Aplikasi Wajib Pengguna Ponsel Android

Saturday, August 25, 2012


Android kini semakin akrab di telinga kita. Sebuah operational system untuk smart phone yang semakin banyak di terapkan pada ponsel-ponsel yang beredar di Indonesia. Sistem operasional ini kini semakin menggeser keberadaan sistem operasional yang sudah ada sebelumnya seperti symbian, blackberry, windows mobile, dan lainnya. Meskipun berbagai macam sistem operasi tersebut masih memiliki pengguna setianya, namun sistem Android keluaran google ini lambat laun mulai menggerus keberadaan sistem operasional yang lain, meskipun di beberapa negara OS Blackberry dari RIM & OS Mac pada I Phone dari Apple masih tetap populer di kalangan pengguna smart phone. Kemudahan akses dan banyaknya aplikasi gratis yang ada di sebuah smart phone dengan sistem operasi android menjadi daya tarik utama. 
Sepertinya masih cukup banyak para pengguna smartphone di Indonesia yang masih ragu atau merasa takut untuk beralih atau mulai menggunakan perangkat android ini. Apa lagi ketika mendengar kata rooting atau segala macam istilah utak-atik yang bisa dilakukan di ponsel yang ditanamkan sistem operasional Android. Sebenarnya user Android tak perlu terlalu memikirkan hal tersebut. Karena secara basic atau secara standar, sebuah ponsel berbasis Android sudah cukup powerfull & usefull. Banyak sekali pilihan aplikasi gratis yang bisa kita download langsung dari Google Play Store dengan kondisi ponsel Android standar tanpa perlu memikirkan rooting, tak perlu memikirkan berlangganan paket social, chat, atau full service, & tak perlu cabut batre setelah mengaktifkan paket. Yang dibutuhkan, cukup berlangganan internet harian, mingguan, bulanan, atau unlimited yang banyak disediakan oleh operator-operator telekomunikasi yang ada di Indonesia sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian pilih aplikasi yang Anda butuhkan secara gratis, meskipun juga ada yang berbayar. Semua kembali kepada kebutuhan Anda.

Jika Anda pengguna Android, ada beberapa aplikasi Android yang saya rasa sebaiknya dimiliki oleh para pengguna aktif ponsel dengan OS Android, tanpa perlu pusing memikirkan rooting & segala macamnya. Aplikasi tersebut antara lain :

Gmail
Biasanya aplikasi ini sudah ada ketika Anda membeli ponsel Android. Karena untuk mendownload aplikasi Android dari Google Play Store, Anda wajib memiliki akun Gmail sebagai identitas dan kemudahan download serta update. Jika Anda telah memiliki akun email dengan Gmail akan lebih mudah & dapat menikmati push email yang usefull sehingga Anda dapat mengirim & menerima email langsung dari ponsel Android Anda.

Yahoo
Aplikasi Yahoo yang saya maksud adalah yahoo mail & yahoo messenger (YM). Dengan demikian Anda dapat mengirim & menerima pesan secara langsung email dari akun Yahoo yang digunakan dari ponsel Android. Kita pun dapat chatting secara langsung lewat YM, berbagi gambar atau video call by YM jika ponsel android Anda memiliki perangkat video call. Pesan pun lebih cepat & mudah diterima & jika terjadi pending tidak akan terlalu lama.

WhatsApp
Aplikasi chating atau messenger ini wajib Anda miliki. Aplikasi ini dapat digunakan hampir disemua sistem operational smartphone baik itu Android, Blackberry, Symbian, maupun Windows. Aplikasi chatting ini prinsipnya hampir sama dengan yahoo messenger, namun menggunakan no ponsel sebagai identitas penggunanya. Anda cukup mensinkronasikan WhatsApp dengan no ponsel yang ada di phonebook Anda maka WhatsApp akan mendeteksi no ponsel yang memiliki atau menggunakan aplikasi Whatsup. Anda dapat berkirim pesan, gambar, video, dokumen lewat whatsapp dengan lebih mudah.

Opera Mini
Meskipun Android sudah memiliki browser bawaan, tidak ada salahnya Anda memasang browser dari Opera ini. Karena proses browsing akan terasa sedikit lebih cepat dari browser bawaan dan tampilan pun lebih baik. Banyak fitur juga yang bisa gunakan layaknya browsing di PC atau laptop dengan Opera Browser.

Dolphin Browser
Browser ini mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Tidak ada salahnya di download & diinstal di ponsel Android Anda jika merasa bosan dengan browser bawaan Anda atau Opera Mini sedang mengalami gangguan. Lebih terasa saling melengkapi dengan browser yang sudah ada.

Scan App
Aplikasi scan barcode seperti pada ponsel Blackberry ini wajib Anda miliki. Bisa scan dan mendeteksi barcode yang berisi artikel, data, maupun dokumen. Bahkan dapat mengidentifikasi angka barcode pada kemasan produk-produk yang biasa kita lihat di swalayan atau pasar.

Instagram
Aplikasi berbagi gambar & editing foto ini wajib Anda miliki di ponsel Android Anda. Aplikasi yang belum lama di akuisisi oleh Facebook ini mempermudah para pengguna smartphone untuk mengambil gambar/foto, mengedit gambar, & mengupload gambar secara langsung dari ponsel Android. Bahkan bisa disinkronkan dengan akun facebook & twitter yang dimiliki. Sehingga mempermudah Anda membagi foto-foto yang Anda ambil dengan kamera ponsel ke teman-teman Anda di internet.

Pixlr O Matic
Aplikasi editing foto & berbagi gambar ini hampir mirip fungsinya dengan Instagram. Namun memiliki fitur editing yang jauh lebih lengkap dibandingkan Instagram. Bahkan jika kamera ponsel Android Anda tidak terlalu bagus, dengan editing yang tepat dapat membuat foto yang Anda ambil terlihat lebih bagus & menarik. Anda pun dapat menshare foto yang telah Anda edit ke Picasa, Gplus, Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, LinkedIn, My Space, dll.

Adobe Flash Player
Jika Anda cukup sering membuka streaming video atau rajin browsing di internet di berbagai macam website, adobe flash player wajib dipasang di ponsel Android Anda agar video streming dapat berjalan lancar dan flash video pun dapat anda mainkan di browser dengan mudah.

You Tube
Pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Dengan aplikasi youtube ini Anda dapat langsung menonton video streaming you tube langsung di ponsel Android Anda. Dan dengan beberapa plugin nya bisa mendownload langsung video youtube melalui ponsel Android yang digunakan.

Mobo Video Player Pro
Video Player yang satu ini cukup mudah digunakan dan membantu manajemen data video yang ada di ponsel Android Anda. Tidak terlalu memakan memori yang besar dan dapat digunakan untuk memainkan berbagai macam format video seperti mp4, flv, mkv, 3gp, avi, xvid, dll. Namun, jika spesifikasi ponsel Android Anda tidak terlalu tinggi akan terjadi lag atau video yang tersendat-sendat ketika Anda memutar salah satu video di ponsel Anda dengan resolusi yang cukup besar.

Twitter
Jika Anda memiliki akun Twitter, aplikasi ini wajib Anda miliki di ponsel Android Anda. Sehingga akses twitter Anda lebih mudah dan cepat.

Facebook
Aplikasi facebook ini tentu sudah tidak asing di Indonesia. Hampir semua netter di Indonesia memiliki akun facebook. Jadi sebaiknya para pengguna android wajib memasang aplikasi ini di ponselnya dan juga facebook messenger agar lebih mudah untuk chatting langsung melalui facebook dengan rekan-rekan Anda di akun facebook Anda.

Google Plus & Google Talk
Aplikasi social media besutan Google ini semakin berkembang setiap harinya. Banyak hal dengan Gplus ini dapat Anda lakukan seperti halnya menggunakan Facebook. Bahkan Anda dapat melakukan video streaming bersama-sama sampai 10 orang dengan aplikasi ini. Sedangkan dengan Google Talk, anda dapat melakukan chatting seperti halnya menggunakan Yahoo Messenger atau WhatsApp dengan menggunakan akun Google yang Anda miliki.  

Google Map
Aplikasi map dari Google ini akan sangat membantu Anda dalam perjalanan maupun mengenali daerah sekitar Anda. Bisa digunakan untuk menentukan posisi & keberadaan Anda, serta bermanfaat bagi sistem navigasi dalam perjalanan darat maupun membantu sistem GPS maupun aplikasi lain yang membutuhkan map maupun pemposisian pada ponsel Android Anda.

Foursquare
Aplikasi ini sebenernya dibuat untuk mengenali dan mendata lokasi-lokasi yang pernah dikunjungi para penggunanya. Sehingga nantinya akan tercipta sebuah informasi data base lokasi dari setiap check in yang dilakukan para pengguna foursquare tentang berbagai informasi mengenai posisi maupun alamat lokasi yang pernah dikunjungi para penggunanya, seperti restoran, rest area, tempat wisata, hotel, bank, pom bensin, bengkel, dan lain-lain. Sehingga ketika para pengguna foursquare sedang berada di tempat yang asing, ia dapat mengetahui tempat-tempat sekitarnya yang ingin dicapai dan lokasi-lokasi tertentu yang berada di sekitar pengguna. Terdapat sistem poin dengan kategori tertentu bagi para pengguna foursquare yang melakukan check in di suatu lokasi. Aplikasi membutuhkan dukungan Google Map untuk area pemetaan & check in place.

Kingsoft Office & Document To Go
Aplikasi ini ibaratnya sebuah aplikasi Ms.office pada windows. Anda dapat melihat dokumen office, excel, maupun power point dengan aplikasi ini, dan juga mengeditnya. Dengan versi full version Document To Go, Anda dapat menggunakan untuk membuat document office doc dan file presentasi ppt. 

Adobe Acrobat/PDF Reader
Dapat digunakan untuk membaca dokumen dengan format pdf. Dokumen dengan format pdf lebih mudah dibaca di ponsel & memudahkan dalam mengirim file dengan ukuran yang terkonversi. 

Linkedin
Aplikasi social media untuk kalangan profesional ini semakin banyak penggunanya di Indonesia. Para profesional dunia kerja mulai banyak menggunakan aplikasi ini untuk saling berhubungan secara profesional dengan para profesional yang lain. Tidak sedikit pula transaksi perusahaan maupun negoisasi bisnis di mulai berkenalan dari linkedin. Namun aplikasi ini sebenarnya digunakan sebagai sebuah media pencitraan diri secara profesional & juga sumber informasi para pencari kerja karena banyak profesional HRD yang memasang lowongan kerja di linkedin. Sehingga para pencari kerja bisa mengirim langsung CV nya maupun berinteraksi langsung dengan para penyedia kerja melalui message yang tersedia, call langsung, twitter, email, maupun contact person lain yang dicantumkan di profil linkedin masing-masing para profesional ini. 

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat Anda unduh secara gratis dari Google Play Store memalui ponsel Android Anda tanpa perlu me-rooting ponsel Android Anda. Banyak sekali pilihan aplikasi & game di Google Play Store yang dapat Anda unduh dan gunakan. Meskipun ada pula yang berbayar untuk mendapat versi full version nya, meski tidak terlalu mahal. Namun masih banyak yang gratis dibandingkan yang berbayar. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut di atas saya rasa ponsel Android Anda sudah cukup powerfull & usefull. Tinggal memasang anti virus & maintenance utility untuk perawatannya. Yang perlu Anda bayarkan adalah pulsa ponsel Anda & paket internetnya. Untuk menghemat internet Anda, matikan push notification yang memang tidak terlalu diperlukan sehingga batere ponsel Android Anda lebih bertahan lama dan jika Anda menggunakan internet berquota maka akan semakin hemat. Semoga Bermanfaat.

Catatan :
Aplikasi-Aplikasi  tersebut dan berbagai aplikasi lain telah saya gunakan dengan ponsel Android ICS 4.0 tanpa rooting. Procesor 800 Mhz. RAM 512mb. Andreno 200. Tanpa ada lag yang mengganggu dari aplikasi-aplikasi tersebut. Saya belum lama menggunakan Android. Dengan berlangganan internet bulanan, aktif di social media & email, diaktifkan semua push email & notifikasi, browsing, download, & streaming seperlunya, belum pernah menghabiskan kuota lebih dari 1 Gb perbulan. 

You Might Also Like

0 comments