Magang Itu….

Wednesday, January 20, 2010

The work stories

Magang sering dijadikan batu loncatan bagi seseorang tuk masuk ke dalam suatu perusahaan, apalagi jika itu seorang mahasiswa. Magang, kerja praktek, praktek kerja lapangan atau apalah itu istilahnya biasanya dipake generasi mahasiswa kita untuk tujuan tertentu. Sebagian besar dengan alasan menambah pengetahuan, pengalaman, mendapat data2 khusus, tuk penelitian, taw sekedar melengkapi nilai tugas kuliah. Dan tentu saja hal itu pun pernah ku lakukan sebagai seorang mahasiswa. Sebuah pengalaman yang gak akan pernah bisa aku lupain seumur hidup.

Pertama kali magang dulu, waktu semester 4 pas masih kuliah di UGM. Sebenernya belum bisa dianggep magang menurutku. Cuma yaaa memperhatikan orang kerja dikantor dan sedikit terlibat di dalamnya, maklum aja anak semester 4 di perusahaan itu kira2 bisa apa, ya mungkin itulah anggapan beberapa orang di luar sana…. Alasan ku magang waktu itu karena dosen salah satu mata kuliah wajib dari konsentrasi kuliah yg kuambil meminta agar para anak didiknya bisa melihat apa yang terjadi di perusahaan, terutama mengenai pemasaran dan cara berhubungan dengan klien. Senior pada bilang, wah itu dosen agak killer , nilainya juga pelit, itu dah terbukti diangkatan berapapun selama dia mengajar. Tapi justru itu yang bikin aku penasaran dan tertantang, tapi begitu kenal tu bapak ternyta ya emang agak ketat nilainya, tapi gak killer2 amat, aroma persaingan di kelasnya jadi lebih terasa asyik dan menarik.

Namun, begitu semester 4 mau berakhir aku agak ngerti kenapa tu dosen nyuruh kita magang dan cuma masuk kuliah sebulan sekali. Ternyata dia sedang sibuk penelitian tuk kuliah S2 nya, dan dia pengen ngurangi jam ngajarnya supaya bisa lebih konsen ke S2 nya itu. Wah ternyta, tapi gak apalah, jadi nambah pengalaman. Nah, waktu itu akhirnya aku magang di PH studio animasi 3D di Jogja di bagian marketingnya, itu pun dengan bantuan seorang teman yang berbaik hati mau menghubungi owner ph itu. Karena waktu itu aku dah kebingungan mau magang dimana,mungkin temen2 ku juga. Rata2 perusahaan dijogaja itu bilang kalo gak nerima magang/pkl, taw lagi penuh dengan anak magang jd harus ngantri. Padahal waktu yang dikasih dosen itu cm ampe akhir semester, berarti tengah juni, dan minimal magang 1 bulan. Dan ga mungkin keluar jogja, karena msh ada kuliah. Tapi syukur deh ada yang mau nerima aku.

Enaknya lagi tempat magangnya ga jauh dari kostku, ga nyampe 1km. Dan cm sekitar 2km dr kampus, jadi enak buat bolakbalik dari kantor tu ph ke kampus. Soalnya aku kan masih punya tanggungjawab kuliah yg lain. Jadi susah bgt sebenernya buat ngatur waktunya. Akhirnya aku bikin jadwal yg disepakati oleh atasanku di t4 magang. Kalo aku ke tempat magang, setelah pulang kuliah dari senin ampe jumat dan sabtu jika dibutuhkan, karena kebanyakan kuliahku dari pagi ampe tengah hari. Dan aku dikantor dari siang itu ampe sore taw malem terkadang. Bener2 semester yang melelahkan, belum lagi tugas2 mata kuliah lain yang banyak. Awalnya aku bener2 masih kaku dan bingung waktu magang disana, kerjaanku paling cm angkat telepon, bikin janji, nyatet hasil rapat,dll. Trus agak naik dikit ke tahapan pencarian ide buat proyek2 yang digarap dan mendalami perusahaan yang potensial tuk digarap jadi klien. Cari beritanya, cari issu yang hangat, dan cari contact perseon perusahaannya lewat Koran, internet, taw majalah yang tersedia di kantor.

Karena ini ph studio animasi, jadi proyeknya semua tentang animasi 3D, projectnya pun ga jauh2 dari film, komik, cerpen, dan semacemnya tuk campaign, iklan, taw project khusus dari perusahaan, RS, pemerintah, bahkan LSM. Trus kerjaanku naik lagi ke tahap datengin calon klien, nawarin projectnya, kirim CV perusahaan, dan posting berita di web perusahaan itu pun masih harus ditemenin/diawasi atasanku. Tapi sayangnya aku disini belum belajar software 3Dnya karena ga sempet dan agak “rikuh” karena aku dah ckp merepotkan di kantor itu. Hehehe…Aku magang di ph ini selama dua bulan dari Maret-April. Selain hal-hal diatas yang kudapet, dari magang ini juga aku bisa ngerti tentang perilaku orang2 di sebuah kantor kerja kreatif, karena bidangnya dan orang-orang yang unik, segala sesuatunya tidak terlalu resmi dan nyantai, ga seperti suasana kantor pemerintahan maupun perusahaan besar yang banyak aturan dan lebih resmi. Namun beberapa bulan yang lalu aku lewat kantor t4 magangku ini, sepertinya dah pindah… Terlihat sepi dan tidak terurus lagi. Aku si berharap belum gulung tikar.

Begitu akhir semester aku buat laporan ke dosen mata kuliah yang nyuruh aku magang dan mempresentasikannya. Meski waktu hari presentasi, aku telat bgt, gara2 ketiduran karena capek lembur tugas kuliah yang lain dan buat laporan itu. Bener semester yg paling menguras pikiran. Ketika semester berakhir, nilai pun keluar. Hasilnya sangat mengecewakan. Nilaiku lengkap bgt dari A,B,C, dan bahkan D. Sepertinya aku terlalu konsen ke dosen yang agak pelit nilainya, buktinya dosen yang pelit nilainya aku dpt A, tp temen2 banyak yg dapat C,D. Lha yg aku dpt C dan D, malah temen2 ku dpt B. Kecewa bgt, karena dah usaha keras tapi ternyata msh ada yang luput dari perhatian. Wah, bener2 kaget dengan nilai yg kudapet, karena baru pertama kali ada nilai D. Ternyata waktu dikonfirmasi, ada kesalahan teknis, soal pengumpulan tugas salah satu mata kuliah, tapi apa boleh buat aku harus ngulang semester depan. Tapi hasil ngulangnya tidak sia2, nilaiku pun berubah menjadi A….hore…..hehehe….

Lalu, di semester akhir, aku pun magang lagi di perusahaan tuk memenuhi syarat kelulusan dan menyusun tugas akhir. Kali ini magang di ibu kota Jakarta. Hohoho, ga nyangka bgt, tapi sangat disarankan karena akan membantu nilai tugas akhir dan pengalaman yang sangat menarik jika dibandingkan di kota lain. Karena Jakarta memiliki aroma persaingan bisnis yang kuat dan jumlah perusahaan yang banyak. Temen-temenku kebanyakan magang di biro2 iklan yang terkenal atau di beberapa perusahaan media massa. Tapi aku dapetnya di sebuah kantor kecil advertising agency di kitaran Sudirman Jakarta.

Kantornya tu di lantai 6 di salah satu gedung tertua di Sudirman. Dari luar keliatan ga keurus, tapi dalemnya masih lumayan. Ya seenggaknya AC nya masih jalan dan liftnya ga rusak. Yang menarik, hampir semua orang manajer di kantor t4 magangku berhubungan dengan Jogja, ntah itu istrinya orang jogja, pernah ngerantau di jogja, taw yg pernah kuliah di Jogja. Di daerah inilah pengalamanku fight di ibukota di mulai. Oya, aku tinggal di daerah cipete, Jakarta Selatan di t4 kakakku. Minggu pertama, aku langsung terlibat di event launching sepeda motor India di salah satu mall di Jakut yang punya hall music besar di lantai atas. Kebetulan juga waktu itu kakakku jadi promotion manager mall itu, jadi aku berangkat n pulangnya bisa bareng, karena aku masih awam soal Jakarta, sekrang juga masih hahaha.

Selama seminggu penuh, jam 9 pagi dah ada di mall itu dan pulangnya paling cepet jam 8 malem. Seminggu idup di mall ampe apal seluk beluknya. Terutama bagian lobby. Huhh… Aku mampir ke kantor t4 magang cm dua kali selama seminggu itu. Sisanya dihabiskan nongkrong di mall sambil jaga stan pameran dan persiapan launching. Begitu hari H launching aku ditugasin tuk ngordinir semua suvenir2 tuk tamu undangan, dokumentasi laporan, dan ngordinir SPG yang bertugas meski akhirnya diambil alih ma orang dari klien kita.

Apesnya, hari terakhir event, kakakku tiba2 pengen jenguk istri dan anaknya di purwokerto, dia langsung berangkat dr pulang kantor, akhirnya motor ditinggal, dan aku suruh bawa pulang sendiri. Mampus dah, lum apal lg jalannya. Untung motor, bukan mobil yang dtinggal. Gt aj aku nyasar, karena aku belum hapal jg jalannya. Biasanya dari mall di jakut itu ke cipete ditempuh selama sekitar 1 jam 20 menit. Karena aku nyasar dikit, dua jam lebih aku baru nyampe rumah, keujanan pula. Masih inget bgt, aku baru nyampe tu jam 22.45. Tapi ga papa, jd pengalaman nyasar di Jakarta.

Kemudian, tiap harinya aku masuk ke kantor seperti biasa. Paling gak, Jam 9 pagi aku dah harus di kantor. Ga enak ma dirutnya. Dirutnya aja jam 8.45 pasti dah nyampe kantor. Kadang aku naik bis jalur 615 ke blok M trus naik busway n turun di halte benhill, tp aku lebih suka naik bis 615 turun di blok M trus naik bis jalur 19 turun di benhill. Tapi kadang aku bawa motor sendiri ke kantor, taw kadang bareng ma kakakku kalo dia lgi berangkat pagi, karena jabatannya dah lumayan jadi dia ga perlu berangkat pagi2 kecuali ada meeting. Pulangnya pun aku naik mobil bis yang sama, biasanya abis magrib baru pulang taw abis Isya baru pulang, kadang juga jam9 malem baru bs pulang. Toh juga kadang nyampenya sama, karena kondisi macet. Tapi kadang kakakku mampir ke kantorku dan pulang bareng.

Keberadaanku di kantor ini bener2 dimanfaatin ma orang2 kantor kayaknya. Dulu dah ada ketakutan kalo aku bakal disuruh2 hal yang ga penting missal fotocopylah atau bikin kopi. KArena denger cerita2 kakak tingkat yang pulang magang. Tapi Ternyata aku dah dilibatin langsung ke perencanaan projectnya. Untung aja dah ada OB. Bosku menyebut posisi magangku disini sebagai junior creative planner, karena aku dibawah bimbingan langsung Creative Managernya. Kerjaanku waktu di kantor biasanya buat rencana pelaksanaan project terutama event. Seperti misalnya proposalnya, tema, ragam acara, pengisinya. Aku juga biasanya dimintai pendapat soal karakter perusahaan yang jadi klien, pesaingnya, dan pendapat2 pribadiku sebagai seseorang yang kuliah di bidang komunikasi terutama advertising dan marketing communication. Karena sebagian besar basic orang dikantor adalah dibidang keuangan, administrasi, marketing, dan visual. Aku sangat senang karena pendapatku dan ide2ku selalu di hargai disini. Terutama saat meeting. Tapi kadang keseringan meeting juga menyebalkan, apalagi lagi ada proyek gede, bisa meeting tiap hari, tiap abis ashar. Membosankan, apalagi kalo ada debat panjang antar manager…huft…

Aku magang sebenernya cuma 1 bulan rencananya. Tapi begitu bulan kedua, aku diminta stay lebih lama lagi oleh pihak kantor, aku pun diberi honor dan bonus. Akhirnya aku berada disana dari febuari ampe awal mei. Aku dianggap sebagai freelance disini. Tentunya kesempatan ini gak aku sia-siakan. Selama beberapa bulan itu aku telibat di beberapa project. Ada yang sukses ada juga yang kalah waktu pitching. Yang masih ku ingat bgt soal project event salah satu operator CDMA di ICS, yang berinisial “S”. Aku waktu itu bertugas tuk bikin ide-ide buat proposal eventnya terutama ragam acaranya. Dan juga materi tuk presentasinya, sayang waktu itu aku gak boleh ikutan pergi pithching. Pitchingnya juga kalah. Aku inget bgt ide ku yang waktu itu ditolak, setengah tahun kemudian ada operator seluler GSM yang ngadain acara mirip dengan ide yang aku kasih. Dan cukup sukses secara nasional. Tapi ga apa, mungkin ide mereka memang mirip dengan ideku yg waktu itu ku usulkan tuk event. Toh, itu beda operator dan dah berlalu.

Sebenernya di pitching itu, kantorku ga kalah2 bgt. Meski kalah di project utamanya tp kami dapet project yg lain. Yaitu event selama 3 minggu penuh. Nilai kontraknya pun lumayan besar. Dan lagi2 meeting mulu, hampir tiap hari. Job desk pun diberikan, aku dapet bagian yang lumayan penting, asisten project leader…yiay akhirnya bisa nyuruh2 orang. Itu ekspresi pertamaku. Event utamanya diadain di 3 lokasi yaitu salah satu mall di kelapa gading, di halaman gelora bung karno, dan salah satu mall di karawang. Eventnya cukup unik karena panggungnya pake mobil bis branding yang dibuat khusus. Kalo tiap senin ampe kamis, bis ini keliling Jakarta. Jumat Sabtu ada direct selling di kawasan perkantoran. Lumyanlah aku bisa keliling Jakarta gratis, tapi aku cm ikut kelilingnya dua kali, karena aku pun terlibat di project kantor yang lain.

Yang paling deg-deg an waktu presentasi depan petinggi2 salah satu instansi pemerintah, aku bergantian presentasi ma atasanku menjelaskn ide-ide yang kami ajuin buat project sosialisasi salah satu program pemerintah. Bner2 nervous, meski aku sering presentasi di kelas, tp ga pernah presentasi beneran gt dpn orang berpakaian resmi buat proyek milyaran rupiah. Tapi aku seneng bgt karena bs terlibat langsung. Aku juga kdang ikut ke lapangan buat membantu. Di kantor lebih sering disebut jalan sore, karena sambil jalan2 sambil survey. Kalo ga salah waktu itu aku ikut bantu survey ke beberapa mall dan hotel bintang 4 tuk liat ballroomnya buat event anniversary salah satu perusahaan yg jd klien tetap kantorku. Salah satunya survey hotel yg taun lalu di bom lagi. Aku bener2 ga nyangka kalo tu hotel di bom lagi. Tapi yang paling capek waktu nemenin managerku keliling glodok buat survey peralatan lengkap sound system dan band. Karena kantor pengen punya sendiri, jd ga perlu nyewa2 lagi. Dari siang hari ampe magrib baru nyampe kantor lagi. Tapi aku jadi tau yang namanya Glodok.

Yang paling berat waktu mau ninggalin kantor. Awal mei akhirnya aku pamitan tuk pulang ke jogja. Kalo gak gt, kapan kuliah ku bisa kelar. Tadinya aku disuruh trus freelance disana ampe akhir mei karena masih ada 2 project lagi yang akan dilaksanakan, salah satunya bahkan acara besar di Bogor dan Bandung. Tapi akhirnya aku pergi juga, abis dapt honor dan bonus, aku pamitan. Berat bgt, ga enak sebenernya, karena mereka dah baik bgt ma aku, mau nerima orang yg cm punya ijasah sma ini. Semua file perusahaan yg aku pegang beserta rencana2 project n klien yang ku buat ku serhkan ke kantor. Bener2 pengalaman tak terlupakan. Dari kena macet, event2 yg menarik, nginep dikantor, lembur, bener2 pengalaman tak terlupakan di Jakarta. Terkadang aku kangen tuk kembali kesana dan kejebak kemacetan di jalan. Haha… Tuk skripsi ku nanti, aku juga ada kemungkinan tuk magang di t4 aku lakuin penelitian. Tapi semoga ga perlu gt, karena msh ada tanggungan kuliah lain. Semoga Allah memudahkan jalanku dan menunjukkan jalan terbaik buatku…. Amiinn.

You Might Also Like

0 comments