Printer Laser Terkecil di Indonesia

Wednesday, August 08, 2012

Makin tingginya kebutuhan printer yang mampu mencetak dengan cepat dan hasil cetakan yang maksimal membuat para vendor printer berlomba-lomba untuk mengembangkan produk printernya sebaik mungkin. Terutama untuk printer laser. Jumlah penggunaan printer laser di Indonesia yang semakin tinggi di kalangan rumahan dan kantoran membuat para produsen printer laser ini melakukan inovasi-inovasi khususnya untuk membuat printer laser yang kecil, compact, dan praktis. Karena selama ini di benak masyarakat kita printer laser merupakan printer yang berukuran cukup besar dan mahal. Namun hal tersebut terbantahkan oleh produsen-produsen printer laser yang mengeluarkan produk-produk printer laser berukuran kecil, compact dan praktis. Printer-printer laser tersebut hampir sama ukurannya dengan printer laser inkjet yang banyak dipakai konsumen rumahan. Apalagi kini printer laser semakin mudah perawatannya dan cenderung lebih tahan lama. Meskipun dikatakan printer laser terkecil, ukurannya masih tidak sekecil yang bisa kita bayangkan. Namun bisa dikatakan printer-printer laser berikut merupakan printer laser terkecil di kelasnya yang beredar di Indonesia. 

1. Fuji Xerox P205b ( Reviewnya )













2. HP LJ P1100 ( Reviewnya )















3. Canon LBP 6000 ( Reviewnya )















4. Brother HL 2140 ( Reviewnya )














5. Samsung ML 2166W ( Reviewnya )
6. Epson Aculaser M1400 ( Reviewnya )


















Printer-printer laser berukuran kecil ini ditujukan untuk para konsumen yang membutuhkan printer laser rumahan, maupun printer laser kantoran yang mudah di bawa bepergian, printer laser yang tidak memakan ruang dan tempat, maupun printer laser dengan harga yang relative lebih terjangkau berbagai kalangan konsumen. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak instansi atau perusahaan yang membutuhkan printer laser yang praktis dan mudah dibawa. Misalnya beberapa insititusi pusat pemerintah sering melakukan sosialisasi kebijakan pemerintah atau musyawarah kerja nasional kepada perwakilan-perwakilan daerah melalui pertemuan besar. Dengan banyaknya peserta yang mencapai ratusan bahkan mungkin ribuan, sangat tidak memungkinan jika materi dibawa langsung dari kantor pusat, belum lagi jika keputusan rapat atau musyawarah kerja nasional tersebut dibuat perlu dibuat dalam bentuk dokumen agar bisa dibaca oleh para peserta. Maka membawa sendiri printer laser yang kecil dan mudah dibawa menjadi pilihan yang terbaik  dan efisien untuk mencetak dokumen tersebut.

Printer dan kertas dapat dibawa sendiri dari kantor dan membawa satu cartridge laser cadangan untuk jaga-jaga. Dengan menggunakan cartridge baru dan melakukan pergantian cartridge printer laser secara berkala kualitas cetak printer akan tetap terjaga dan printer menjadi lebih awet. Dengan cartridge printer laser siap pakai, tidak perlu lagi repot-repot melakukan refill dan mengotori tangan, printer, maupun meja kerja Anda. Meskipun kemungkinan besar penggantian cartridge laser tidak diperlukan. Karena kemampuan printer laser yang mampu mencetak dengan cepat dan mampu mencetak ribuan halaman dalam satu hari.

Tidak seperti printer inkjet yang memiliki batasan cetak perhari yang tidak terlalu banyak dan cenderung lebih lambat. Hal-hal tersebut dilakukan karena terkadang tempat pelaksanaan kegiatan tersebut biasanya dilakukan di hotel atau balai pertemuan besar yang tidak memiliki fasilitas printing yang cepat. Meskipun ada biasanya mereka akan memberlakukan charge yang cukup mahal untuk setiap lembarnya. Printer yang kecil dan tidak terlalu berat juga membuat si pembawa printer tidak kerepotan dan jika menggunakan perjalanan menggunakan pesawat terbang, maka biaya bagasinya akan bisa ditekan. Oleh karena itu pemilihan printer laser yang kecil dan compact dengan kemampuan maksimal untuk kebutuhan tersebut menjadi pilihan yang tepat.

Tidak sedikit instansi yang melakukan kegiatan tersebut. Bahkan perusahaan besar swasta yang memiliki cabang di berbagai wilayah pasti melakukan pertemuan besar yang diwakili tiap-tiap daerah. Dari sini terlihat bagaimana printer laser dengan ukuran-ukuran terkecil menjadi semakin banyak digunakan oleh pihak-pihak kantoran. Tidak hanya itu, para pengguna printer rumahan maupun UKM yang ingin menggunakan kemampuan printer laser pun dapat mencoba untuk membeli printer laser kecil yang tidak memakan tempat dengan harga yang semakin relative terjangkau. Namun itu semua kembali ke bagaimana sebarapa besar kebutuhan cetak para user rumahan dan UKM serta besarnya budget yang dimiliki untuk memilih printer laser terkecil dari berbagai merek yang beredar di Indonesia. 


Tulisanku untuk Orimax Indonesia

You Might Also Like

2 comments

  1. boleh tau harga dari masing-masing printer, dari nomor 1-6 ngak gan?

    ReplyDelete
  2. Bisa di baca di masing-masing reviewnya di link yang tersedia... namun memang bukan harga akurat... karena beda toko bisa beda harga ...

    ReplyDelete