Jelajah Museum di Jakarta, Ini Dia Rekomendasinya

Sunday, January 28, 2018


Kamu yang kerja di Jakarta, ingin berlibur, tapi tak punya banyak waktu untuk pergi ke luar kota? Ada banyak loh tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan, untuk sekedar mengurangi rasa bosanmu setelah berminggu-minggu dihadapkan pada pekerjaan yang menumpuk. Refreshing tak harus pergi ke pantai, gunung, atau air terjun bukan? Jakarta punya banyak alternatif liburan, jika kamu memang tak ingin pergi ke alam.

Well, bagaimana kalau minggu ini kita menjelajah museum saja? Kota Jakarta punya banyak destinasi jika kamu memilih untuk berlibur ke museum. Namun kali ini, kita hanya akan membahas lima di antaranya, yang wajib kamu datangi, jika kamu sudah menginjakkan kaki di Jakarta. Apa saja itu? Yuk langsung saja simak deh daftar berikut ini!

1. Museum Fatahillah

sumber:indonesiakaya.com

Dulunya, tempat ini merupakan balai kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712. Ada tiga lantai yang menyimpan banyak objek sejarah di dalamnya. Kamu bisa melihat dan mempelajari perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil galian arkeologi di Jakarta, mebel antik yang merupakan perpaduan gaya Eropa - Republik Rakyat Tiongkok - Indonesia. Selian itu juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti, yang semuanya diberi penjelasan dalam tulisan.


2. Museum Bank Indonesia

sumber:wikipedia.org

Museum Bank Indonesia ini menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota yang merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank, yang dibangun pertama kali pada tahun 1828. Dikemas dengan memanfaatkan teknologi modern dan multimedia, kamu bisa melihat banyak hal dalam bentuk display elektronik, panel statik, atau televisi plasma. Banyak fakta dan koleksi benda bersejarah pada masa sebelum terbentuknya Bank Indonesia, mulai masa kerajaan-kerajaan Nusantara.


3. Museum Nasional Indonesia

sumber:wikipedia.org

Ada banyak koleksi benda kuno dari seluruh Nusantara di dalam sini. Kamu bisa melihat arca-arca kuno, prasasti, dan juga barang-barang kerajinan. Kalau kamu berkunjung ke sini pada pagi hari di akhir pekan, di Hall B kamu bisa ikut kegiatan seperti membatik, belajar tari tradisional, atau menonton Pentas Dongeng dari Teater Koma yang bakal bikin kamu lebih mudah mempelajari masa lalu lewat ceritanya yang menarik dan alurnya yang mudah dipahami. Dikutip dari web Traveloka, museum yang dikenal juga dengan nama Museum Gajah, buka Selasa–Kamis jam 08.30–16.00 WIB, Jumat pukul 08.30–11.30 WIB, dan Sabtu–Minggu pukul 08.30–17.00 WIB.


4. Museum Bahari

sumber:kebudayaan.kemendikbud.go.id

Dalam museum ini kamu bisa menjumpai berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk dan hiasan, hingga kapal zaman VOC. Kamu juga akan melihat berbagai model dan miniatur kapal modern, lengkap dengan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Selain apapun yang berhubungan dengan kapal. Museum bahari juga juga punya koleksi biota laut, data-data jenis dan sebaran ikan di perairan Indonesia, serta masih banyak lagi pengetahuan lainnya tentang laut.


5. Museum Wayang

sumber:wikipedia.org

Museum ini punya beragam jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit, maupun bahan-bahan lain. Ada pula wayang dari luar negeri, seperti dari Republik Rakyat Tiongkok dan Kamboja. Lebih baik kamu datang ke museum ini pada minggu kedua atau ketiga setiap bulannya, karena mereka selalu rutin mengadakan pagelaran wayang di minggu-minggu tersebut.

Oke, itu tadi lima dari sekian banyak museum yang termasuk tempat wisata di Jakarta. Kamu bisa pilih salah satu untuk didatangi minggu ini, atau mau sekalian mengunjungi semuanya dalam satu hari!

You Might Also Like

1 comments

  1. tempat wisata seperti musium kini mulai meredup padahal musium sangat penting sebagai edukasi untuk belajar dan mengetahui sejarah di masa lalu. semoga dengan adanya artikel seperti ini bisa meningkatkan minat generasi selanjutnya.

    ReplyDelete