Printer Laser Termurah

Wednesday, January 01, 2014



Di Indonesia, ada beberapa seri printer laser yang dijual cukup terjangkau dengan harga yang mendekati printer tinta atau inkjet di kelas entry level, bahkan dijual dengan harga relatif murah bahkan ada yang harganya di bawah satu juta rupiah khususnya untuk printer laser monokrom single function. Meskipun harganya cukup murah, kualitas cetaknya tetap terjaga dan mudah penggunaannya sehingga cukup popular di kalangan pengguna printer laser di berbagai institusi dan menjadi rekomendasi para pengguna printer laser  terutama printer laser monokrom (black & white) A4 di kelas entry level. Karena untuk seri printer laser paling murah, memang hampir disemua principle printer diisi oleh printer laser monokrom, bukan printer laser warna. Printer laser yang relatif terjangkau tersebut antara lain :


1.HP LaserJet P1102
Printer ini merupakan printer laser ukuran terkecil dari HP yang beredar di Indonesia. Dengan membawa nama HP sebagai market leader printer laser di Indonesia, printer ini cukup sukses di pasaran Indonesia. Terdapat dua varian utama yaitu HP LJ P1102 dan P1102W. Perbedaan utama mencoloknya ada pada fitur konektivitas P1100W yang lebih baik dengan fitur nirkabel/ wireless-nya. Meskipun bukan lagi tergolong printer baru, seri ini masih banyak didapati di berbagai pusat penjualan printer laser di tanah air. Printer ini dijual dengan harga di kisaran Rp 900 ribuan hingga 1 jutaan rupiah.


Kecepatan mencetak printer laser monochrome ini terbilang lumayan, yaitu mencapai 19 ppm (page per minute) dengan mode letter dan 18 ppm dengan media kertas A4. Tempat kertasnya mampu menampung hingga 150 lembar kertas dan kualitas cetaknya juga cukup mumpuni dengan teknologi HP FastRes 600, HP FastRes 1200 resolusi cetaknya mampu mencapai 1200 x 600 dpi . Terdapat fitur HP Smart Install yang dapat memudahkan dalam menginstal printer langsung dari kabel USB dalam waktu sekitar satu menit ketika printer terkoneksi dengan komputer Windows. Jadi tidak memerlukan driver dari cd atau dvd. Printer laser ini memiliki kapasitas toner sampai dengan 1.600 halaman kertas (Standard 5% coverage area cetak)


2. Canon LBP 6000
Printer laser monokrom ini rata-rata dijual dengan harga satu juta hinga 1,3 jutaan rupiah. Canon Laser Shot LBP 6000 merupakan salah printer laser terkecil di jajaran printer laser Canon yang beredar di Indonesia. Dengan dimensi 359 x 249 x 198 mm, printer ini memiliki berat sekitar 5 kg. Canon LBP6000 hadir dengan desain yang simple, compact dan kecil, sehingga memungkinkan untuk digunakan pada ruang kerja yang terbatas. Printer laser monokrom ini tersedia dalam dua varian warna yaitu hitam dan putih. Printer laser ini menggunakan cartridge 325 dengan page yields standar 1.600 halaman  (Standard 5% coverage area cetak) atau sama dengan cartridge 85A yang digunakan pada HP LJ P1102 jika Anda menggunakan toner compatible.


Warming up printer ini ketika dinyalakan cukup cepat. Printer ini hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk proses warming up, dan membutuhkan 7,8 detik untuk melakukan pencetakan pertama. Meskipun varian printer laser Canon di Indonesia tidak sebanyak printer inkjet nya, printer laser ini memiliki kualitas yang tergolong mumpuni, dengan resolusi cetak yang mampu mencapai 1200 x 600 dpi. Canon LBP6000 menanamkan fitur Driver CAPT 3.0 yang dapat mengambil alih proses konversi data pencetakan dari printer ke komputer, sehingga kinerja printer menjadi lebih cepat. Penghematan efisiensi energi hadir dengan teknologi Canon Fixing On-demand dimana hanya membutuhkan daya sebesar 1.6W pada modus siaga dan sebesar 1.3W dalam mode sleep.


3. Fuji Xerox Docu Print P215b
Fuji Xerox Docu Print P215b merupakan salah satu dari jajaran printer laser monochrome terkecil yang beredar di Indonesia. Dengan berat 4,6 kg dan dimensi fisik dimensi 358 x 197 x 208 mm, printer ini termasuk printer yang ringan di kelas printer laser monokrom. Printer ini membutuhkan warm up sekitar 25 detik ketika dinyalakan. Resolusi cetak Xerox P215b ini yaitu 1200 x 1200 dpi. Meskipun ukurannya kecil, printer laser ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Bahkan printer ini pun mampu mencetak kertas berukuran A4 dengan kecepatan mencapai 24 ppm. Printer ini dijual dikisaran harga delapan ratus hingga sembilan ratus ribuan rupiah.


Bentuknya yang compact dan kecil merupakan salah satu hasil dari tekonologi SLED (Self Scanning Emite Diode) yang dikembangkan Xerox. Teknologi ini juga didukung DELICS (Digitally Enhanced Lighting Control Imaging System), yang diklaim memiliki kontrol terintegerasi yang lebih presisi dari semua elemen pemancar cahaya dengan chip berperforma tinggi. Sehingga teknologi ini memberi kemungkinan akan ukuran printer laser yang lebih kompak tanpa mengorbankan kualitas hasil cetak. Printer ini cocok digunakan untuk konsumen rumahan karena ukurannnya yang terlihat mungil, praktis, dan tidak memakan ruang. Serta bagi mereka yang ingin mencoba menggunakan printer laser. Printer Fuji Xerox P215b juga cocok digunakan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Printer Xerox DocuPrint P215b memiliki 2 varian toner cartridge yaitu standar capacitu dengan page yield hingga 1.000 dan high capacity-nya dengan page yield 2.200. (Standard 5% coverage area cetak).

4. Brother HL-1110
Bentuk printer nya terlihat kecil, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas SOHO (small office and home office).  Desain fisiknya yang compact & simple, membuat printer ini mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kantor atau rumah Anda. Control panelnya terletak di bagian depan printer dan terlihat sangat sederhana. Dengan processor 200 Mhz dan berat printer 4,5 kg, Brother HL-1110 memiliki ukuran dimensi 340 x 238 x 189 mm. Duty cycle nya mampu hingga 1800 halaman perbulan. 



Printer laser monokrom Brother HL-1110 membutuhkan sekitar 10 detik untuk cetakan pertama sejak printer ini dinyalakan. Printer ini mampu mencetak dengan kecepatan hingga 20 ppm atau sebanyak 20 halaman per menit dengan kertas mode letter dan 21 ppm dengan kertas mode A4. Resolusi cetaknya mampu mencapai 600 x 600 dpi berkat teknologi Elektrophotographic Laser technology dengan mode pencetakan monokrom kertas A4. Printer ini dijual di pasaran dengan harga tujuh ratus hingga delapan ratus ribuan. Standar toner cartridgenya memiliki page yield hingga 1.000 halaman dengan standard 5% coverage area cetak monokrom. Sedangkan drum unitnya mampu bertahan hingga 10.000 halaman, artinya paling tidak drum unitnya akan diganti setelah 10 kali tonernya diganti.


5. Fuji Xerox Phaser 3155
Printer yang memiliki dimensi fisik 360 x 389 x 230 mm dan berat sekitar 7,46 kg ini hanya membutuhkan waktu warming up kurang dari 9 detik, tergolong cukup cepat untuk ukuran printer laser monokrom. Paper tray Fuji Xerox Phaser 3155 mampu menampung hingga 250 lembar kertas. Kecepatan dan kinerja merupakan hal utama yang ditawarkan produk printer laser Fuji Xerox Phaser 3160. Printer laser ini mampu mencetak dokumen di kertas berukuran A4 dengan kecepatan 24 ppm. Duty Cycle maksimal perbulannya hingga 12.000 halaman



Printer Fuji Xerox Phaser 3155 mengutamakan kualitas dan efisiensi, dimana memiliki kecepatan tinggi dalam mencetak. Bentuk printer yang tidak terlalu besar, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas SMB (Small Medium Business). Meski pun murah, namun kemampuannya cukup mumpuni. Desain fisiknya yang compact & simple serta ukurannya yang terbilang kecil, membuat printer ini mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kantor atau rumah Anda. Hasil cetaknya mempunyai resolusi sampai dengan 1200 x 600 dpi. Bahkan Fuji Xerox sudah menerapkan Quick Fuser Technology pada seri printer ini sehingga waktu pemanasan printer tergolong cukup cepat ketika kita menghidupkan printer ini untuk dioperasikan. Printer ini memiliki kapasitas cetak hingga 2.500 halaman (Standard 5% coverage area cetak).


Kecepatan cetak masing-masing printer ini tergantung pada isi dokumen yang dicetak, jenis kertas yang digunakan, dan settingan pada masing-masing printer. Beberapa printer-printer di atas memang bukan printer seri baru, bahkan cenderung sudah cukup lama beredar di pasaran namun masih cukup mudah didapatkan di pasaran printer di Indonesia. Kemungkinan besar karena tingkat penjualannya yang masih cukup baik dan harganya yang sangat terjangkau dan karena seri printer penggantinya yang baru dengan range harga yang sama pun belum beredar di Indonesia. Harga sewaktu-waktu bisa berubah karena kita tahu sendiri fluktuasi dollar dan rupiah yang masih relatif belum stabil. Consumable printer tersebut bisa dibilang gampang-gampang susah, namun untuk wilayah perkotaan masih cukup mudah, ada pilihan cartridge toner OEM atau original, cartridge toner compatible, cartridge toner remanufaktur, dan tentu saja refill tonernya. Untuk ketersediaan stock dan update harga terbaru dari masing-masing printer tersebut, Anda bisa menghubungi atau mengunjungi toko-toko printer terdekat di kota Anda. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari printer laser monokrom murah namun kualitas dan kecepatan cetaknya tetap terjaga.



You Might Also Like

0 comments