Piktor Bogel

Tuesday, September 08, 2009

VICTOR VOGEL "Commercial Man"

Bangun tidur, tiba2 aku pengen nonton film ini. Victor Vogel. Salah film tentang periklanan buatan Eropa. Lucu unik dan menarik. Lagi nyari2 di rental Solo masih ada ga yg punya koleksi film ini. Soalnya dah lama ni film. Gini ni referensinya...

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang pria bernama Victor Vogel yang tinggal di Jerman. Cerita film ini diawali dengan Victor Vogel yang masih penggangguran berusaha melamar pekerjaan di biro iklan bernama Brainstorm. Ketika masuk ke kantor dia salah masuk ruangan dan mengikuti rapat presentasi iklan dengan nilai yang sangat besar antara Brainstorm dan kliennya yaitu dari perusahaan otomotif Opel. Pihak Opel menginginkan agar Brainstorm membuat iklan bagi produk terbaru mereka yaitu mobil sport Opel Speedster. Namun mereka kurang tertarik dengan ide yang diajukan direktur kreatif Brainstorm yaitu Mr. Kaminsky. Lalu tiba-tiba Victor yang berada di ruangan tersebut dimintai pendapat dan menyatakan bahwa ide iklan itu kurang menarik dan akhirnya presentasi itu semakin kacau dan pihak klien kecewa lalu meninggalkan ruangan tersebut.

Direktur utama Brainstorm marah besar kepada Mr. Kaminsky dan ia mengancam akan memecatnya tanpa pesangon bila tidak mendapat proyek dari Opel yang bernilai 120 juta Deutsche Mark. Brainstorm juga sedang mengalami masalah keuangan. Padahal Kaminsky sebelumnya sudah mengajukan pengunduran dirinya karena usianya yang semakin tua dan minta pesangon 5 juta Deutsche Mark. Akhirnya mereka sepakat untuk memperkerjakan Victor Vogel sebagai rekan Kaminsky untuk mengerjakan proyek Opel sebagai pertanggungjawaban atas presentasi yang kacau.

Ditempat yang berbeda, Victor Vogel berkenalan dengan seorang wanita bernama Rosa. Hubungan mereka pun terus berlanjut. Ketika Rosa ingin ikut serta dalam pameran seni sebuah galeri, ia kebingungan mencari ide. Lalu Victor membantunya dan mereka memiliki ide tentang perburuan makanan di supermarket dengan memakai panah. Mereka sepakat bahwa itu adalah ide bersama. Hubungan mereka semakin dekat dan akhirnya Rosa pindah ke tempat tinggal Victor karena ada masalah dengan orangtuanya.
Pada suatu hari, Kaminsky dan Victor pergi ke restoran mewah dan mereka bertemu dengan klien dari Opel dan mereka berdiskusi. Kemudian karena kebingungan, Victor mengajukan ide pameran seni Rosa yaitu perburuan makanan sebagai ide iklan Speedster yang akan dibuat. Kaminsky dan pihak Opel cukup tertarik. Victor semakin bingung karena jika ide itu dipakai dalam iklan, bagaimana dengan nasib pameran seni Rosa. Lalu hubungan Victor dan Kaminsky semakin akrab, dan bersama Rosa mereka berakhir pekan bersama di pantai.

Kemudian tiba saatnya presentasi dengan pihak Opel, Victor mengajukan ide tentang legenda balap. Namun ditolak oleh klien dan akhirnya dengan berat hati Victor mengajukan ide tentang perburuan makanan. Ide itupun diterima oleh klien dan proyek besar itupun di dapat oleh Brainstorm. Ketika Kaminsky dan Victor bertemu dengan Direktur Utama, Victor dipromosikan menjadi Direktur Kreatif dan memberikan pesangon Kaminsky 5juta sesuai dengan yang ia inginkan. Tadinya Kaminsky tak mau berhenti bekerja setelah bertemu Victor, namun akhirnya ia berhenti. Victor sangat kecewa terhadap sikap Kaminsky dan timbul salah paham antara mereka. Meskipun proyek Opel sukses, namun hubungan Victor dengan Rosa semakin buruk dan putus.

Nasib Victor pun semakin buruk, karena ia tak jadi diangkat menjadi direktur kreatif karena diganti oleh seseorang yang membawa proyek besar dari Air Tour. Ia hanya diminta untuk membantu membuat iklan tersebut. Lalu pada hari presentasi, ide yg diajukan Direktur Kreatif yang baru kurang bisa diterima oleh pihak AirTour. Akhirnya Victor maju dan mengajukan ide iklan yang menarik, klien sangat tertarik dengan ide itu. Tapi Victor mengatakan bahwa jika ingin ide itu dipakai dalam iklan Air Tour, pihak Air Tour harus mengontrak biro iklan Kaminsky & Vogel yang ia dirikan bersama Kaminsky. Karena ternyata ide itu berasal dari Kaminsky. Victor sudah berhubungan baik kembali dengan Kaminsky dan mendirikan biro iklan Kaminsky & Vogel.

Film ini cukup menarik. Terutama jika dilihat dari sisi kreatifitas. Di mana banyak muncul ide yang sangat menarik untuk membuat sebuah iklan. Karakternya juga cukup kuat dimana muncul karakater yang unik dan kreatif yang jarang dilihat di film-film lain dan terjadi konflik secara emosional seperti tentang cinta, kepercayaan , dan persahabatan. Film ini juga memperlihatkan bagaimana kehidupan orang-orang kantor yang penuh dengan pertimbangan, tekanan, yang kesemuanya berhubungan dengan hal bersifat materi. Namun sebagai sebuah film mengenai periklanan, kurang bisa memperlihatkan sisi konsumen sebagai target pasar yang ingin dituju oleh produk dan ide iklan yang diangkat di film. Seharusnya sisi riset dan analisis mengenai perilaku konsumen di masukkan dalam film ini dan dirangkum dalam sebuah penelitian konsumen yang kreatif dan unik sehingga mungkin dapat membuat film ini lebih menarik lagi. Karena dalam hal pemasaran produk, riset dan penelitian mengenai konsumen sangat penting untuk dapat menentukan dengan tepat, target market utama dari sebuah produk agar dapat dipasarkan dengan tepat sesuai konsumennya.

You Might Also Like

0 comments