Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR Nikon

Saturday, July 02, 2016

Tempo hari waktu dimintain tolong cari kamera second untuk temen, aku jadi cari-cari referensi tentang toko-toko online dan offline yang jual kamera second. Salah satu data yang ditunjukkan para pelapak disitu adalah jumlah shutter count. Bagi sebagian orang, ternyata jumlah shutter count ini jadi salah satu bahan pertimbangan ketika memutuskan untuk membeli kamera DSLR bekas. Meskipun ada juga yang gak terlalu peduli. Akhirnya aku cari tau lebih banyak tentang hal ini. Shutter count adalah jumlah total berapa kali shutter di kamera Anda telah di pencet sehingga menghasilkan satu foto. Melihat jumlah shutter count sangat berguna saat kita akan membeli kamera bekas. Katanya si, paling tidak kita mencoba meminimalisir resiko dan juga memperkirakan sampai kapankah kamera bekas yang akan dibeli bisa bekerja dengan baik, sehingga saat kita tawar-menawar kamera bekas, jadi lebih teliti. Tapi kalo udah sreg dan cocok mah, beli-beli aja. Gak usah pikir shutter count. 


Mengetahui Shutter Count kamera DSLR dan batas maximal shutter count kamera DSLR cukup penting bagi Anda yang mempunyai kamera DSLR karena dengan mengetahui berapa Shutter Count dari kamera Anda maka Anda akan mengetahui pula perkiraan umur dan seberapa banyak penggunaan dari kamera tersebut. Tapi hal ini tidak terjadi pada semua kamera. Tergantung penggunaan dan perawatannya juga. Katanya tidak sedikit pula yang shutter count nya udah sangat banyak bahkan di atas ambang batas seri kamera tersebut tapi tetap lancar dan enak aja dipakenya. 

Pada dasarnya cara melihat jumlah shutter count pada kamera Nikon, atau melihat shutter count pada Canon atau merek kamera lainnya itu sama. Mungkin hanya beda aplikasi. Akan tetapi maksimal jumlah shutter count setiap vendor kamera, baik itu Nikon, Canon, Sony, Olympus, Fuji, Pentax dan lainnya menerapkan teknologi dimana Shutter Count atau jumlah jepret kamera mempunyai ambang batas tertentu. Tergantung level dan seri kameranya juga. 

Ada 2 cara secara umum untuk mengetahui jumlah shutter count kamera diantaranya secara online dan offline dengan menggunakan foto terakhir yang dihasilkan dari kamera yang ingin di cek jumlahnya. Berikut adalah cara melihat shutter count pada kamera DSLR NIKON.

1. Secara online Nikon Shutter Count
  • Buka website www.nikonshuttercount.com
  • Upload foto terakhir yang diambil dengan kamera Nikon yang akan dicek ke website tersebut.
  • Jangan upload foto yang sudah diedit dengan program lain, tapi yang belum diedit.
  • Tunggu sejenak, kemudian akan muncul hasilnya. Aku sendiri udah pernah coba pake ini.



2. Secara offline aplikasi
Aku sendiri belum pernah coba. Tapi katanya si bisa. Untuk mengetahui Shutter Count dari kamera DSLR, digunakan software yang dapat menampilkan metadata sebuah foto, salah satunya kita menggunakan Opanda IExif, yang bisa diunduh secara gratis di http://opanda.com/en/iexif
  • Setelah aplikasi terpasang di kompter kamu, bukalah Program Opanda IExif, 
  • Klik Open, dan cari foto yang terakhir kita ambil (jangan yang sudah diedit dengan program lain)
  • Akan tampil bayak informasi dari metadata foto tersebut, baik kapan foto itu diambil, menggunakan kamera apa, diafragma, ISO, shutter speed yang digunakan dll
  • Carilah "Total Number of Shutter Releases for Camera" seperti yang ditunjukan gambar. 
  • kemudian akan terlihat angka tertentu, berarti kamera tersebut sudah digunakan untuk mengambil gambar sebanyak yang ditunjukan angka tersebut.



Mungkin ada beberapa cara lain atau aplikasi lain untuk menghitung shutter count kamera DSLR Nikon, bisa ditambahkan dengan tinggalkan komentar disini. Saya juga masih pemula di kamera DSLR. Mohon maaf kalo ada yang salah. Semoga bermanfaat. 


You Might Also Like

0 comments