25 February 2011

Cara Setting Internet Axis Pada Modem Kamu
Dani Setiawan25 February 2011 4 comments

Sekarang Axis sudah menyediakan paket internetan dengan tarif yang cukup terjangkau (relatif lah). Namun sebelumnya kamu pastikan dulu kamu memiliki no Axis dan kamu berada di wilayah yang dijangkau oleh sinyal Axis yang cukup stabil. Untuk kamu yang ingin menggunakan internet dengan modem eksternal berikut cara-cara nya agar lebih memudahkan kamu untuk mulai menggunakan internet Axis.

Cukup tekan *123# dari nomor AXIS-mu atau kirim SMS dengan format MENU ke *123# dan pilih PAKET PUAS INTERNETAN. Lalu pilih paket internet yang kamu inginkan. Tunggu sebentar sampai sms pemberitahuan masuk.




Jika modem kamu gak ada fasilitas call nya bisa kirim SMS dengan format seperti di atas. Jika masih belum bisa, masukkan sim card Axis mu ke ponsel, dan ikuti langkah-langkah di atas. Lalu pindahkan kembali sim card mu ke modem eksternalmu.

Pada setting modem di PC atau Laptop gunakan :
- Connection Name : axis
- Access Point Name (APN) : axis
- Access/Dial Number : *99#
- Username : axis
- Password : 123456

Untuk mengecek kuota internet Axis mu :
Pertama tekan *777*2# lalu tekan 4 ( info ), kemudian tekan 5 ( cek paket ). Nanti keluar tulisan kamu telah memilih untuk menampilkan informasi paket data yg sedang berjalan .Lanjut : 1. ya … dan tunggu deh sms nya dari 777. Contoh SMS yang di dapat :
“Saat ini kamu telah memiliki AXIS Paket data bulanan yg berlaku sampai dengan 16-OKT-2010..Pemakaian Data sampai 12-OKT-2010 00:12 adalah 720 MB.

Kalau ga keluar datanya, ya berarti Anda belum beruntung. Dan jangan heran, hal ini sering terjadi, oleh karena itu pastikan penghitung data download dan upload pada modem mu berjalan dengan baik dan akurat. Karena banyak modem yang kurang akurat dalam menunjukkan kecepatan akses internet dan pemakaian data internet (kuota) yang telah dipakai. Sebaiknya pada saat mulai menggunakan paket internet, penghitung data internet pastikan mulai dar nol (kayak di pom bensin gitu) jadi kalo kamu beli paket 500mb misalnya, maka menjelang penghitung data internet mencapai angka 500mb maka bersiaplah untuk isi ulang, karena untuk Axis jika kuota habis, maka sudah tidak bisa dipake lagi, dan harus isi ulang. Data kuota dihitung dari jumlah upload dan download ratenya.

Jika kamu akan membeli paket lain, misalnya kamu pake paket 500Mb (Rp. 24.900), terus pengen ganti ke paket 1Gb, maka kamu harus berhenti berlangganan menggunakan paket 500Mb dulu. Cara berhenti berlangganannya bisa cek di *123# , dan pilih berhenti berlangganan. Jika kamu sudah mendapat SMS pemberitahuan dari axis, maka pilih paket 1 Gb untuk menggunakan paket tersebut. Namun jika kamu tetap ingin menggunakan paket 500Mb maka ulangi langkah-langkah waktu kamu memilih paket internet Axis yang 500Mb. Isi pulsa jangan terlalu banyak, di pas in aja ma paket internet yang kamu mau beli. Misal yang 1Gb Rp 34.900, jadi beli pulsanya 35 ribu aja atau 40 ribu aja, karena buat jaga-jaga jika kita lagi asik internetan dan jaringan sibuk, trus sms pemberitahuan kuota habis telat masuk, maka internet akan jalan dengan menggunakan sisa pulsa regulernya. Sayang kan.

Paket internet Axis ini sebenarnya bisa digunakan di seluruh Indonesia yang dijangkau sinyal Axis, namun jika wilayah tersebut sinyal axis masih nebeng sinyal operator lain, kalo ga salah XL, sebaiknya jangan menggunakan paket internet ini. Yang ada kamu bakal merasa jengkel dan kecewa. Kecuali untuk pulau Jawa, karena paket ini awalnya hanya berlaku di pulau Jawa, dan sinyalnya udah 3G. Kecepatannya lumayan kok, (daripada gak ada) aku sering pake yang paket bulanan 1GB(Rp. 34.900). Kecepatan download nya jika mendapat sinyal 3G sekitar 40Kb - 60Kb. Downloadnya pun stabil diangka tersebut meski kamu download file dengan ukuran cukup besar. Jika cuma dapet sinyal GPRS atau EDGE, download nya berada pada kecepatan 15Kb – 30Kb. Yang paling asyik dari Axis ini, browsingnya cepet. Jadi buat kamu yang ga suka nunggu lama-lama buka halaman web, bisa coba pakai paket ini. Tapi inget, makin tinggi kecepatan internetnya, makin cepet pula kuota abis. Cocok untuk orang yang cuma browsing, social network, download kecil-kecil, cek email, & chatting. Yang ringan-ringan lah.

Biasanya 1Gb ini bisa dipakai selama 1-3 minggu, tergantung penggunaan internet kamu namun jika kamu termasuk pengguna internet yang cukup tinggi kegiatan upload dan downloadnya, sebaiknya jangan memakai paket internet Axis. Browser sebaiknya menggunakan browser google chrome, tapi jika google chrome kamu sering eror, pake mozilla firefox gak papa. Kalau kamu sedang ada waktu senggang selama seharian dan pengen banyak download, tidak ada salahnya membeli paket unlimited sehari 24 jam dengan harga 15 ribu rupiah. Karena hanya ini paket yang tersedia untuk paket unlimitednya. Pastikan sinyal di wilayah kamu itu yang penting. Karena kecepatan internet Axis ini kecepatannya termasuk stabil jika sinyal tidak naik turun drastis. Jika kamu mencari paket internet yang unlimited bulanan sebaiknya memilih paket internet dari provider lain.

CATATAN
Saya menggunakan modem Huawei pada laptop Acer AMD dan saya pernah pakai internet axis ini di wilayah Solo, Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Surabaya, Lampung. Namun yang paling cepet dan stabil di Solo dan sekitarnya. Meski demikian ketika saya pakai di Lampung, sangat sangat mengecewakan. Tapi jika traffic penggunanya axis di tempat-tempat tersebut sedang sangat tinggi, meski dapet sinyal 3G, kecepatan yang didapat hampir sama pada sinyal GPRS/EDGE. Tapi masih lumayan kok kalo cuma browsing. Waktu download paling cepat antara pukul 02.00 dini hari – 10.00 pagi. Jangan lupa pake IDM kalo mau download, karena koneksi terkadang putus antara pukul 18.00-24.00.Tarif di atas hanya berlaku sementara, dan masih terus berubah-ubah. Ikuti perkembangan promosinya agar tidak menyesal memilih paket internet sesuai kebutuhan.

Semoga Bermanfaat.
About The Author Dani Setiawan Thinker Planner Actioner | An Employee | Part Timer | Blogger | Buzzer | Moslem | Indonesian | Dani Setiawan | Facebook and Twitter

4 comments:

  1. GPRS Axis adalah salah satu yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini berkaitan dengan setting GPRS Axisitu sendiri. Sebenarnya, untuk mendapatkan settingan GPRS AXIS ada cara yang sangat mudah, yakni dengan mengunjungi halaman setting otomatis GPRS Axis berikut ini;

    ReplyDelete
  2. Pada dasarnya Setting Internet Axis adalah bagaimana cara kita agar terhubung dengan internet. Nah, saat ini ada 2 cara umum yang digunakan oleh kebanyakan orang untuk terhubung dengan internet. Yakni via komputer dan yang kedua via HP.

    ReplyDelete
  3. terus isi ulang lewat modem pc gimana caranya mas...apa musti copot kartu lalu pasang di hp...isi ulang copot lagi...pasang di modem lagi...gitu ya atau ada cara lain

    pengalaman pake im2 kalo isi ulang langsung ada pengumuman di internet di pc, isi ulang langsung(masukan kode voucher...enter)
    langsung nambah pulsanya
    tapi internet indosat keong banget jalanya...makanya saya pake axis

    tapi belum tau cara isi ulang lewat internet pc/bukan hp

    mohon penjelasanya

    aris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir pake axis beberapa bulan lalu saya juga masih lewat HP pilih paketnya, karena modem gsm saya tidak ada fitur call. Kalo ada fitur call ikuti aja langkah di atas atau ketik *123# terus ikuti petunjuk pengisian paket internet sesuai paket yg diinginkan. Belum seperti model internet im2 karena kemungkinan jaringan yg lum stabil. Tarif internet axis masih berubah-ubah begitu pula syarat & ketentuannya. Mending cek langsung ke web resmi axis indonesia.

      Delete