Mampir Di Masjid Agung Al Aqsha Klaten

Monday, June 20, 2016

Minggu lalu, setelah berkunjung ke rumah kakakku, iseng-iseng jalan-jalan ke arah Jogja niatnya. Tapi ternyata karena tiba-tiba badan agak lemes, jadinya cuma sampe Klaten, keliling kota sebentar dan mampir di masjid baru yang menjadi salah satu icon kebanggaan di Klaten. Ya aku mampir di Masjid Al Aqsha Klaten yang belum lama ini dibuka untuk umum. Tadinya ku kira masjid ini belum dibuka untuk umum, tapi terus masuk ke area masjid ada beberapa orang yang berjaga di area parkir. Lalu aku bertanya pada mereka apakah masjid sudah bisa digunakan untuk solat zhuhur, dan mereka menjawab sudah bisa. Katanya sejak awal puasa sudah mulai digunakan secara aktif. Meski ya kondisi masjid belum terlalu bersih, baik itu tembok sekitar masjid, lantai, ornament luar masjid, dan beberapa sudut masjid yang masih terlihat banyak debu.


Setelah parkir, aku kemudian ambil air wudhu di tempat wudhu yang terletak di bagian luar masjid. Parkirnya cukup luas dan terlihat beberapa titik yang nantinya kan dibuat semacam taman dan ditanami pohon. Lalu aku berjalan menuju bagian depan masjid dan disambut dengan pintu depan masjid yang berukuran besar dan berwarna kuning keemasan. Lalu masuk ke bagian dalam masjid. Di dalam juga ternyata ada tempat wudhu. Bagian ruang utama masjid untuk ibadah ada di lantai dua dan tiga, dan kita harus menaiki anak tangga yang cukup tinggi untuk menuju lantai dua.


Saat menuju ke arah depan di lantai dua atau ruang utama masjid ini, kita akan melihat beberapa pemandangan menarik. Di sebelah kanan lokasi imam, terdapat mimbar dari kayu yang cukup tinggi. Di sisi kiri imam, terdapat jam dinding.  Jamaah yang mengunjungi masjid ini juga disuguhi pemandangan ornament mihrab yang unik. Mihrab ini cukup tinggi dan dilengkapi tulisan arab Al-Fatihah dan Al-Isra’ berwarna kuning emas. Di bagian mihrab, terdapat tulisan Al-Aqsha yang menandakan nama masjid. Di bagian kanan mihrab terdapat tulisan “Allah SWT” dan di bagian kiri mihrab terdapat tulisan Muhammad SAW.


Pencahayaan di bagian tengah masjid lebih terang dibandingkan sudut-sudut masjid. Hal itu kayaknya disebabkan di tengah masjid terdapat kubah berukuran besar yang dilengkapi beberapa ventilasi udara dan cahaya. Sehingga sinar matahari mampu menerangi lantai masjid melalui ventilasi tersebut. Apalagi kemaren pas kesana, ketika waktu Zhuhur. Kubah utama masjid ini dilengkapi dengan tulisan kaligrafi bertuliskan Allah SWT di bagian tengahnya dan disekelilingnya terdapat desain ornament yang mengelilinginya. Di lantai dua ini juga terdapat bedug berukuran cukup besar. Di lantai tiga juga adalah area yang dapat digunakan untuk solat.


Tiang-tiang masjid pun terlihat cukup besar dan elegan menopang bagian dalam masjid ini. Waktu solat zhuhur tiba, jamaah solatnya ternyata belum teralu banyak untuk ukuran masjid sebesar ini. Cuma ada dua baris saf solat itu pun tidak penuh. Lantai pun baru dua baris di saf depan yang dipasangi karpet. Di beberapa sudut ruangan dan ornament masih belum bersih, sebenarnya tinggal di lap dan dibersihkan pasti akan terlihat lebih bersih dan mengkilat. Di bagian luar masjid masih ada menara utama masjid yang masih dalam pembangunan. Meskipun daya tampungnya kayaknya sudah cukup banyak, namun masih banyak masjid lain di Indonesia yang lebih besar dan daya tampungnya lebih banyak. Tapi untuk urusan arsitektur dan desain bangunan masjid ini menjadi daya tarik sendiri. Mengingatkan dengan masjid-masjid di Timur Tengah. 


Katanya, biaya pembangunan kompleks masjid megah ini mencapai 65 milyar rupiah. Bahkan mungkin lebih karena menara masjidnya belum selesai. Dari beberapa artikel yang aku baca pun, sedang ada masalah dengan pembangunan menara masjidnya. Namun semoga bisa diselesaikan. Kadang aku gak nyangka kalo ini dulu adalah terminal bus utama di Klaten yang dirombak menjadi masjid dan terminalnya di pindahkan di dekat jalan lingkar Klaten. Dengan berbagai kontroversinya dalam proyek pembangunan dan desainnya yang menarik perhatian, warga Klaten khususnya tentunya akan semakin bangga dengan Masjid Agung Al Aqsha ini sebagai salah satu icon di Klaten. Semoga kegiatan ibadahnya di masjid ini semakin aktif, ter-manage dengan baik, pembangunannya segera selesai, dan memberikan banyak manfaat bagi warga di sekitarnya. Amin...

You Might Also Like

0 comments