Ngeblog

Wednesday, June 09, 2010

Ayo ke Bank, eh Ayo Ngeblog ...

Tiba-tiba pengen nulis tentang ini karena kemaren ada yang nanya ke aku , kenapa si kamu buat blog dan gunanya buat apa… sepupuku yang nanya gt. Nah tiba-tiba aku jadi nginget-nginget apa alasanku bikin blog, bahkan sebuah blog pribadi. Alasanku bikin blog ini, mungkin awalnya ialah rasa penasaran dan keisengan dalam dunia internet. Pengen tau aja rasanya, lagi pula dampaknya juga ga jelek-jelek amat, bahkan sisi positifnya malah lebih banyak ku dapat. Misalnya informasi tentang blog-blog yang aku ikuti atau tentang hal-hal baru yang ada di dunia maya. Setidaknya aku bisa share tentang ide-ide dan pendapatku mengenai sesuatu, yah apa pun itu.

Awalnya aku ga ngerti cara bikin blog, tapi aku mulai tertarik waktu aku liat blog punya kakak perempuan ku. Trus ada yang bilang klo ngeblog bisa menjadi salah satu referensi bagi perusahaan yang sedang mencari karyawan. Semacam salah satu bentuk show off lah…hehehe… akhirnya aku mulai deh buat blog. Aku belajar dari beberapa web yang memberikan tips mengenai cara membuat blog dan mengcustomizenya, meski masih amatiran. Namun ya sepertinya aku dah menemukan keasikan dari belajar bikin blog ini, tapi belum sampai tingkat ketagihan.

Posting-posting yang ku buat pun bisa dilihat sendiri, masih sekedar curhatan kecil, pengalamanku maupun pendapat-pendapat ku mengenai sesuatu, atau sebuah copian dari tugas-tugas mata kuliah jurusan komunikasi maupun mengenai politik, promosi, dan periklanan. Apapun yang kita rasakan bisa kita tuliskan dalam posting-posting di blog ini. Apa lagi aku yang sekarang, yang dah jarang maen ke luar. Cukup menjadi sebuah penyaluran diri yang positif. Aku jadi agak ngerti kenapa banyak orang terutama penulis, suka akan membaca dan menuliskan sesuatu. Ya mungkin seperti buat blog inilah atau mungkin bagi mereka lebih asik lagi.

Dari pengamatanku, kebanyakan orang bikin blog, adalah keisengan dan ajang untuk exist du dunia maya. Ada juga bikin blog yang isinya curhatan sensitif dan bersifat sangat pribadi tentang kehidupannya sehari-hari, biasanya blog-blog pribadi cewek si. Ada pula yang bikin blog untuk berbagi tentang ilmu pengetahuan yang mereka miliki kepada masyarakat luas. Ada pula yang tujuannya berdakwah, jika kita liat dari blog-blog tentang keagamaan. Ada pula yang bertujuan untuk menginformasikan atau menjadi referensi atas suatu barang maupun jasa. Seperti tempat makan, wisata, gadget maupun produk-produk automotif. 

Ada pula yang bikin blog untuk membantu hasrat orang-orang yang lagi “ngotak”, hehehe… ada jg blog-blog milik managemen artis Ada juga yang bikin blog yang tujuannya emang cari duit, yaitu melalui blog-blog yang dibuat sedemikian rupa dan suka dicari orang, supaya ada perusahaan atau instanti tertentu yang memasang iklan pada blognya. Ada juga blog yang berisi tentang penyampaian kebijakan perusahaan maupun berbau pemerintahan. Tapi tidak sedikit juga, blog-blog pribadi yang menjadi terkenal dan bahkan di buat versi buku dan filmnya, seperti blog kambing hitam milik R.A. Hampir semua bidang kehidupan ada di blog kayaknya. Meski ngeblog di Indonesia belum sepopuler di Amerika.

Tapi buat yang pengen ngeblog, jangan takut atau malu. Anggap aja sebuah pembelajaran hidup. Namun sebaiknya tetap memperhatikan koridor hukum negara dan aturan-aturan masyarakat agar tetap save dalam ngeblog dan menjalani kehidupan sehari-hari..

You Might Also Like

0 comments