Ada Setan di Amplaz

Wednesday, July 28, 2010

Sabtu lalu, pagi-pagi aku dihubungi kakak iparku. Dia bertanya apakah aku mau ikut jalan-jalan ke jogja taw gak. Akhirnya kuputuskan tuk ikut ya itung-itung karena aku ga jadi maen ke semarang. Lalu akhirnya aku berangkat bareng kakakku, istrinya,dan kedua keponakanku ke jogja. Ya intinya bener-bener jalan-jalan. Meski sering ke jogja, tp tetep aj ada rasa nyaman tersendiri tiap mengunjungi kota ini. Sampe perbatasan jogja, ternyata mereka ga ada tujuan pasti mau kemana, ya akhirnya ke Amplaz dulu deh karena masih jam 10an, jadi pasti lebih sepi dan lebih nyaman aja. Karena ternyta kakak iparku belum pernah ke Amplaz. Terakhir ke jogja, katanya gedungnya belum dibangun. Aq si maklum karena dia lebih terbiasa ngubek-ngubek mall di Jakarta.

Sampe di Amplaz, tujuan nya ya keliling-keliling, belanja-belanja, liat pameran, dan lain-lain. Ya yang biasa orang lakuin klo ke mall. Keponakanku yg pertama, Alya, seneng bgt, ni anak meski baru mau 4thn, tp namanya jalan-jalan di mall lebih kuat dr pada aku. Hahaha,,,keliatan bgt klo dr bayi sama ortunya sering dibawa ke mall. Haduh-haduh dasar anak jaman skarng. Akhirnya dia pun yang ribut duluan ngajak makan karena perutnya dah laper. Karena dia juga ribut mulu minta maen di time zone taw smacemnya tapi ga dibolehin ma kakakku. Ya akhirnya, luluh juga bapaknya, kita ke lantai atasnya lagi trus ke game stationnya kalo ga salah. Yang deket ma AW, karena kponakanku ma bapaknya ni paling suka makan di AW. Haduhhh…

Keponakanku pun menarik tangan ayahnya ke arah area game station itu, namun beberapa meter sebelum masuk lokasi tiba-tiba, kponakanku itu tiba-tiba berenti berjalan dan kemudian mundur beberapa langkah, wajahnya yang sumringah pun tiba-tiba langsung pucat dan ketakutan. Dia kemudian berbalik arah dan menarik tangan ayahnya dan minta pulang, dia trus merengek minta pulang, bahkan dari tadi dia yang rewel dah laper trus minta makan di AW langsung ilang kayaknya lapernya, dia trus bilang minta pulang. Mamanya sambil gendong si kecil trus bertanya ma Alya kenapa dia ketakutan gt. Apa dia abis liat sesuatu di game station tadi. Aku juga heran knapa ni anak, Akhirnya kami pun menuju lantai paling bawah, karena mobil di parkir disitu. Sampe di mobil kami terus bertnya-tanya kenapa dia begitu. Akhirnya dia pun bilang, katanya dia tadi liat setan, setannya cowok, n gede bgt katanya. Weewww, aq jd kaget. Padahal aq ga liat apa-apa tadi, cuma ada beberapa remaja yang bermaen game disana.

Akhirnya aq pun ga bhs hal itu lagi di mobil. Aq emang sering denger katanya ada orang-orang yang menggunakan bantuan makhluk-makhluk gaib itu untuk tujuan ekonomi, atau sekedar tuk penglaris, mungkin itu istilah populernya. Supaya tempat bisnisnya lebih banyak dikunjungi orang maupun bisnisnya berjalan lebih lancar. Tapi yang aku heran, kenapa alya cm ketakutan pas di t4 itu. Karena banyak bgt toko di Amplas, aq yakin bnyk yang make hal-hal macem itu. Percaya taw ga mungkin ya itu bener taw mungkin ga bener. Kembali ke diri kita masing-masing aja klo soal hal ginian. Aq si cm bersyukur, ga bisa lihat secara langsung makhluk seperti itu. Ada yang bilang kalo anak kecil biasanya cenderung bisa melihat hal-hal mistis sperti itu. Ya aku si maklum, karena aku punya spupu yang semenjak lahir bisa lihat hal-hal mistis, bahkan bisa mengobati berbagai macam penyakit, meski lambat laun kemudian kemampuan itu hilang seiring bertambahnya umur. Karena ini di Jawa, dan ini Jogja gt lo, sepertinya hal-hal berbau mistis dah menjadi rahasia umum yang semua orang di jogja mungkin memaklumi. Ga di Jawa, hal-hal macem gini juga banyak. Meski Dulu waktu aku blm merantau ke jogja ga terlalu percaya dengan hal-hal ginian.

Tapi ya dari cerita maupun pengalaman yang dialami langsung oleh beberpa orang yang ku kenal baik, jadi agak memahami dan memaklumi tentang berbagai hal seperti ini. Seperti misalnya di jogja itu ternyta banyak bgt mahasiswa luar daerah yang pada awal masuk kuliah di jogja, dah punya “pegangan” yang mereka bawa dari daerah masing-masing. Ntah itu jimat, doa-doa terntu, jampi2, taw barang-barang kberuntungan, yang mereka dapat sendiri maupun diberi oleh orang tuanya. Katanya si tujuannya cuma untuk perlindungan, kalo pun ada tujuan lain ya itu hak masing-masing. Asal ga merugikan orang lain aja. Aq bener-bener kaget waktu itu, karena hal tersbut banyak ku dengar langsung dr mereka yang melakukannya. Klo mahasiswa di daerah lain melakukan hal yang sama taw nggak, aq ga tau deh itu.

Lalu ada lagi pengakuan seorang manager pengelola salah satu toko terkenal di Malioboro di salah satu workshop yang kuhadiri kalo dia menyuruh pegawainya untuk memasang dupa ataupun menyan pada hari-hari tertentu di depan tokonya dan beberapa titik jalan malioboro. Katanya si biar membentuk suasana nyaman tertentu dan semoga memperlancar bisnis mereka. Banyak skali hal-hal semacam ini yang kudengar bahkan ku lihat sendiri orang-orang yang mempraktekkan hal-hal semacam itu. Secara realistis, aku agak ga ngeh, tp ya nyatanya hal ini yang terjadi di masyarakat. Tiap daerah biasanya punya cara-cara tersendiri dalam hal-hal mistis. Jawa ada sendiri, kalimantan ada sendiri, sumatra ada sendiri. Mungkin aq sebagai manusia biasa cuma bisa ya memperhatikan dan memaklumi. Kita ga bisa meminta orang harus ini harus itu sesuai kemauan kita. Setiap orang punya pilihan tentang bagaimana mereka menjalani hidup, bagaimana kepercayaan mereka, cara hidup mereka, dan mereka pun harus siap apa pun konsekuensi baik maupun buruknya. Islam pun mengajarkan bahwa kita harus percaya pada hal-hal gaib. Namun dengan batasan tertentu pula. Yang jelas jangan kita sampai kita “mendua” dari Allah swt. Karena konsekuensinya akan sangat berat baik di dunia taw kelak di akhirat.

*maaf jika ada salah kata, ga bermaksud menjelekkan maupun mempromosikan pihak tertentu.

You Might Also Like

0 comments