Mencoba Internet XL Unlimited

Monday, June 30, 2014


Seingetku dulu XL pernah mengeluarkan paket internet XL unlimited namun kemudian paket tersebut tidak ada lagi. Kemudian beberapa bulan yang lalu melalui iklannya di billboard dekat kantor,aku liat ada promo iklan XL tentang internet XL unlimited. Aku pun coba mencari tahu informasi dan syarat ketentuannya di internet. Kebetulan juga ada kenalan yang bekerja di distributor resmi perdana XL untuk area Surakarta yang juga menawarkan paket yang sama. Lalu akhirnya aku coba dengan membelinya ketika mereka buka stand di pameran computer di Solo. Sebelumnya sih biasa beli paket yang kuota total 11 Gb untuk modem dan paket kuota bulanan 1,5 Gb untuk di ponsel yang aku pakai. Untuk ponsel sendiri aku memang sudah sekitar 4 tahun pakai nomor XL.


Harga kartu perdananya XL unlimited bulanan waktu itu 35 ribu. Masa aktif 30 hari, kartu sudah langsung bisa dipakai di modem. Ternyata paket internet ini bisa kita dapatkan dengan mendaftar melalui *123# dengan nomor XL kita lalu pilih internet XL unlimited bulanan yang harga paket normalnya adalah 49 ribu rupiah. Nah, kemudian ketika mulai dicoba di rumah, ternyata kecepatannya bisa dibilang lumayan dari pada gak ada.  Di modem Huawei yang aku pakai dan IDM yang aku gunakan ketika downlad, angka pada kecepatan hampir tidak pernah di bawah 100 kbps, jika pada jam prime time internetan sekitar 19.00-22.00 kecepatan stabil di angka sekitar 100-130 kbps. Sedangkan pada tengah malam hingga dibawah jam 8 pagi, sekitar 150-200 kbps. Lumayan lah dari pada dua operator lain yang pernah aku pakai. Tentu saja kecepatan nya bisa beda-beda ya tergantung sinyal, internet traffic area, dan lokasi, kebetulan beberapa bulan terakhir ada tugas kantor di beberapa kota, masih lumayan lancar kecepatan internetnya.

Uploadnya sendiri sebenarnya yang aku cari, karena aku cukup sering melakukan upload gambar atau materi presentasi untuk dikirim by email maupun ke social media dengan kualitas gambar yang baik dan ukuran yang cukup besar. Cukup stabil dan lumayan cepat meski aku tidak pernah memperhatikan maksimal kecepatannya pada modem. Sayangnya paket internet ini seperti biasa pada umumnya ada tanda bintang * syarat dan ketentuan yang berlaku yang harus kita perhatikan. Paket internet XL unlimited bulanan ini memiliki FUP (Fair Usege Policy)atau batas pemakaian wajar maksimal 2 Gb, setelah mencapai 2 Gb kecepatan berinternet akan turun. Sebenarnya 2 Gb sendiri buatku belum cukup, karena biasanya aku bisa pakai kuota antara 5-10 Gb per bulan.

Penurunan kecepatannya sendiri cukup signifikan, namun ternyata masih cukup lancar. Kecepatan yang didapat sekitar 40-60 kbps, masih terbilang ya cukup normal agak ngenes lah, karena di kantorku juga settingan internetnya dibuat standar segitu dapetnya. Jadi masih cukup lancar agak ngenes untuk browsing dan upload. Tapi ntah kenapa kemarin di 3 hari terakhir menjelang masa aktif habis, kecepatan internetnya kembali turun, hanya maksimal di 15 kbps. Sudah harus sangat bersabar kalau lagi browsing maupun upload. Buat buka website resmi kantorku aja gak ngangkat. Padahal dua bulan sebelumnya hal ini tidak terjadi. Aku coba tanya si katanya karena masuk bulan ramadhan yang biasanya traffic internet di Indonesia akan selalu meningkat. Tapi ntah bener ntah gak. Tapi untuk keperluan upload aku gak ada pilihan lain, karena dah coba beberapa operator lain, ini masih yang paling lumayan kalau dipakai di area tempat tinggalku. Meski kalo urusan download menurutku ada operator lain yang lebih cepat. Jadi aku sekarang pakai dua kartu yang masing-masing untuk kebutuhan yang berbeda. Semoga ada promosi internet lain dari XL yang lebih cocok dengan budgetku dan kebutuhanku. Semoga bermanfaat. 

You Might Also Like

0 comments