Review Printer Fuji Xerox DocuPrint P205b

Wednesday, August 08, 2012

Fuji Xerox Docu Print P205b merupakan salah satu dari jajaran printer laser monochrome terkecil yang beredar di Indonesia. Dengan berat 4,6 kg, printer ini termasuk printer yang ringan di kelas printer laser mono. Bahkan pada promo paket penjualannya, Xerox memberikan bonus tas printer untuk seri printer ini dengan tujuan memberikan kesan bahwa printer ini praktis dan mudah dibawa kemanapun. Printer dengan dimensi 358 x 197 x 208 mm memiliki desain khas Xerox di bagian depan dan memiliki bentuk yang compact dan kecil yang sangat memungkinkan digunakan pada ruang kerja yang terbatas. Yang paling unik adalah printer ini memiliki varian warna pink yang membuat printer seri ini terlihat semakin menarik.

Bentuknya yang compact dan kecil merupakan salah satu hasil dari tekonologi SLED (Self Scanning Emite Diode) yang dikembangkan Xerox. Teknologi SLED selama ini banyak ditemui di printer-printer kelas atas. Dengan adanya teknologi tersebut, Fuji Xerox mengklaim kalau mereka telah berhasil membuat sebuah printer yang handal dengan kualitas cetak yang bagus disertai dengan ukuran produk yang kecil.. Teknologi ini sedikit berbeda dengan teknologi laser dan konvensional LED. Setelah riset beberapa tahun, Fuji Xerox berhasil mengembangkan teknologi SLED dengan resolusi sebesar 1.200 dpi. Teknologi ini juga didukung DELICS (Digitally Enhanced Lighting Control Imaging System), yang diklaim memiliki kontrol terintegerasi yang lebih presisi dari semua elemen pemancar cahaya dengan chip berperforma tinggi. Sehingga teknologi ini memberi kemungkinan akan ukuran printer laser yang lebih kompak tanpa mengorbankan kualitas hasil cetak.

Printer dengan banderol di bawah sejuta rupiah ini menggunakan model cartridge toner baru yang disebut EA-Eco (EA: Emulsion Aggregation). Toner ini berukuran lebih kecil dan menawarkan penghematan energi yang signifikan, serta diklaim lebih ramah lingkungan. Toner tersebut diklaim mampu mengurangi emisi karbondioksida hingga 35% selama proses produksi dan hingga 25% selama proses pencetakan. Toner dengan ukuran kecil ini juga mampu mengurangi konsumsi energi hingga 40%.

Printer ini membutuhkan warm up sekitar 25 detik ketika dinyalakan. Resolusi cetak Xerox P205b ini yaitu 1200 x 1200 dpi. Meskipun ukurannya kecil, printer laser ini memiliki tempat kertas yang mampu menampung hingga 150 lembar kertas. Bahkan printer ini pun mampu mencetak kertas berukuran A4 dengan kecepatan mencapai 24 ppm (page per minute). Xerox mengklaim bahwa printer ini tidak terlalu banyak diperlukan maintenance khusus, hanya perawatan normal dan memastikan penggantian cartridge toner nya secara berkala dengan yang baru agar performa nya tetap stabil dan lebih awet.

Printer ini cocok digunakan untuk konsumen rumahan karena ukurannnya yang terlihat mungil, praktis, dan tidak memakan ruang. Serta bagi mereka yang ingin mencoba menggunakan printer laser. Printer Fuji Xerox P205b juga cocok digunakan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, bagi perusahaan maupun institusi pemerintah yang membutuhkan printer yang mudah dibawa bepergian untuk kebutuhan tugas para karyawannya dalam perjalanan dinas maupun tugas keluar kota, printer laser yang kecil dan powerfull ini juga cocok digunakan. Semua itu kembali kepada kebutuhan cetak dan kemampuan masing-masing pihak. 

Tulisanku di Orimax Indonesia

You Might Also Like

0 comments