14 January 2011

7 P Dalam Bauran Pemasaran
Dani Setiawan14 January 2011 18 comments

Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence. Saya kurang paham siapa yang duluan menegemukakan konsep 7P ni, tapi yang jelas, sangat berguna bagi penerapan konsep ini dalam komunikasi pemasaran.

Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dan ada pula strategi-strategi komunikasi pemasaran tertentu, seperti strategi segmenting, targeting, pricing,dan positioning, dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

a. Product (The Services)
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.

b. Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.

c. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran

d. Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
•Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
•Mengkomunikasikan produk baru
•Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
•Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
•Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
•Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.

e. People
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.

f. Process
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

g. Physical Evidence
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.

Diolah dari beberapa buku Komunikasi Pemasaran. Maaf jika ada salah :)
About The Author Dani Setiawan Thinker Planner Actioner | An Employee | Part Timer | Blogger | Buzzer | Moslem | Indonesian | Dani Setiawan | Facebook and Twitter

18 comments:

  1. thankyou postingannya.. membantu buat tugas banget nih..

    ReplyDelete
  2. masa di tugas gw ada 9 komponen bauran pemasaran ?

    2 lagi apa nih ya ?

    dosennya salah tulis apa emg ada 9 ?

    ReplyDelete
  3. Memang ada yg berpendapat 9P, bahkan saya pernah baca ada yg 13P, tapi sebenarnya cuma pengembangan dari 4P yang terdahulu.Semua kembali pada kebijakan para pembuat strategi perusahaan. Kalo dari buku "Lifestyle Marketing" Bernard T.Widjaya, ada kutipan marketing mix ampe 13P, tambhnnya itu : Public Relation,Productivity,Participating customer,Personnel loyalty, Psychographics, & People Knowledge.
    Maaf gan kalo salah, saya juga masih belajar & mempraktikannya. :)

    ReplyDelete
  4. mantaf gan, trimakasih. poshtingannya sangat membantu...

    ReplyDelete
  5. maaf, bisa tolong info.. untuk 7P yang produk (Barang), da yang tau Literaturnya apa??

    ReplyDelete
  6. sip gan postingannya. referensi buku-buku kayak gini kayaknya bisa dilihat di toko buku di bagian komunikasi/pemasaran.

    ReplyDelete
  7. sangat membantu sekali... terima kasih banyak ya,hanya Tuhan yang bisa membalas :)

    ReplyDelete
  8. Makasihhh,, akhirnya aku tahu juga deh se sangat bermanfaat,, thanks

    ReplyDelete
  9. Infonya sangat membantu bagi dunia pemasaran, terimakasih, ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. makasih infonya,, berguna sekali :)

    ReplyDelete
  11. Trima kasih... artikel pemasarannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Mantaph artikelnya...
    Just for share aja, brgkali bisa sedikit menambah bacaan mengenai konsep bauran pemasaran / markrting mix...
    Klik --> Makalah Marketing Mix Bank BNI

    ReplyDelete
  13. kalo yang 5 p tu kayak gimana dia....???

    ReplyDelete
  14. terima kasih banyak ^_^
    ngebantu banged buat tugas kampus saya :)

    ReplyDelete
  15. Terimas kasih atas postingannya ya mas, akhirnya nih tugas bauran pemasaran bisa terlaksanakan.
    maaf nih mas, ko dosen saya berpendapat kalo 7P itu Price,Place,Promotion,Product,People,Power dan Physical evidiance bukan proces

    ReplyDelete

SUBSCRIBE