Printer Inkjet Termurah 2013

Saturday, November 30, 2013



Semakin banyaknya pengguna printer di Indonesia, membuat para produsen printer berkompetisi untuk bisa memenangkan hati para konsumen printer di Indonesia. Salah satunya dengan memproduksi printer dengan harga yang kompetitif di berbagai segmen. Setiap produsen printer yang beredar di tanah air, memiliki produk-produk unggulan dengan harga yang terjangkau terutama printer inkjet dengan segment entry level. Printer-printer inkjet murah tersebut biasanya ditujukan bagi pengguna awal printer, pengguna printer dengan dana yang terbatas, atau bagi mereka yang menggunakan printer hanya pada saat tertentu saja dengan jumlah yang tidak banyak. Meskipun dalam beberapa waktu terakhir printer-printer yang dijual di Indonesia mengalami kenaikan harga akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, namun tidak mengurangi minat para konsumen yang membutuhkan printer dengan harga yang terjangkau. Berikut printer-printer inkjet termurah dari masing-masing produsen printer yang memasarkan printer inkjet nya di Indonesia yang kini masih beredar di tanah air dan bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko printer di Indonesia.

HP Deskjet 1000
Printer inkjet HP Deskjet 1000 atau HP J110a merupakan printer inkjet termurah dari HP yang kini beredar di Indonesia. Printer ini merupakan printer inkjet single function yang kini dibanderol dengan harga sekitar empat ratus ribuan dan menjadi printer laser termurah saat ini yang beredar di pasaran printer di Indonesia. Printer ini terlihat simple dan ukurannya cukup kecil dan ringan sehingga mudah di tempat diberbagai sudut ruangan.


Printer HP Deskjet 1000 menggunakan cartridge (kartrid) HP 61 Black & HP 61 Tri Colors (CMY). Katrid HP 61 Ink menggunakan jenis tinta pigmen hitam untuk menghasilkan cetak warna hitam berkualitas tinggi, serta tinta warna berbasis dye untuk menghasilkan cetak grafis dengan warna-warna yang cukup jelas dan tajam.


Canon PIXMA IP2770
Printer inkjet Canon PIXMA IP2770 sudah tidak asing lagi bagi para pengguna printer di kelas entry level saat ini. Printer inkjet single function ini merupakan printer inkjet keluaran Canon yang paling murah diantara seri-seri printer inkjet Canon lain yang beredar di tanah air. Dengan banderol harga resmi di kitaran lima ratus ribuan,  printer ini masih menjadi incaran para pengguna printer yang membutuhkan printer dengan harga murah. Canon iP2770 memiliki resolusi cetak hingga 4800 x 1200dpi. Printer inkjet ini mampu mencetak dengan media kertas ukuran A4, Letter, Legal, A5, B5, Envelopes (DL, COM10), 4 x 6", 5 x 7", dan 8 x 10.
Printer ini menggunakan tinta 4 warna yang terdiri atas 2 buah cartridge, yaitu cartridge black dan cartridge tri colour (cyan, magenta, yeloow). Canon menggunakan teknologi hybrid system dalam cartridge-nya dengan menggabungkan jenis tinta pigment untuk cartridge Black dan jenis tinta dye untuk cartridge warnanya, yang diklaim Canon mampu memberikan kualitas cetak yang lebih tajam dengan menggunakan seri cartridge Canon PG-810 untuk  hitam dan  cartridge Canon PG-811 untuk tinta warnanya. 


Epson Stylus T13x
Epson Stylus T13x sudah cukup lama beredar di Indonesia dan sudah cukup dikenal karena harganya yang cukup terjangkau dan hasil cetaknya yang cukup baik. Epson Stylus T13 merupakan salah printer inkjet single function pengganti Epson T11. Rata-rata dealer resmi printer Epson atau toko-toko printer dan komputer, masih menjual seri printer ini dengan harga di bawah satu juta rupiah. Sehingga sangat terjangkau bagi berbagai kalangan masyarakat di tanah air. Printer ini cocok digunakan bagi konsumen yang kebutuhan cetaknya tidak terlalu tinggi, untuk kebutuhan cetak dokumen hitam, berwarna, dan catak kualitas photo rumahan yang cukup baik. Epson T13x ini dijual tanpa cartridge bawaan sehingga biasanya toko printer atau computer menjualnya dengan paket system infus.


Terdapat berbagai aplikasi bawaan printer Epson T13x seperti Epson PhotoEnhance dan Epson Easy Photo Print untuk pengolahan gambar sebelum dicetak dengan kualitas foto. Printer inkjet ini pun bisa dipasang CISS atau infus sistem bagi pengguna dengan kebutuhan cetak yang cukup tinggi serta untuk mempermudah user dalam melakukan isi ulang tinta. Bahkan biasanya dijual dengan paket printer yang sudah diinfus dengan harga jual dikitaran sembilan ratus ribuan rupiah.


Brother DCP J140W
Printer inkjet ini merupakan salah satu printer inkjet multifungsi warna dari Brother yang dipasarkan di Indonesia. Dijual dengan harga dikisaran 1,2 jutaan, Brother DCP J140W merupakan produk printer inkjet termurah dari Brother yang dijual saat ini di Indonesia. Meski sebenarnya sedikit lebih mahal dari printer inkjet multifungsi dari produsen printer yang lain. Namun seri ini yang paling murah dari Brother Indonesia saat ini. Berbeda dengan produsen printer inkjet lain di Indonesia yang mengeluarkan produk printer inkjet single function, Brother memang hanya memasarkan produk inkjet multifungsi untuk pasar printer inkjet yang paling tidak memiliki fitur print,scan, dan copy. Oleh karena itu harganya sedikit lebih mahal dari printer inkjet termurah dari produsen printer lain yang dipasarkan di Indonesia.

Selain fitur utama print,scan,dan copy, Brother DCP J140W memiliki fitur wifi system untuk koneksi nirkabelnya untuk memudahkan cetak langsung dari perangkat ber-wifi serta memudahkan terhubung dengan beberapa perangkat PC untuk mencetak dalam satu printer ini. Printer Brother DCP J140w juga memiliki layar lcd one line yang memudahkan user dalam beraktifitas dengan printer ini, terutama ketika melakukan settingan langsung sebelum menggunakan printer maupun ketika menggunakan printer. Printer ini menggunakan individual cartridge 4 warna dengan kode LC61BKLC61CLC61Y, dan LC61Y

Itu lah beberapa printer-printer inkjet termurah dari masing-masing produsen printer inkjet yang memasarkan produknya di tanah air pada tahun 2013. Printer-printer tersebut rata-rata sudah cukup bisa memenuhi kebutuhan cetak konsumen rumahan, siswa, maupun mahasiswa. Rata-rata seri printer tersebut sudah bisa dipasangi sistem infus printer atau CISS jika pengguna memang menginginkannya. Kini kembali ke Anda sebagai konsumen untuk memilih printer inkjet yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dana/budget yang Anda miliki.

You Might Also Like

0 comments