Review Lensa YONGNUO YN 50mm F1.8N For Nikon

Saturday, December 10, 2016

Ada yang bilang bahwa lensa fix atau prime adalah semacam salah satu lensa wajib bagi para pemula yang sedang belajar menggunakan kamera DSLR. Gak akan rugi jka pake lensa ini karena ada lini produknya yang harganya cukup terjangkau namun mampu mendukung kualitas gambar yang cukup bagus, seperti pada lensa fix 50 mm f1.8 yang populasinya aku yakin cukup banyak di berbagai negara. Salah satu produsen peralatan dan aksesoris fotografi dari negeri tirai bambu yaitu Yongnuo melihat peluang ini dan kemudian mulai memasarkan lensa fix seri ini di lini produk mereka. Tahun lalu, mereka sudah meluncurkan lensa seri ini untuk Canon dan beberapa bulan yang lalu akhirnya mereka juga meluncurkan seri lensa 50 mm untuk Nikon. Kebetulan ada rekan kerja yang baru beli lensa ini, jadi aku kemaren sempat mencoba lensa YongNuo YN 50 mm f 1.8N for Nikon yang sudah dilengkapi auto fokus ini.


Lensa kompatibel ini bisa digunakan di kamera DSLR Nikon. Lensa Yong Nuo ini sudah memiliki sistem penggerak autofocus di lensanya seperti pada lensa Nikon AF-S 50 mm f1.8. Dalam paket penjualannya terdapat unit lensa, front cap, kartu petunjuk,  kartu QC pass, dan rear cap. Box kecil kemasannya terlihat cukup elegan dan menarik. Tidak terdapat lens hood bawaan seperti pada Nikon AF-S 50 mm f1.8. Pada bagian samping lensa terdapat metering penunjuk dan slide setting untuk menggunakan manual fokus maupun auto fokus. Hanya saja posisi nya dibalik tidak seperti pada lensa Nikon, yaitu MF-AF. (manual focus -auto focus) 


Kemaren aku mencoba lensa Yongnuo ini sebentar dengan Nikon D3200 dan D7100. Kesan pertama waktu liat lensa ini adalah kecil, sangat ringan, simple. Begitu dicoba untuk foto dan video, hasilnya cukup memuaskan hanya saja warnanya tidak setajam warna yang dihasilkan lensa Nikon AF-S 50 mm f1.8 atau bahkan Nikon AF-D 50 mm f1.8. Tapi efek bokeh cukup lumayan dan terkadang berbentuk segi 8 serta auto fokusnya cukup cepat dan tidak ada suara berisik mekanisme lensa. Hanya saja, lensa ini tidak memiliki kaca tambahan pada bagian tengah depan lensa, jadi ada bagian tengah dalam lensa yang bisa dipegang dengan jari ketika maju mundur saat dicoba auto fokus. Jadi sebaiknya setelah membeli lensa ini langsung diberi filter, minimal filter UV agar lensa sedikit lebih awet dan terlindungi. Ukuran filternya sama dengan Nikon, yaitu yang 52mm. Untuk soal nanti dipakenya awet gak nya, aku pun belum tau, karena aku cuma nyoba sebentar. Kembali kepada si pengguna juga nanti tentunya.

Contoh hasil foto lensa Yongnuo YN 50 mm F1.8 N for Nikon

Contoh hasil foto dengan lensa Yongnuo YN 50 mm F1.8 N for Nikon

Lensa ini bisa digunakan bagi mereka yang menggunakan kamera DSLR Nikon namun dengan budget terbatas dan ingin menggunakan lensa fix 50 mm yang sudah dilengkapi auto fokus dan malas menggunakan manual fokus. Lensa ini cocok digunakan untuk memotret objek manusia setengah badan ke atas, untuk momotret dalam kondisi minim cahaya, memotret makanan, produk, maupun untuk video. Lensa Yongnuo YN 50 mm f 1.8 for Nikon dijual di  bawah harga lensa fix Nikon AF-S dengan harga sekitar 1 juta hingga 1,3 jutaan rupiah dalam kondisi baru, tergantung yang jual dan lokasi penjualan di Indonesia. 


Tapi dengan harga segitu, tentu saja banyak sekali kelengkapan yang dipangkas dan kualitas yang sedikit lebih rendah dibanding versi original milik Nikon. Sudah banyak yang jual lensa ini di toko online seperti bukalapak dan tokopedia. Yongnuo juga memasarkan lensa 50 mm f1.8 untuk Canon namun dengan harga yang lebih murah dari punya Nikon, yaitu sekitar 600 ribu -900 ribuan rupiah dalam kondisi baru. Tapi pilihan untuk membeli lensa komptibel ini kembali kepada selera Anda para pengguna kamera DSLR apakah sesuai dengan budget dan kebutuhan atau tidak. Semoga bermanfaat. 

Lensa Yongnuo Dipasangkan Dengan Nikon D3200

You Might Also Like

1 comments

  1. om, mau tanya, saya kan beli lensa ini, terus saya pake di nikon mirrorless nikon 1 j5 pakai adapter-nya, tapi aperture nya gimana bukanya ya.

    ReplyDelete