dibuat agar pengunjung melewati semua area tersebut. Seteleh area tersebut, pengunjung akan memasuki area yang banyak tempat makan, dan wahana bermain yang cukup beragam dengan harga yang masih relatif masuk akal untuk sebuah tempat wisata.

Arena bermainnya cukup banyak, Ada bumper car, dragon coaster, flying tornado, dan berbagai wahana bermain yang cukup banyak pilihan. Ada yang gratis sudah termasuk tiket masuk, ada yang harus bayar lagi. Ada pula kolam renang dan waterboom. Bagi yang tidak membawa pakaian renang, disini pun terdapat penyewaan pakaian renang. Untuk tempat bilas nya pun cukup bersih dan luas. Setelah area ini pengunjung juga bisa menikmati wahana akuarium dengan berbagai ikan koleksinya yang dikemas dengan cukup unik. Setelah itu, terdapat area untuk membeli oleh-oleh khas malang maupun berbagai jenis merchandise. Untuk oleh-oleh makanan, di area yang dekat pintu keluar akan lebih murah dibandingkan area oleh-oleh di awal-awal. Sehingga akan lebih menghemat jika berbelanja disini, dan jangan lupa untuk menawar harga. Hehehe. Kami keluar dari Jatim Park sekitar pukul 17.00, karena hari itu memang tutup jam segitu. Lumayan lah untuk melepas lelah setelah dari area Bromo. Kemudian rombongan bus kami melanjutkan perjalanan pulang ke Solo. Cukup menyenangkan, semoga aku bisa dapat berkesempatan lagi untuk berwisata ke kota Malang dan sekitarnya.


You Might Also Like

0 comments