14 January 2011

Hot Wheels : “Antara Koleksi, Fun, dan Investasi”
Dani Setiawan14 January 2011 14 comments

Mainan anak-anak pasti semua orang pernah memilikinya atau sekedar memainkannya. Mungkin dari yang paling sederhana dan murah, himgga yang kompleks dan mahal. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah selama yang menggunakan atau memiliki mainan tersebut merasa senang dan terhibur. Berbagai merek dan jenis yang ada di pasaran membuat kosumen baik itu anak maupun orang tua nya memili banyak pilihan dalam menentukan mainan yang akan dibeli. Salah satu nya mobil-mobilan atau replika dari mobil yang sebenarnya, replika kendaraan lain juga ada, kayak motor, pesawat, kapal laut, bahkan tank. Umumnya disebut die cast. Aku juga ga terlalu ngerti dari mana awal mula penggunaan istilah die cast. Apakah semua mainan anak-anak disebut die cast atau hanya mainan yang jd replika dari benda yang sebenarnya disebut die cast, aku masih kurang paham. Para kolektornya disebut diecaster. Yang cukup populer adalah die cast metal yang terbuat dari logam/metal.

Hot Wheels salah satunya. Siapa kini yang tidak kenal hot wheels. Mainan asal negeri paman Sam yang kini di produksi di Asia menjadi salah satu mainan yang bisa dibilang favorit dan brand nya yang sangat dikenal di Indonesia. Baik itu dari kalangan anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Bahkan tidak sedikit yang menjadi kolektor mainan ini, baik itu yang sekedar hobi, fanatik maupun tidak fanatik dengan brand hot wheels ini. Hot wheels merupakan mainan mobil-mobilan atau replika dari mobil yang pernah ada dan yang akan ada di tahun mendatang atau hanya sekedar concept car. Untuk replika mobil yang pernah ada biasanya desainnya menggunakan lisensi asli dari pabrikan aslinya. Mungkin ini yang membuat harganya semakin tinggi untuk mainan seukuran itu. Bahannya terbuat dari sejenis logam metal tertentu dan plastik. Skalanya ada yang 1:18 hingga 1:64. Yang paling mudah dijumpai adalah skala 1:64. Di Indonesia jumlah peredarannya cukup banyak karena dekat dengan tempat produksinya di Malaysia, Thailand, dan China. Sepertinya produsen cukup memahami keuntungan pemilihan wilayah produksi di negara-negara tersebut. Meskipun demikian, menurut kabar, Hot wheels tidak mudah dijumpai di Malaysia, karena begitu diproduksi, akan langsung di kirim ke Amerika dan berbagai negara di belahan bumi ini.

Di Indonesia hot wheels (HW) dapat dibeli di berbagai toko mainan anak-anak. Bahkan diretail seperti Indomaret yang terdapat diberbgai pelosok daerah. Selain itu dapat ditemukan di beberapa swalayan ternama seperti carrefour, giant, hypermart, chandra, maupun toko-toko yang menjual mainan khusus kolektor yang kini banyak bermunculan. Biasanya dijual dengan harga antara Rp18.000-Rp25.000 untuk yang model reguler. Tergantung tempat atau toko yang jual, tapi kebanyakan dibandrol dngan harga 19.900 atau 21.900. Ternyata di Indonesia kolektor Hotwheels jumlahnya cukup banyak, dari yang koleksi reguler hingga koleksi yang limited edition yang harganya jutaan. Dari yang koleksinya berjumlah belasan hingga yang koleksinya ribuan. Aku sendiri salah satunya, ya meski koleksiku masih sedikit dan hanya seri-seri yang biasa ku temukan digantungan toko. Dah hampir satahun hal ini ku lakuin. Ntah kenapa waktu ngoleksi hot wheels pikiran jadi lebih fresh dan tenang. Yang bikin ga tenang kalo ada HW yang lagi dipengenin tapi pas ga bawa duit,,,hahaha, pasti ga tenang. Untung aja akhir2 ini aku dah mulai fokus untuk ngoleksi item-item tertntu aja, jadi ga sembarangan seri Hotwheels yang aku beli.


Banyak pengalaman baru yang ku alami semenjak koleksi HW. Dari seharian hunting HW, belanja HW secara online, jualan HW secara online, barter koleksi dengan kolektor lain, liat acara swap meet para kolektor, dan lain-lain. Yang jelas aku suka waktu huntingnya, kerena bisa sekalian refreshing dan jalan-jalan. Selama ini banyak macam-macam HW yang kulihat dari koleksi para kolektor HW di Indonesia, ya meski cuma lewat social networking di internet. Seri yang dikoleksi para kolektor ini macem-macem. Ada yang ngoleksi berdasarkan merek mobil, kayak ada yg ngoleksi khusus corvette, jeep, ada juga ferrari, nissan, cadillac, lamborghini, toyota, camaro, VW dan lain-lain. Aku juga pernah liat, ada juga yang ngoleksi berdasarkan warna kayak yang koleksi HW khusus warna item, warna ungu, warna hijau, kuning, dan ada pula warna biru, tergantung selera masing-masing. Ada pula yang ngoleksi berdasarkan jenis mobilnya, misal ngoleksi HW yang bentuk pick up, mobil drag, SUV, low rider, supercar, exotic, police car, american muscle, model hatcback, off road dan lain-lain tanpa terlalu memperdulikan replika mobil dari merek pabrikan mana. Ada pula yang ngoleksi berdasarkan seri atau tema tertntu yang telah dibuat pabrikan HW, misalnya HW performance, faster than ever, tack star, HW first edition atau sekrang disebut new model atau juga premiere, HW Racing, dan lainnya.

Kebanyakan kolektor di Indonesia yang selama ini kulihat kayaknya mobil HW pick up, VW, t hunt, old style (classic), off road style, supercar, & muscle car. HW yang beredar di Indonesia kebanyakan sebenernya untuk anak-anak umur 3+, tapi sejauh ini aku perhatiin, kolektor di Indonesia kebanyakan adalah mereka yang umurnya bisa dibilang cukup dewasa. Termasuk aku…hahaha…Ada pula yang masih anak-anak, macem-macem pokoke, dari yang siswa SMP hingga yang mereka level pekerjaan setingkat manager bahkan direktur, dan kolektor (diecaster) cewek juga ada. Dari berbagai latar belakang yang berbeda. Tapi ga salah kan kalo 3+, berarti yang 3+20 tahun atau 3+48 tahun juga boleh membeli dan mengkoleksinya. Hehehe…

Tiap tahun Hot Wheels mengeluarkan ratusan seri/model dengan berbagai bentuk. Dan setiap tahun berbeda, ini yang menarik. Kalaupun ada seri yang sama, pasti ada perbedaan warna maupun tampo nya, maupun perbedaan velg. Misal HW yang diproduksi tahun 2008, tidak akan diproduksi lagi di tahun 2009, begitu seterusnya. Yang menjadi menarik adalah seri-seri hotwheels ini ada yang langka sehingga menjadi buruan para kolektor. Hotwheels yang langka ada yang disebabkan karena perbedaan penyebaran distribusi ke wilayah-wilayah khususnya Indonesia serta pendistribusiannya dilakukan secara bertahap. Sehingga menyebabkan seri tertentu langka di daerah A sedangkan di daerah B banyak bergelantungan di toko dan ada pula seri-seri tertentu yang baru keluar di penghujung tahun, dan ada pula yang diawal tahun keluar, begitu akhir tahun dah sulit dijumpai. Hal ini paling sering terjadi untuk HW yang reguler atau yang biasa kita jumpai di berbagai tempat.

Ada juga hotwheels yang modelnya favorit dan menarik sehingga semakin sulit ditemukan di toko mainan karena banyaknya permintaan. Ada pula yang memang jumlahnya hanya sedikit di setiap box HW yang didistribusikan bahkan disetiap box belum tentu ada seri tersebut. Bagi kolektor yang sering hunting hot wheels diberbagai tempat pasti tahu mana yang mudah dijumpai dan mana yang jarang ditemui. Ada pula yang langka karena memang jumlahnya hanya diproduksi terbatas, seperti Hotwheels seri convention, HW treasure hunts ban karet, HW vintage, HW wayne garage, HW seri factory sealed, apalagi ya…mmm pokoke yang special edition gitu lah…hehehe… (moga ga salah nulisnya). Ada pula yang hot wheels yang langka karena umurnya, misalnya HW 2008, ditahun 2011 pasti akan semakin sulit ditemukan. Karena gak diproduksi lagi di thn 2011. Untuk HW reguler mengetahui langka tidaknya suatu item bisa dilihat jika kita sering hunting HW di berbagai tempat kita kan melihat item-item yang memang jumlahnya banyak digantungan, jika hanya satu dan jarang ditemui ada kemungkinan HW tersebut cukup langka. Atau untuk mudahnya kita bisa bertanya secara langsung atau mungkin melalui komunitas di daerah, komunitas online di FB, kaskus, blog, dll kepada kolektor yang sering hunting. Yang jelas makin tua umur hot wheels nya pasti akan semakin bernilai, apalagi jika seri-seri favorit, harganya bisa terus melambung. Istilahnya, makin tua makin jadi…. Hehehe

Hot wheels treasure hunts misalnya jumlah yang diproduksi memang tidak banyak apalagi yang ban karet. Hot wheels yang langka biasanya menjadi kebanggan sendiri bagi para kolektor Hot wheels. Apalagi jika barang langka tersebut dijual, bisa bernilai rupiah tinggi. Mengkoleksi die cast semacam hot wheels memang banyak keuntungan yang kita dapatkan. Kita bisa melatih kesabaran kita (ini yang berat). Sebagai kebanggan tersendiri , apalagi dikalangan kolektor. Kita juga bisa mendapatkan teman-teman baru terutama sesama kolektor HW. Mengkoleksi HW juga bisa jadikan investasi di masa depan. Pinter-pinter aja nyimpen & ngerawatnya. Makin tua serinya dan makin langka hot wheelsnya nilai akan semakin tinggi. Apa lagi di tangan para kolektor hot wheels. Buatku sendiri HW mengingatkan ku tentang keluargaku dan kemaren2 ini sedikit mengurangi beban pikiranku, kayaknya ada semacam suntikan penggembira yang bisa bikin awat muda…jiahahaha. Dan hot wheels ini bisa diwariskan ke anak-anak kita kelak, karena kualitas bahan yang bagus sehingga cukup awet untuk disimpan dalam waktu yang lama.

Hanya sayangnya sekarang banyak orang yang tahu tentang koleksi HW, sehingga terkadang ada permainan nakal, sehingga sedikit mengganggu kesenangan mengkoleksi dan hunting HW, terutama dari para SPG atau SPB di mall atau swalayan yang menjual Hot wheels. Biasanya yang barang bagus dan langka akan mereka simpan atau mereka beli sendiri dan dijual lagi dengan harga yang jauh lebih mahal. Kalo selisihnya dikit si ga masalah lah, tapi kalo sampe berlipat lipat pat lipat ya kebangeten lah. Tapi Ya aku maklum si, namanya juga cari duit. Paling sering kejadian untuk seri T hunt$, padahal harga aslinya sama ma reguler tapi karena sifat langkanya itu harganya bisa melambung tinggi, misal untuk thunt reguler bisa antara 40-60rb per pieces, sedangkan T hunt$ yang ban karet aku pernah liat ada yang jual sampe 120rb. Untung saya ga koleksi yang ginian, klo ga kan bisa cepet tipis ni dompet….hehehe. Kalau aku mah fun aja, dapet TH digantungan ya syukur, ga dapet juga ga papa.

Asyiknya lagi ada katalog yang bisa kita jadikan panduan dalam mengkoleksi Hot wheels dari tahun ke tahun. Ada website resminya dan semacam wikipedianya dari seri yang dibuat tahun 70an hingga yang 2011, sehingga memudahkan para kolektor untuk memperoleh informasi dan lebih bersemangat tuk hunting. Hal ini menunjukkan bahwa produksi dan pemasaran hotwheels dilakukan dengan sangat serius. Jika kita ada kesulitan untuk mencari item tertentu yang diinginkan kita bisa membeli secara online, kenalan di toko2 yang jual diecast, atau datang langsung ke lokasi pertemuan para kolektor diecast di berbagai daerah. Untuk online, biasanya diecaster indonesia biasa mencari di FB, ebay, dan kaskus. Tapi buat yang punya dana tak terbatas, aku gak bisa bayangin dia bakal hunting dimana untuk dapetin HW yang diincer... hehehe

Nilai investasinya yang bisa dibilang lumayan ini membuat banyak orang makin semangat untuk koleksi Hot wheels dan mungkin berbagai jenis die cast yang lain. Kalau para kolektor ini lagi butuh uang tau sudah bosan dengan koleksinya mereka akan menjualnya kepada orang lain tau kolektor lain. Harganya bermacam-macam, tergantung kelangkaannya dan jenisnya tentu saja. Tapi kalo udah suka ma jenis tertentu biasanya para kolektor ini tak ragu untuk merogoh koceknya dalam-dalam. Mereka pasti tentu saja memiliki hot wheels favorit masing-masing atau buruan masing-masing. Terkadang meskipun bukan hot wheels yang special edition ataupun T hunt, harganya bisa cukup tinggi karena langka, seri lama, dan favorit. Ya kembali lagi ke yang jualnya si. Ada pula yang melelang koleksi hot wheelsnya agar memperoleh harga tertentu yang ingin dicapai. Biasanya dilakukan langsung dalam acara pertemuan para kolektor, atau dilakukan di situs jejaring sosial dalam suatu hubungan pertemanan karena mengkoleksi HW, misalnya di facebook. Kalo twiitter udah lum ya? Aku juga lum tau. Yang jelas Hot wheels selain untuk kesenangan, kebanggaan, dan investasi tentu, dan tentu saja bisa diwariskan ke anak-anak atau orang-orang sekitar kita. Hayoo sapa yang mau menghibahkan HW nya ke saya…hahaha. Udah ah sekian dulu, tunggu tulisan ane tentang Hot wheels selanjutnya. Maaf jika salah-salah kata atau informasi, saya juga masih newbie :p

7 P Dalam Bauran Pemasaran
Dani Setiawan 18 comments

Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence. Saya kurang paham siapa yang duluan menegemukakan konsep 7P ni, tapi yang jelas, sangat berguna bagi penerapan konsep ini dalam komunikasi pemasaran.

Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dan ada pula strategi-strategi komunikasi pemasaran tertentu, seperti strategi segmenting, targeting, pricing,dan positioning, dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

a. Product (The Services)
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.

b. Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.

c. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran

d. Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
•Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
•Mengkomunikasikan produk baru
•Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
•Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
•Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
•Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.

e. People
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.

f. Process
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

g. Physical Evidence
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.

Diolah dari beberapa buku Komunikasi Pemasaran. Maaf jika ada salah :)

Promotion Mix
Dani Setiawan 0 comments

Dalam komunikasi pemasaran jasa beberapa kegiatan yang menjadi elemen penting dalam memasarkan produk terutama jasa, yang biasa dikenal dengan promotion mix (bauran promosi). Sebenarnya promotion mix merupakan bagian dari konsep marketing mix mengenai promotion, namun dalam perkembangannya promotion mix menjadi wujud nyata dari konsep marketing mix yang lebih spesifik, antara lain yaitu :

•Periklanan (Advertising)
Advertising adalah nonpersonal, sebuah pemberitahuan informasi yang dibayar oleh sponsor (perusahaan). Digunakan untuk menjangkau khalayak luas, menciptakan kesadaran brand, membantu pembedaan brand dengan kompetitornya, dan membangun citra brand. Karakteristik dari iklan sendiri adalah bersifat non-personal, komunikasi satu arah, ada sponsor (khalayak yang peduli), dan bertujuan untuk mengubah sikap dan perilaku.Biasanya advertising itu dipakai ketika suatu perusahaan ingin mengubah customer dari unaware, menjadi aware terhadap suatu brand.

•Sales Promotion
Pada konsepnya, sales promotion digunakan untuk memotivasi customer agar melakukan aksi dengan membeli produk yang dipicu dengan adanya penawaran produk dalam jangka waktu terbatas. Disaat perusahaan ingin berhubungan langsung dengan customer tanpa melalui retailer, maka digunakanlah direct-response marketing, seperti: close-loop, interactive, database-driven messaging system yang menggunakan banyak jenis media untuk menciptakan respon behavioral.

•Direct Marketing
Direct marketing merupakan salah satu fungsi IMC yang terdiri dari front-end dan back end operations. Front-end menyusun harapan-harapan dari konsumen yang mencakup the offer (yakni segala sesuatu yang nyata maupun tidak dijanjikan oleh perusahaan guna mencapai perilaku customer yang diinginkan perusahaan, misal: penawaran harga khusus, garansi, dll), the database (mendapatkan data customer-nya dan menggunakan data itu untuk penawaran selanjutnya) dan the response (memberikan respon yang baik terhadap customer, misal: dengan membuat toll-free-line untuk layanan customer) sedangkan back end berusaha mempertemukan harapan konsumen dengan produk, mencakup fulfillment (yakni membuat produk atau informasi yang diminta oleh konsumen cocok, efektif, dan tepat waktu).

•Personal Selling
Personal Selling adalah komunikasi dua arah dimana seorang penjual menjelaskan fitur dari suatu brand untuk kepentingan pembeli. Dalam personal selling, dilibatkan komunikasi yang sifatnya tatap muka dan kegiatannya pada sekarang ini terfokus pada pemecahan masalah dan penciptaan nilai bagi customer (lebih dikenal sebagai partnership). Dimensi dari partnership ini adalah, seorang salesperson harus memahami customer-nya dengan baik. Personal selling sendiri merupakan bagian dari direct marketing, namun perbedaan dasarnya adalah dalam personal selling, perusahaan yang dijembatani sales person berinteraksi secara tatap muka dengan customer.

•Word of Mouth
Word of mouth tadinya adalah sebuah proses dimana dampak dari berbagai kegiatan promosi yang dilakukan yang menjadi perbincangan di masyarakat. Namun dalam perkembangannya word of mouth dapat dibuat dan direncanakan dalam suatu konsep pemasaran. Sehingga brand menjadi perbincangan dan membentuk citra tertentu di masyarakat. Terutama melalui komunikasi langsung dengan konsumen. Dalam hal ini peran orang sangat penting dalam proses mengkomunikasikan produk terutama jasa. Customer sangat dekat dengan pengiriman jasa, dengan kata lain yang berpotensial dengan pengalamannya dalam menerima jasa tersebut. Sehingga word of mouth sangat besar pengaruh dan dampaknya terhadap pemasaran jasa dibandingkan dengan aktivitas komunikasi lainnya.

•Public Relation
PR dalam komunikasi pemasaran merupakan pekerjaan yang sangat luas dan beragam, tidak hanya bertugas men-track opini publik saja, tetapi juga bertugas me-manage corporate brand dan menjaga reputasinya. PR digunakan sebagai media untuk menyampaikan brand information guna mempengaruhi calon customer atau customer secara positif. Fungsi PR sendiri lebih fokus kepada customer atau calon customer dan melengkapi strategi marketing yang lain dengan 4 cara: (1) meningkatkan kredibilitas brand message; (2) menyampaikan message sesuai targetnya berdasarkan aspek demografis, psikografis, etnik atau khalayak secara regional; (3) mempengaruhi opinion leader atau trendsetter yang berpengaruh; (4) melibatkan customer dan stakeholder lainnya pada event spesial.

Aktivitas utama staf public relation (PR) antara lain :
•Sponsorship adalah dukungan finansial kepada suatu organisasi, orang, atau aktivitas yang dipertukarkan dengan publisitas merek dan suatu hubungan. Sponsorship dapat membedakan sekaligus meningkatkan nilai suatu merek. Beberapa pedoman yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam memilih sponsorship: target khalayak, penguatan citra merek, dapat diperpanjang, keterlibatan merek, biaya yang efektif dan sponsor lainnya.

•Event marketing atau biasa disebut special event adalah situasi yang signifikan atau peristiwa promosional yang mempunyai fokus utama untuk menangkap perhatian dan melibatkan customer dalam event tersebut. Perusahaan dan organisasi-organisasi non-profit menggunakan events dengan beberapa alasan, yaitu: untuk melibatkan sasaran khalayak, untuk mengasosiasikan sebuah brand dengan aktivitas, gaya hidup atau orang-orang tertentu, untuk meraih sasaran khalayak yang sulit dijangkau, untuk meningkatkan brand awareness dan untuk menyediakan platform yang baik bagi brand publicity.

Diolah dari berbagai macam buku/sumber.Maaf jika ada salah kata, semoga bermanfaat.

SUBSCRIBE