Kemeja Vs. Kaos Berkerah

Thursday, November 12, 2009

Kemeja Vs. Kaos Berkerah

Kedua benda ini merupakan pakaian yang paling sering ku pake. Ga ada pemaknaan khusus atau alasan khusus kenapa aku sering pake baju jenis ini. Mungkin karena aku seorang laki-laki jadi kecenderungannya pake pakaian seperti itu, ya iya lah klo cewe ya makin banyak pilihan jenis pakaiannya. Malah bikin ribet….hohoho… Tapi lebih cenderung sebenernya karena kebiasaan yang diterapkan oleh orang tua ku, supaya anak-anaknya selalu berpakaian rapi dimana jika tidak ada di dalam rumah. Jadi persepsi apa pun nantinya dari orang lain ketika melihatku, paling tidak jika terlihat rapi, penampilanku ga akan terlalu mengganggu mata orang-orang sekitar. Maklum saja sebagai orang yang berparas pas-pasan , wajah dan perawakan ku kayaknya punya karakter yang kuat …hehehe….

Tapi jika mengatakan tentang persepsi, banyak cerita tantang kemeja dan kaos berkerah yang sering ku pakai. Pada minggu-minggu awal aku kuliah di UNS, aku masih mencoba beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru. Namun seperti biasa, aku masih suka memakai kemeja-kemaja Alisan taw Polo bergaris milikku dan juga kaos berkerah warna hitam atau putih yang biasa ku beli di Ramayana & Matahari untuk pergi ke kampus. Ya mau gmana lagi yang layak buat di pake ke kampus yang kayak gt, masa mau pake T shirt di awal-awal mulai kuliah di kampus baru. Di kampus lama aj aku berani pake T shirt cm di hari-hari tertentu, itu pun mulai tahun kedua kuliah di UGM.

Seperti biasa, awalnya aku pun berkenalan dengan orang-orang baru terutama yang dari Solo. Beberapa pertanyaan awal yang sering muncul waktu berkenalan dengan orang-orang tersebut adalh “Kamu dah kerja ya, dimana?” itu kalo pas aku make kemeja. Klo pas aku pake kaos berkerah, ga pernah muncul kalimat pertanyaan tersebut. Tapi lebih cenderung ke asli mana, teman- teman pergaulannya, tapi ada beberapa orang yang nanya lebih “wah” lagi waktu mau pulang ke arah parkiran kampus, “ Km bawa mobil ya?” atau “ Mobil mu di parkirin dmn?”. Kok bisa ya beberapa orang itu berpikir dan bertanya seperti itu, apakah sebuah kemeja dan kaos berkerah bisa memberikan pencitraan kuat tentang sebuah status ekonomi atau strata social di daerah Solo? Padahal dulu waktu kuliah di UGM ga pernah ada tu yang nanya hal-hal gituan.

Lalu, aku pun mencoba mengamati orang-orang di kampus UNS ini ya sembari mengenal UNS lebih jauh lagi dengan datang pagi-pagi atau siang gt ke kampus, skalian pergi ke perpustakaan atau sekedar duduk wi fi an di kampus sambil ngamati orang yang lalu lalang. Kemudian aku perhatian pula pakaian-pakaian dan dandanan orang-orang di kampus ini. Kesimpulan sementara yang kudapat / persepsiku yaitu sebagian mahasiswa sini lebih suka pake T shirt feat jumper (mungkin lagi trennya gt ya) atau kalo pake kemeja tu yang lengan pendek , itu pun yang warna polos, corak simple, atau corak yg menunjukkan jiwa muda. Atau kalo pake kemeja lengan panjang model yang kotak-kotak dari distro, atau corak lain dengan karakter jiwa muda. Meski ada pula beberapa orang yang bergaya pakaian sama denganku. Sedangkan yang biasa ku pake itu kemeja lengan panjang bergaris vertical dengan lengan ku gulung sampe siku. Dan ternyata orang-orang kantoran di Solo kebanyakan gt pakaiannya, meski bawahannya pake celana jeans, cap klo dah kerja pasti tetep nempel. Pantesan aja….

Padahal aku pake kemeja gt karena alasan kenyamanan dan fungsi ganda. Bisa di pake tuk urusan resmi atau pun tidak resmi jika di kombinasikan dengan pakaian lain atau celana jeans. Begitu pula tuk kaos berkerah aku pake karena nyaman buatku dan bisa ku pake tuk ke kampus, di rumah, bepergian ke luar jg trlihat lebih santai, dan juga semi resmi. Dulu waktu magang di agency Jakarta, orang-orang nya ke kantor lebih sering pakai kaos berkerah dari pada kemeja. Pake kemaja kalo ada meeting diluar aja. Mungkin karena bidangnya kali ya…

Nah waktu ku amati di parkiran tentang mahasiswa yang bawa mobil ternyata, mereka lebih cenderung pake kaos berkerah merk-merk ternama, atau yang terkesan rapi, pake sepatu, pake jam tangan bermerk ataupun arloji, dan warna kulit bersih, agak putih, ga terlalu wajah orang jawa juga, sesekali mereka juga pake kemeja lengen panjang bermerk di gulung pula ampe siku. Ya udah deh pantesan aja, ternyata aku lebih mirip dengan gaya pakaian mereka, dan juga secara fisik. Aku ga nyalahin persepsi “mereka”.

Aku suka pake kaos berkerah yang gampang di setrika dan terkesan rapi, kemeja lengen panjang digulung, aku suka pake arloji karena itu penting tuk mengingat waktu, ga perlu mahal2 yg penting keliatan cocok di tangan dan arlojinya idup, warna kulit dan postur tubuh ini juga anugerah Allah swt, namanya juga nurun dari orang tua, karakter wajahku jg ga terlalu mirip orang Jawa, malah lbh mirip orang Sumatera. Tp menurutku, kulitku ga terlalu putih, msh normal2 aja tuk ukuran cowo Indonesia. Dan juga resiko factor geografis karena tinggal di Lampung dan garis keturunan yang nanggung dari Jawa, Arab & Chinese mungkin jg. Akhirnya aku ngerti kenapa sampe bbrp orang itu nanya ke aku tentang bawa mobil taw ga. Emang penting yaa ke kampus naik apa? Tapi wajar bberapa orang yg nanya itu ke aku emang dari kalangan orang kadang bawa mobil ke kampus, ntah mobilnya siapa.

Aku pun anggap itu ya pelajaran, itu emang lingkungan di Solo. Sebuah kota dengan perputaran uang yang tinggi, bisnisnya, penduduknya cukup konsumtif, isu rasis yang bisa memicu masalah, masih ada istilah darah biru atau semacamnya, strata sosial yang secara tidak resmi itu ada. Buatku ga penting tentang status ekonomi, bawa mobil taw ga kampus apalagi…haish… Yang penting punya temen-temen yang baik dari kalangan manapun. Masalah status ekonomi keluargaku apa itu jg gak terlalu aku ambil pusing, ada yang nganggep dari keluarga berkecekupan ada yg anggep biasa aja. Buat ku, aku dari keluarga sederhana yang berusaha low profile ntah itu aslinya kaya taw miskin dan mencukupi kebutuhan primer & sekunder, klo tersier mah kapan-kapan aja deh.

Sangat disayangkan, kebanyakan orang di Solo ini sejauh yang ku alami , masih banyak yang berpersepsi sebuah status ekonomi dari pakaian nya. Terutama yang dari kelas menengah ke atas. Meski menurut ku wajar aja si, biasanya orang dr kelas kayak gt Ada yg nyari teman yg satu “kelas”. Jadi kalo pergi ke tempat yg nyaman atau mahal ada temennya dan bayar masing2. Tapi masih banyak juga orang2 yang ku kenal aslinya tajir mampus, tapi mereka tetep sederhana dan low profile. Dan ku harap semakin banyak yang seperti itu. Jadi kesenjangan social di masyarakat sedikit berkurang. Persepsi awal itu gpp, namanya juga karakter orang, asal jgn langsung menjudge orang ini seperti ini, orang itu seperti itu, seblm mengenalnya lebih baik lagi. “Don’t look the book from the cover” tapi harganya, hahahaha…isinya maksudku…

Persepsi itu sebaiknya tetep di simpan dalam hati dan tidak menjadi perbincangan atau bhn gossip, jgn diungkapkan secara blak-blakan jg karena bisa menyakitkan dan gak sopan lah. Bahkan ada yang liat dari mana dia berasal, aku pernah nyari kost tapi ditolak karena aku dr Sumatra bahkan dia kira aku orang Chinese karena ciri fisikku. Emang klo orang Sumatra kelakuannya buruk? emang Sumatra itu hutan semua jd ga ada yg ngajarin tata krama? emang di sumtra ga banyak apa orang Jawanya? 65% penduduk Lampung tu dr suku Jawa, termasuk aku. Aku aj gak yakin msh ada keturunan Chinese taw ga. Emang kenapa juga klo aku turunan Chinese? toh sama-sama manusia. Mau Chinese kek, Arab, Jawa, Betawi, Batak, Betawi, Sunda, asal kelakuannya baik secara manusiawi dan gak berlaku kehewanan, fine-fine aja menurutku. Tapi ya itu lah persepsi, dimana hati, mata, pikiran seseorang campur aduk disitu.

Masih mending dulu di jogja, klo ketemu bbrpa orang tua gt pasti nebaknya aku dari Semarang, ntah kenapa tp pasti bilangnya gt . Klo orangnya dah ngobrol aga lama ma aku trutama sama orang tua, mereka pasti nebak klo aku dari wilayah keresidenan R, karena bhs Jawa yg kupake emang penekanannya lebih mirip orang-orang dr keresidenan R. Lingkungan di kampungku kan kbayakan orang banyumas. Meski kadang logatku itu ga terlalu keliatan. Nah, persepsi positif dan pembuktian yang mendalam yang perlu dikembangkan di masyarakat kita. Ga usahlah kita menjudge seseorang dari persepsi awal kita dan akan trus berpersepsi seperti itu trus. Indonesia itu luas, masyarakatnya pun beragam, waspada itu sah-sah aja. Tapi kita harus tetap berpikir baik dan tidak berburuk sangka terhadap orang lain. Sulit memang untuk diterapkan, tapi kenapa ga dicoba. Skalian itung-itung buat menerapkan ajaran agama. Lets we think positif and keep low profile…..
maaf ga bermaksud menyinggung dan maaf jika ada kata-kata yang salah)

You Might Also Like

0 comments