Pantai Kukup Jogja

Saturday, August 13, 2016

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai di kabupaten Gunung Kidul yang sudah tidak asing lagi bagi warga jogja dan sekitarnya. Pantai ini cukup terkenal sebagai salah satu pantai favorit yang dikunjungi pada saat akhir pekan maupun liburan di Jogja. Aku sendiri sudah dua kali mampir ke pantai ini. Akses jalan menuju pantai ini juga sangat mudah meskipun agak jauh dari pusat kota Jogjakarta. Misalnya setelah mengunjungi pantai parangtritis, kita bisa menelusuri jalan sepanjang pesisir pantai menuju pantai baron yang terletak di sebelah pantai kukup. Atau dari kota Jogja, kita berjalan menuju wonosari terlebih dahulu, kemudian ikut petunjuk jalan menuju pantai kukup atau baron yang dipasang di beberapa titip perlintasan jalan. Lalu masuk pos TPR untuk membeli tiket masuk terusan yang bisa digunakan untuk mengakses beberapa pantai sekaligus di sepanjang pesisir pantai sekitaran Kukup. 


Setalah sampai di pintu masuk pantai kukup kita bisa memilih untuk memarkirkan kendaraan kita. Tersedia parkir mobil dan motor yang terpisah dan cukup luas. Bus ukuran besar pun bisa masuk ke area parkirnya. Dari tempat parkir ini, para pengunjung harus berjalan beberapa saat menuju pantai. Sepanjang jalan kaki ini kita bisa melihat berbagai fasilitas umum yang ada di pantai kukup ini. Ada kamar-kamar penginapan bagi pengunjung yang membutuhkannya. Ada juga musholla dan kamar mandi. Ada juga pendopo yang digunakan untuk istirahat atau bisa digunakan untuk pertunjukan kecil sepertinya. Dan tentu saja para pedagang ikan, makanan, minuman, dan souvenir yang menjajakan barang dagangannya. Suara deburan ombak di pantai sudah mulai terdengar disini. 


Begitu sampai di pesisir pantai kita bisa melihat pemandangan laut yang biru dan para pengunjung yang bermain air di pantai atau hanya gelar tiker sambil piknikan bawa makanan yang mereka bawa. Karena aku datang pada saat akhir pekan, maka pengunjungnya cukup banyak. Tidak disarankan untuk berenang di pantai ini, karena ombaknya cukup kuat. Namun jika hanya ingin bermain air disini masih bisa dilakukan, terutama pada saat air laut sedang surut. Disini pun banyak tukang foto yang menawarkan jasa foto disini. Karena pantai ini cukup banyak spot yang bagus untuk buat para pengunjung berfoto ria. Terutama di bagian jembatan menuju batu karang. 


Yang paling menarik disini adalah batu karang besar yang terletak di pantai ini. Batu karang yang satunya bahkan diberi jembatan agar pengunjung bisa menikmati pemandangan yang ada di pantai kukup dan jadi ciri khas pantai ini. Jika kita menyusuri sepanjang pantai menuju arah mercusuar atau arah pantai baron kita akan mendapati sebuah kolam renang baru yang terletak di atas bukit dari sebuah resort disana. Tapi aku sendiri belum pernah coba kesana. Next time maybe. Menurutku waktu terbaik datang ke pantai ini adalah pada sore hari sampai jelang sunset. Karena jika siang hari, matahari cukup terik jika cuaca cerah. Mungkin juga pagi hari jelang matahari terbit. Tapi aku belum pernah coba si. Kalo mau sampe malem di pantai ini juga kayaknya gak masalah, tetap aman karena masih ada orang di pantai ini dan ada penginapannya. Jangan lupa jika ke pantai kukup untuk sekalian mampir ke pantai baron yang terletak di sebelah pantai ini dan mengunjungi mercusuarnya. Semoga bermanfaat. 



You Might Also Like

0 comments