Tripod Kamera Bagi Pemula Dengan Harga Di Bawah 200 Ribu Rupiah

Tuesday, August 30, 2016

Tripod menjadi salah satu alat pendukung yang diperlukan bagi para pengguna kamera foto dan video terutama mereka yang lebih serius ketika mengambil foto dan video. Meski tidak semua orang yang memiliki kamera foto maupun video menggunakannya, namun terkadang ada saat dimana para pengguna tersebut membutuhkan tripod yang digunakan untuk mengabadikan momen tertentu, khususnya bagi para pengguna kamera DSLR. Karena terkadang ada teknik foto tertentu atau kondisi tertentu dimana tripod diperlukan. Ada berbagai jenis tripod dan macam penggunannya. Namun secara umum, menurut wikipedia, tripod atau kaki tiga dalam fotografi adalah alat untuk membantu agar badan kamera bisa berdiri dengan tegak dan tegar. 


Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan fotografer dalam mengambil gambar dan mengurangi noise yang ditimbulkan oleh guncangan tangan fotografer. Selain itu, tripod juga biasanya digunakan untuk membantu teknik foto, seperti long exposure, light trails, bulb, slow speed, maupun teknik lain yang membutuhkan kondisi agar kamera dalam posisi stabil. Ketika masih awal belajar fotografi dengan kamera SLR maupun DSLR, aku sendiri beli tripod supaya bisa mencoba berbagai teknik fotografi yang aku pelajari waktu kuliah. Aku masih ingat, belinya waktu itu di pameran komputer di JEC, merek Excell dengan harga 125 ribu rupiah pada tahun 2006, masih awet sampe tahun 2015 kemaren. Lalu aku pindah tangankan ke teman ku yang juga suka fotografi, karena aku membeli tripod baru. 

Beberapa waktu yang lalu aku juga dimintai tolong kenalanku untuk mencari tripod yang sesuai dengan budget. Kebetulan di kantor juga butuh tripod murah untuk membantu take video. Akhirnya aku coba cari tau di internet, toko online, dan toko kamera di sekitar tempat tinggalku. Dari sini aku lihat berbagai macam seri tripod, range harga, dan segmen tripod ini dari segi harga, fitur, dan kualitasnya. Misalnya kalo dari range harga sekian sampe sekian, seri apa saja yang recomended, kalo yang bahan X misalnya, harganya berapa. Malah jadi keasyikan sendiri. Tapi kalo disuruh milih tripod kamera yang recomended dengan harga di bawah 200 ribu rupiah, aku akan memilih salah satu dari 4 seri tripod berikut. 


Excell Promoss
Tripod Excell mungkin namanya lebih familiar di kalangan pengguna tripod entry level. Aku menemukan ada dua seri Tripod Excell Promoss, yaitu Excell Promoss dan Excel Promoss SLR. Yang akan aku bahas disini yang seri standar, karena harganya dibawah dua ratus ribu rupiah. Excell Promoss standar, dibanderol dengan harga sekitar 145 ribu - 185 ribu rupiah (tergantung toko dan wilayah). Material tripod ini terbuat dari alumunium ringan dikombinasikan dengan plastik. Ya namanya juga tripod entry level light weight. Sudah ada waterpass sederhana juga di tripod ini. Sudah ada tuas pegangan untuk menggerakan head tripod yang akan berguna ketika mengambil video dengan kamera. Dalam paket penjualannya, kita bisa mendapatkan unit tripodnya dan tas tipis atau case untuk tripod ini. Berat maksimal yang bisa ditampung tripod ini hanya sekitar 2,5 kg. Panjang tripod ketika belum dipanjangkan kaki-kakinya adalah 56 cm. Beratnya hanya sekitar 0,9 kg. Tinggi maksimal tripod ini 136 cm dan tinggi minimalnya 54 cm. Pada ujung kaki tripod terdapat bahan karet agar tripod ini lebih stabil. Seorang teman di kantor tempatku bekerja juga memiliki tripod ini.

Excell Promoss



Weifeng WT-330A 
Namanya mungkin sedikit tidak terlalu familiar di kita. Namun tripod ini memiliki kualitas dan desain yang sangat mendekati dengan Excell Promoss namun harganya sedikit lebih murah. Tripod Weifeng WT-330A dibanderol dengan harga sekitar 120 ribu - 160 ribu rupiah (tergantung toko dan wilayah). Material tripod ini terbuat dari alumunium ringan dikombinasikan dengan plastik. Sudah ada waterpass sederhana juga di tripod ini. Sudah ada tuas pegangan untuk menggerakan head tripod yang akan berguna ketika mengambil video dengan kamera. Tinggi maksimal tripod ini 134 cm dan tinggi minimalnya 54 cm. Berat maksimal yang bisa ditampung tripod ini hanya sekitar 2,5 kg. Panjang tripod ketika belum dipanjangkan kaki-kakinya adalah 51 cm. Beratnya hanya sekitar 0,73 kg. Untuk seri ini, Weifeng WT-330A black katanya memiliki memiliki finishing dan tampilan yang lebih baik dari yang silver. Dalam paket penjualannya, kita bisa mendapatkan unit tripodnya dan tas tipis atau case untuk tripod ini
Weifeng WT-330A 


Somita ST-3520
Somita Tripod ST-3520 dirancang dengan sistem 3-way panhead dan bagian kaki yang memiliki 3 bagian berbahan karet untuk menopang agar lebih kokoh dan stabil. Tripod Somita ini cukup compact dan ringan sehingga cukup memudahkan saat membawanya bepergian. Meskipun terasa ringan, namun tripod ini terasa sedikit lebih kokoh ketika dipegang dibandingkan Excell Promoss standar maupun Weifeng WT-330. Material tripod ini terbuat dari alumunium ringan dikombinasikan dengan plastik. Bisa dimaklumi, namanya juga tripod entry level. Tripod Somita ini dijual dengan harga sekitar 165 ribu sampai dengan 195 ribu rupiah (tergantung toko dan wilayah). 

Somita ST-3520

Pada bagian ujung tengah bawah tripod ini terdapat pengait, jika user ingin menambahkan pemberat pada tripod ini untuk menyetabilkan. Ada pula pegangan pada body tripod yang memudahkan ketika membawa atau memindahkan tripod ini. Sudah ada waterpass sederhana juga di tripod ini. Dalam paket penjualannya, kita bisa mendapatkan unit tripodnya dan tas tipis atau case untuk tripod ini. Tinggi maksimal tripod ini 140 cm dan tinggi minimalnya 55 cm. Panjang tripod ketika belum dipanjangkan kaki-kakinya adalah 56 cm. Beratnya hanya sekitar 0,9 kg. Berat maksimal yang bisa ditampung tripod ini hanya sekitar 3 kg. Aku sendiri akhirnya membeli seri ini untuk kebutuhan di kantor tempatku bekerja. 


Takara Eco-193a 
Tripod Takara ini merupakan tripod yang juga dirancang dengan sistem 3-way panhead dan bagian kaki yang memiliki 3 bagian berbahan karet untuk menopang agar lebih kokoh dan stabil. Beratnya hanya sekitar 0,9 kg. Meski terasa ringan, namun tripod ini terasa sedikit lebih kokoh ketika dipegang dibandingkan Excell Promoss standar. Mirip dengan tripod Somita ST-3520. Material tripod ini terbuat dari alumunium ringan dikombinasikan dengan plastik. Bisa dimaklumi, namanya juga tripod entry level. Tripod Takara ini dijual dengan harga sekitar 140 ribu sampai dengan 185 ribu rupiah (tergantung toko dan wilayah). Pada bagian ujung tengah bawah tripod ini terdapat pengait, jika user ingin menambahkan pemberat pada tripod ini untuk menyetabilkan. Pada dua sisi kaki tripod ini, terdapat bahan busa agar tidak licin ketika dipegang. Tinggi maksimal tripod ini 140 cm dan tinggi minimalnya 54 cm. Panjang tripod ketika belum dipanjangkan kaki-kakinya adalah 56 cm. Beratnya hanya sekitar 0,9 kg. Berat maksimal yang bisa ditampung tripod ini hanya sekitar 3 kg. Dalam paket penjualannya, kita bisa mendapatkan unit tripodnya dan tas tipis atau case untuk tripod ini.

Takara Eco-193a 


Tripod-tripod di atas bisa digunakan sebagai tripod untuk kamera digital pocket, prosumer, handycam, DSLR, mirrorless, dan camera action maupun ponsel. Tinggal ditambahkan holder yang sesuai dengan gear yang digunakan. Asalkan tidak melebihi berat maksimal. Jika tidak bisa ditemukan di toko-toko kamera, tripod-tripod tersebut bisa dipesan dengan mudah secara online di bukalapak, tokopedia, lazada, maupun semacamnya. Tinggal pilih seller yang terpercaya. Kamera DSLR dengan body dan lensa yang berat tidak cocok menggunakan tripod-tripod tersebut. Penggunaan tripod ini untuk memotret long exposure di pantai atau di sungai juga tidak disarankan karena tripod terlalu ringan dan kurang stabil serta mudah terguncang terkena arus air. Kecuali ditambahkan pemberat pada tripod pada posisi yang tepat. Tripod ini juga tidak cocok bagi user yang menginginkan tripod yang bisa dimasukan ke backpack. Kecuali backpack nya mempunyai panjang minimal 60 cm. Namun sangat jarang backpack/tas dengan ukuran tersebut, kecuali tas gunung. Karena ada pilihan jenis tripod lain untuk yang ukurannya lebih pendek, atau ada juga yang bisa dilipat dengan panjang lebih pendek dan dimasukan ke dalam tas backpack standar. Semua tergantung kebutuhan dan budget yang tersedia untuk membeli tripod yang sesuai kebutuhan. Itu aja si, aku juga masih banyak belajar soal kamera dan tripod ini. Semoga bermanfaat.       

You Might Also Like

1 comments