Berkunjung Ke Candi Plaosan

Thursday, September 15, 2016

Candi Plaosan merupakan salah satu candi yang berada tidak jauh dari kompleks candi prambanan. Kompleks candi plaosan terbagi menjadi dua yaitu candi plaosan lor dan candi plaosan kidul yang terletak di dukuh plaosan, Klaten, Jawa Tengah.  Namun candi ini biasanya sering terlewatkan oleh wisatawan lokal yang berkunjung ke candi prambanan. Menurut petugas jaga di candi plaosan lor, dia lebih sering melihat rombongan wisatawan asing yang berkunjung ke candi ini dibanding rombongan wisatawan lokal. Tapi semakin banyaknya para wisatawan yang memposting foto candi ini di social media, membuat banyak wisatawan lokal dari berbagai daerah datang ke candi ini. Tapi bukan rombongan dalam jumlah yang banyak seperti di candi prambanan atau borobudur. 


Akses jalan untuk menuju komplek candi plaosan cukup mudah. Ada beberapa jalan yang bisa ditempuh. Namun yang paling mudah jika dari arah Jogja, setelah pertigaan lampu merah jalan raya depan candi prambanan, terus saja sampai ketemu perempatan lampu merah lagi. Lalu belok kiri ikuti petunjuk jalan ke candi plaosan, terus aja sampai ada petunjuk jalan lagi candi plaosan untuk belok kanan. Terus ikuti saja karena dari situ candi sudah terlihat. Di bagian luar candi ada juga parkiran yang dikelola oleh penduduk sekitar. 


Aku pertama kali ke candi plaosan lor sekitar tahun 2006. Namun waktu itu kondisi candi nya masih dalam tahap pemugaran kembali, namun dari jauh hanya seperti tumpukan batu yang kurang terurus. Namun setelah dilakukan pemugaran secara bertahap, bentuk candi ini mulai terlihat indah dilihat dan mulai banyak pengunjungnya. Sampai akhirnya beberapa tahun lalu lewat candi ini sore hari untuk melihat matahari terbenam disini. Mau masuk ke area candi, namun jam 5 gerbang masuknya sudah ditutup. Jadi cuma liat dari luar. Beberapa waktu yang lalu aku sengaja mampir ke candi ini untuk melihat bagian dalamnya. Tidak perlu membayar alias gratis untuk masuk ke area candi ini. Belum kali ya, mungkin kalo nanti restorasinya selesai total bakalan dikelola management yang lebih serius dan dipungut untuk retribusi masuknya. 


Candi Plaosan dibangun sekitar abad ke 9 pada era Kerajaan Mataram Kuno. Candi Plaosan Lor letaknya terpisah dari candi plaosan kidul berjarak sekitar 100 meter. Candi plaosan lor ini memiliki dua bangunan candi utama yaitu candi yang terletak di sebelah kiri (di sebelah utara) dinamakan Candi Induk Utara dengan relief yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita, dan candi yang terletak di sebelah kanan (selatan) dinamakan Candi Induk Selatan dengan relief menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Ada pohon yang berusia tua di dalam kompleks candi ini. Terdapat pula altar-altar, patung, dan stupa di candi plaosan lor ini. Beberapa candi kecil yang mengelilingi candi utama masih belum direstorasi secara total, jadi hanya terlihat tumpukan batu. Namun candi ini sudah cukup asik untuk tempat foto-foto terutama pada pagi dan sore hari. 


Pas tempo hari kesini, ada beberapa pasangan yang sedang melakukan foto prewedding disini dan juga ada juga yang bikin foto keluarga berkonsep. Bagi yang motret atau take video pake drone di kawasan ini harus memiliki ijin menerbangkan drone. Karena area di atas candi ini merupakan jalur lalu lintas penerbangan padat di jogja. Hampir tiap jam kita bisa melihat pesawat yang melintas di atas candi ini. Aku juga memotret arsitektur candi ini dari berbagai sudut dengan kameraku. Bahkan, aku dikira tukang foto keliling di candi ini oleh salah satu pengunjung. Katanya, "Mas, kalo mau foto sekalian cetaknya berapa mas?" hahaha. Aku cuma bisa menjawab, "Maaf bu saya buka fotografer, cuma kebetulan punya kamera dan jalan-jalan kesini". Bukan pertama kali si kejadian seperti ini waktu lagi jalan-jalan. Jadi ya udah gak kaget. Yang jelas buat kamu agent travel dan traveler jangan lupa untuk memasukan candi ini ke dalam salah satu tujuan wisata kamu jika akan berkunjung ke area prambanan. Semoga bermanfaat.     

You Might Also Like

0 comments