Cara Mengganti Template Blog

Sunday, August 21, 2016

Bagi sebagian blogger, mungkin tampilan, tema, atau desain halaman blog akan anggap penting oleh para blogger karena biasanya akan merespresentasikan pribadi si pemilik blog. Tidak terkecuali blogger yang menggunakan platform blogger atau blogspot. Menurutku, salah satu kekurangan blog di platform ini adalah desain template atau tema halaman blog bawaannya yang kurang menarik dibandingkan milik wordpress. Tapi mungkin memang sengaja dibuat simple dan sederhana agar para pengguna yang baru memulai blogging bisa dengan mudah mengatur halaman blognya dan berfokus pada isi dan update blognya. Tapi ada pula blogger yang sudah puas dengan tampilan desain halaman blog bawaan blogger ini, dan lebih mementingkan konten blognya atau yang penting eksis.


Bagi yang kurang puas dengan template bawaan blogger ini, pasti akan mencari-cari desain template blogger gratis maupun yang berbayar yang disediakan banyak website khusus yang memiliki database template blogger yang cukup beragam. Ada yang menyediakan khusus yang berbayar, ada yang menyediakan templete gratisan, ada juga yang menyediakan versi gratis dan berbayar, tentu saja dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kita tinggal pilih sesuai selera menyesuaikan kebutuhan dan budget masing-masing. Aku sendiri juga lebih suka menggunakan template blog dari luar agar aku sendiri lebih nyaman membaca blog ku sendiri. Syukur kalo anda juga suka liatnya. Ada berbagai website yang menyediakan template blogger yang bisa Anda unduh secara gratis. Misalnya btemplates.com, soratemplates.com, themexpose.com, gooyaabitemplates.com, dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini cara mengganti template pada blog dengan platform blogger secara umum. 

1. Setelah Anda mencari tema yang cocok dan sesuai keinginan Anda, unduh atau download template tersebut kemudian simpan di PC Anda. Biasanya formatnya berbentuk ZIP.

2. Extract file tersebut, kemudian cari file yang berformat .xml. Lalu pindahkan file tersebut ke drive atau folder yang mudah diakses di PC atau laptop Anda.

3. Lalu, login lah ke akun blogger Anda dan masuk ke halaman dashboard.

4. Pada deretan samping halaman dashboard blog Anda, pilih template yang terletak dideretan menu dashboard di sebelah kiri halaman.


5. Kemudian pilih Backup atau restore di bagian kanan halaman dashboard blog Anda.


6. Pilih backup untuk membackup atau menyimpan data template blog kamu sebelumnya sebagai antisipasi jika template yang diganti ternyata tidak sesuai keinginan, kurang pas atau alasan lain. 


7. Setelah itu, klik choose file atau pilih file, dan pilih file xml yang tadi disiapkan. Kemudian klik upload. 

8. Tunggu beberapa saat agar sistem upload dan menampilkan preview blog. Kemudian cek template blog terbaru tadi dan lakukan penyesuaian layout sesuai keinganan Anda. Karena terkadang ada beberapa tata letak widget yang berubah dan beberapa penyesuaikan secara manual yang perlu anda lakukan. Tergantung pada template yang Anda upload. Semoga berhasil dan semoga bermanfaat.  


You Might Also Like

0 comments