Wings of Time Show Singapore

Saturday, April 16, 2016

Wings of time show adalah sebuah pertunjukan yang memadukan seni, kreatifitas, dan teknologi yang diadakan setiap hari di pantai Siloso, Pulau Sentosa, Singapura. Pertunjukan ini merupakan pertunjukan pengganti Songs of the Sea yang dulu sangat popular, namun karena sudah lama, diganti dengan pertunjukan ini pada tahun 2014. Pertunjukan Wings of Time dilakukan 2 kali sehari di salah satu tempat wisata favorit di Singapura yaitu Siloso Beach, Sentosa Island pada jam 19.40 dan 20.40 waktu setempat. Harga tiket resmi untuk pertunjukan ini adalah 18 SGD untuk pengunjung dewasa dari luar Singapura. Kalau untuk penduduk Singapura dan untuk anak-anak lebih murah kayanya.

Tiket pertunjukan bisa dibeli di loket yang tersedia di bawah pemberhentian monorail Beach Station di Sentosa Island atau mungkin ada loket lain, aku kurang tau. Namun, jika ingin lebih praktis bisa membeli tiket secara online di website resmi Wings of Time. Nanti bukti pemesanan nya bisa ditukar dengan tiket fisiknya di mesin penukaran tiket yang tersedia di loket dekat area pertunjukan. Ada juga beberapa travel agent Indonesia yang menyediakan paket untuk menonton pertunjukan ini untuk paket traveling ke Singapura jika tidak ingin repot. Bisa googling melalui internet untuk informasi lebih lanjutnya.

Beberapa waktu lalu ketika mengunjungi Singapura aku juga berkesempatan menonton pertunjukan ini. Awalnya aku gak tau ada pertunjukan semacam ini, namun kakak ku yang berinisiatif melihat atraksi wings of time show ini. Tadinya gak kepikiran waktu datang kesini, karena memang kurang tahu dan gak terlalu sempat untuk mencari tahu. Aku tau nya kalo jalan-jalan ke Singapura, ya kalo pengennya, kalo gak ke area Merlion, Marina Bay, ya ke Sentosa. Tapi gak cari tau secara detil. Pelajaran berharga dari jalan-jalan ini adalah ketika pertama kali menginjakan kaki di daerah asing, membuat rencana perjalanan dan mencari gambaran detil tentang tujuan dan lokasi adalah sangat berharga.

Sebenarnya kakakku yang mengatur perjalanan bersama mamaku ini. Karena memang pekerjaanku lagi banyak di kantor dan di rumah. Namun ternyata dia juga sibuk. Jadi setelah dia memesan tiket secara online dia pun kurang mencari tau soal transportasi menuju area pertunjukan itu. Begitu sampai hotel di Singapura siang hari, kami bingung soal transportasi umum dari hotel ke lokasi pertunjukan Wings of Time. Apalagi lelah setelah 2 hari di Kuala Lumpur belum benar-benar hilang. Setelah istirahat sejenak di hotel, sore harinya kami pun pergi menuju station MRT terdekat untuk menuju kesana setelah nanya-nanya ke resepsionis hotel dan juga browsing dulu di internet.

Cara menuju area pertunjukan Wings of Time di Sentosa Island aku pikir paling cepat adalah naik MRT ke stasiun MRT terdekat, cari yang ke arah Harbour Front Station. Kemudian jalan kaki menuju Vivo City Mall yang berada tepat di atas stasiun tersebut. Dari Vivo City Mall ikuti petunjuk ke arah Sentosa Island, Beach Station atau semacamnya. Nah dari mall ini ada dua pilihan menuju Siloso Beach. Yang pertama adalah kita bisa berjalan kaki lewat path way yang disediakan dari Ground Floor Vivo City Mall menuju arah pantai. Masuknya, katanya bayar 1 SGD. Namun jalan kakinya memang bisa dibilang lumayanlah. Apalagi yang udah kecapekan kayak kami, terutama mama ku yang terlihat kelelahan. Akhirnya kami pilih cara kedua, yaitu naik monorail yang tersedia dari Vivo City Mall menuju stasiun pemberhentian terakhir yaitu Beach Station. Bayar tiketnya 4 SGD perorang untuk tiket PP naik monorail. Dan karena kami sampai pada waktu weekend, jadi pengunjung mall dan sentosa sedang sangat ramai, begitu juga di dalam gerbong monorail yang selalu penuh.

Setelah naik kereta monorail kami turun ke bawah menuju loket untuk menukarkan tiket Wings of Time yang sudah dipesan kakakku secara online untuk ditukar dengan tiket fisiknya. Lalu kami bertiga istirahat sebentar sambil tanya-tanya di sebelah mana area pertunjukan. Setelah ketemu, kami menuju area pertunjukan yang sudah tersedia tempat duduknya disana dan area pantainya sudah disterilkan hanya untuk para penonton Wings of Time Show. Kami menonton pertunjukan yang jam 19.40. Sekitar 30 menit sebelum pertunjukan, kami sudah duduk sambil menikmati pemandangan pantai dan sunset. Begitu matahari terbenam dan waktu menunjukan pukul 19.40 pertunjukan di mulai. Ada semacam jalan ceritanya sebenarnya tapi aku gak terlalu memperhatikan. Karena sudah asyik nyetting kamera dan ngambil foto.

Tapi kayaknya si semacam kisah cinta, soalnya awalnya ada dua doa orang muda mudi sambil nari-nari & lari-lari gitu, kemudian diganti ke visual 3D lalu ada pertunjukan lampu, water shoot, api, laser, LED, dan fireworks atau kembang api lalu terakhiran ada ciuman gitu dalam bentuk 3D. hahaha… kayaknya si gitu. Pertunjukan ini berlangsung sekitar 30-40 menit. Lalu setelah selesai, penontonnya diminta untuk meninggalkan arena karena harus bergantian dan disiapkan untuk pertunjukan selanjutnya. I have fun with this show. Kemudian kami antri untuk naik monorail lalu cari makan malam dan pulang ke hotel. Besok harinya, kami tidak kembali ke Sentosa Island kerena kami lebih memilih untuk mengunjungi area sekitar Merlion Park, Marina Bay, dan Garden by The Bay. Lagi gak pengen foto dengan background bola Universal Studio. Hahaha… Mungkin jika ada rejeki dan umur dari ALLah Swt, bisa mengunjungi lagi Sentosa Island dan menikmati berbagai wahana yang ada disini. Semoga di Indonesia segera ada yang buat pertunjukan seperti ini. Semoga bermanfaat.